Ada beragam pilihan obat asam urat yang bisa Anda coba, baik yang alami hingga obat-obatan medis. Prinsip kerja obat asam urat umumnya dibagi menjadi 2 cara, yakni meredakan rasa sakit dan mengurangi penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh.

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang terjadi akibat adanya penumpukan asam urat dalam darah. Penyakit ini ditandai dengan nyeri sendi berat yang menyerang secara tiba-tiba dan bertahan cukup lama. Sendi juga bisa mengalami pembengkakan dan kekakuan.

Gejala yang disebabkan penyakit asam urat bisa sangat mengganggu hingga memengaruhi aktivitas sehari-hari. Padahal, penyakit ini lebih banyak dialami oleh pria berusia 30–50 tahun yang tergolong masih produktif. Oleh karena itu, penggunaan obat asam urat sangat penting agar keluhan akibat kondisi ini bisa teratasi.

Beragam Obat Asam Urat yang Bisa Anda Coba - Alodokter

Obat Asam Urat Alami

Sebelum bertemu dengan dokter, ada beberapa obat asam urat alami yang bisa Anda coba untuk meringankan keluhan penyakit asam urat. Obat asam urat alami ini bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat darah, sehingga juga menurunkan risiko terjadinya serangan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kopi

Manfaat kopi sebagai obat asam urat alami telah didukung oleh banyak penelitian. Kopi mengandung asam klorogenat yang dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine. Selain itu, kopi juga diduga dapat menghalangi kerja enzim yang menghasilkan asam urat, sehingga kadar asam urat darah menurun.

Meski demikian, pertimbangkan penggunaan kopi jika Anda juga memiliki kondisi kesehatan yang membuat Anda perlu membatasi konsumsi minuman ini, misalnya tekanan darah tinggi atau aritmia.

2. Buah kaya antioksidan

Buah berwarna gelap seperti anggur, blackberry, blueberry, dan raspberry sangat membantu menjaga agar kadar asam urat tetap terkendali. Buah ceri juga dinilai efektif menurunkan kadar asam urat, sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat.

3. Makanan kaya vitamin C

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Vitamin ini memiliki sifat spesial yang dapat meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine, sehingga kadar asam urat darah juga menurun.

4. Akupunktur

Teknik akupunktur dipercaya dapat menekan produksi asam urat dalam tubuh dan mencegah serangan asam urat. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat akupunktur sebagai obat asam urat alami. Meski begitu, manfaat akupunktur untuk meredakan nyeri kronis dan radang sendi sudah dibuktikan, sehingga bisa bermanfaat untuk penderita penyakit asam urat.

Obat Asam Urat Medis

Selain obat asam urat alami, ada juga obat asam urat medis yang mungkin akan diresepkan oleh dokter untuk mengurangi penumpukan kadar asam urat dalam darah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Allopurinol

Allopurinol adalah salah satu obat asam urat yang umum diresepkan untuk mengurangi penumpukan kadar asam urat dalam darah. Biasanya, obat ini akan diresepkan dalam dosis yang rendah terlebih dahulu, yakni 100-300 mg setiap harinya. Jika kadar asam urat masih tetap tinggi, dokter mungkin akan meningkatkan dosis obat ini.

2. Febuxostat

Febuxostat juga merupakan obat asam urat yang berfungsi untuk mengurangi produksi jumlah asam urat yang dihasilkan tubuh. Sama seperti allopurinol, peresepan febuxostat juga akan dimulai dari dosis rendah terlebih dahulu, yakni 80 mg setiap harinya. Jika dibutuhkan, dokter mungkin akan meningkatkan dosis obat ini.

3. Probenecid

Probenecid juga salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. Dosis awal probenecid yang umumnya diberikan dokter untuk mengobati asam urat adalah 250 mg yang diminum 2 kali sehari. Jika kadar asam urat dalam darah masih tinggi, dokter mungkin akan meningkatkan dosis obat ini.

Jika terjadi serangan asam urat secara tiba-tiba, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) seperti ibuprofen, naproxen, dan indomethacin juga bisa mengendalikan peradangan dan nyeri pada persendian yang mengalami asam urat.

Mencegah Asam Urat

Diperlukan perubahan gaya hidup untuk mencegah serangan dan mengurangi tingkat keparahan asam urat. Langkah berikut ini dapat membantu perubahan gaya hidup untuk mencegah asam urat, yaitu:

  • Membatasi asupan makanan tinggi purin, seperti daging merah dan makanan laut
  • Menghindari minuman mengandung alkohol dan minuman manis tinggi gula, terutama fruktosa
  • Minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter sehari
  • Mempertahankan berat badan ideal melalui diet seimbang dan olahraga teratur

Jika Anda memiliki asam urat dan ingin menggunakan obat asam urat di atas, baik yang alami ataupun yang medis, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter. Dengan begitu, pengobatan asam urat yang Anda jalani bisa lebih efektif.