Mungkin tidak semua wanita mengetahui contoh flek tanda kehamilan itu seperti apa. Yang pasti, flek ini berbeda dengan flek biasa menjelang menstruasi jika dilihat dari durasi, warna, dan ketebalannya.

Flek tanda kehamilan, atau bisa disebut juga dengan pendarahan implantasi, terjadi ketika sel telur yang dibuahi (embrio) menempel pada lapisan dinding rahim. Flek yang keluar dari vagina ini terjadi pada kira-kira 20% wanita di awal kehamilan atau sekitar 12 minggu pertama. Hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Begini Contoh Flek Tanda Kehamilan - Alodokter

Contoh Flek Tanda Kehamilan yang Normal

Pendarahan atau flek yang keluar sebagai tanda kehamilan ini biasanya muncul sekitar 10–14 hari setelah pembuahan dan bisa datang bertepatan dengan tanggal menstruasi. Jika ini terjadi, wajar banyak wanita yang mengira bahwa itu merupakan flek biasa.

Agar tidak salah membedakan, berikut adalah contoh flek tanda kehamilan:

Durasi yang singkat

Tidak seperti menstruasi bulanan, flek tanda kehamilan atau pendarahan implantasi biasanya berlangsung hanya beberapa jam atau paling lama 3 hari, sementara darah menstruasi akan terus mengalir dan semakin deras hingga sekitar 7–10 hari.

Berwarna merah muda hingga cokelat tua

Contoh flek sebagai tanda kehamilan yang lain adalah berwarna merah muda hingga cokelat tua. Ini tentu berbeda dengan darah menstruasi yang berwarna merah darah terang. Selain itu, flek yang muncul juga hanya flek ringan dan sedikit, seperti berupa bercak atau tetesan saja.

Jika Anda mengalami flek, cobalah kenakan panty liner, sehingga Anda bisa mengetahui warna flek dengan jelas dan seberapa banyak perdarahan yang terjadi. Anda tidak disarankan untuk menggunakan tampon atau melakukan vaginal douche (gurah vagina) karena bisa membahayakan kehamilan.

Nyeri ringan

Sebagian wanita yang mengalami flek tanda kehamilan juga akan mengalami nyeri ringan di bagian perut bawah. Hal ini wajar terjadi saat proses menempelnya embrio ke dinding rahim.

Namun, waspadalah jika Anda merasakan nyeri yang cukup berat, terutama jika disertai dengan pendarahan yang cukup banyak. Itu menunjukkan adanya masalah pada kehamilan Anda. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan, ya.

Disertai dengan tanda kehamilan lainnya

Selain keluarnya flek, ada beberapa tanda awal kehamilan yang perlu Anda ketahui untuk memastikan bahwa flek yang keluar merupakan flek tanda hamil, yaitu:

  • Terlambat menstruasi
  • Suhu tubuh meningkat selama awal kehamilan
  • Mudah lelah
  • Perubahan mood
  • Sering buang air kecil
  • Perut kembung dan sembelit

Jika Anda mengalami flek 1–2 minggu setelah berhubungan seks, ada kemungkinan Anda sedang hamil. Perhatikan apakah ciri flek cocok dengan contoh flek tanda kehamilan.

Anda bisa melakukan tes kehamilan di rumah menggunakan test pack untuk lebih meyakinkan Anda bahwa flek yang keluar merupakan tanda kehamilan. Sebelum Anda yakin apakah flek merupakan tanda kehamilan, jaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat serta menghindari alkohol dan asap rokok.

Apabila flek yang Anda alami memang benar merupakan tanda kehamilan, jangan lupa untuk segera memeriksakan kehamilan ke dokter, ya. Semakin cepat diperiksakan, semakin baik pula pemantauan kesehatan Anda dan janin oleh dokter. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai cara menjaga kesehatan di awal kehamilan.