Saat bayi memasuki usia 3 bulan, sebagian orang tua mungkin bertanya-tanya berapa berat badan bayi 3 bulan yang ideal? Pasalnya, berat badan menjadi salah satu tolok ukur baik atau tidaknya tumbuh kembang bayi.

Penting bagi orang tua untuk selalu memantau tumbuh kembang anak, mulai dari 1000 hari pertama kehidupan, yaitu sejak terjadinya pembuahan di dalam rahim sampai anak berusia 2 tahun.

Berat Badan Bayi 3 Bulan yang Ideal - Alodokter

Pertumbuhan yang dimaksud adalah peningkatan ukuran fisik yang meliputi bertambahnya berat dan tinggi badan anak. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh. Contohnya, kemampuan bayi mulai dari berguling, duduk, berdiri, hingga berjalan.

Memantau tumbuh kembang anak berguna untuk mendeteksi sejak dini adanya hambatan tumbuh kembang dan gangguan mental emosional anak, seperti gizi kurang, anak pendek, terlambat bicara, gangguan konsentrasi, dan perilaku hiperaktif. Hal ini bertujuan agar gangguan tumbuh kembang dapat ditindaklanjuti sejak awal.

Ini Berat Badan Bayi 3 Bulan yang Ideal

Bayi yang sehat akan menunjukkan peningkatan tumbuh kembang dari sejak hari kelahirannya. Ada tiga faktor yang menjadi acuan untuk mengukur pertumbuhan bayi, yaitu panjang badan, lingkar kepala, dan berat badan. Ketiga acuan tersebut kemudian disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin bayi. Hal ini biasanya tercantum dalam buku kesehatan anak dalam bentuk kurva pertumbuhan.

Berikut ini adalah tolak ukur badan bayi 3 bulan yang ideal menurut jenis kelaminnya.

  • Berat badan bayi 3 bulan berjenis kelamin perempuan adalah 3,8–5,5 kg, dengan panjang badan 52–56 cm dan lingkar kepala 37–42 cm.
  • Berat badan bayi 3 bulan berjenis kelamin laki-laki adalah 4–6 kg, dengan panjang badan 53–58 cm dan lingkar kepala 38–43cm.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Selain berat badan bayi yang ideal, Bunda juga perlu melakukan pemantauan terhadap perkembangan bayi usia 3 bulan. Perkembangan bayi mengacu pada meningkatnya kemampuan motorik, kemampuan komunikasi, hingga kemampuan sosial. Berikut ini adalah penjelasannya:

Kemampuan motorik

Perkembangan kemampuan motorik dapat terlihat saat Si Kecil sudah bisa menegakkan kepala dan dada saat tengkurap, meraih dan menggenggam benda di dekatnya, memainkan jari-jarinya, serta menendangkan kakinya lebih kencang.

Kemampuan komunikasi

Pada usia ini, bayi mulai mengalami kemajuan dalam kemampuan berkomunikasi melalui tatapan matanya saat diajak bicara. Si Kecil juga akan bergumam seakan ingin menjawab apa yang Bunda katakan.

Ia juga akan menoleh dan tersenyum ketika mendengar suara Bunda, bahkan suara musik dan suara di sekitar yang menarik perhatiannya.

Kemampuan sosial

Si Kecil sudah mulai dapat mengenal orang tua dan keluarganya, serta mengenali orang-orang baru di sekitarnya. Si Kecil juga mulai meniru suara dan ekspresi yang ditunjukkan Bunda dan orang lain.

Setiap anak memiliki peningkatan tumbuh kembang yang berbeda, terlebih jika Si Kecil terlahir prematur. Jadi, jangan lupa untuk rutin menimbang berat badan Si Kecil, ya Bunda! Jika berat badan bayi 3 bulan berada di bawah angka ideal atau melebihi angka idealnya, segera konsultasikan ke dokter.