Ada berbagai obat asam urat yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebih di dalam darah. Selain bagus, obat-obat ini umumnya juga mudah ditemukan dan tersedia dalam pilihan obat medis maupun obat alami.

Penyakit asam urat ditandai dengan nyeri sendi yang hebat dan terjadi secara tiba-tiba. Bagian tubuh yang terserang penyakit ini juga mengalami pembengkakan, kekakuan, kemerahan, serta terasa hangat ketika diraba.

Obat Asam Urat yang Bagus untuk Menurunkan Kadar Asam Urat - Alodokter

Penyakit asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah yang kemudian mengkristal di sendi. Agar tidak menjadi makin parah sampai menyebabkan komplikasi, penyakit ini harus segera diobati menggunakan obat asam urat yang bagus, baik secara medis maupun alami.

Obat Asam Urat yang Bagus secara Medis

Berikut ini adalah beberapa obat asam urat yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat secara medis:

Allopurinol

Allopurinol merupakan obat asam urat yang bagus dan paling umum digunakan untuk menurunkan kadar asam urat. Dosis allopurinol dapat berbeda-beda pada setiap orang. Biasanya dokter akan meresepkan obat dengan dosis yang rendah terlebih dulu, yaitu 100 miligram. Setelah itu, dosis obat dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan.

Penderita asam urat perlu mengonsumsi allopurinol secara rutin untuk menjaga kadar asam urat. Jangan hentikan konsumsi obat ini tanpa arahan dokter karena dapat memperparah keluhan asam urat.

Febuxostat

Jika allopurinol belum ampuh menurunkan kadar asam urat, biasanya dokter akan menggantinya dengan febuxostat. Febuxostat adalah obat asam urat yang bagus karena mampu menghambat produksi asam urat di dalam tubuh.

Dosis harian obat ini berkisar antara 80–120 miligram yang akan disesuaikan oleh dokter berdasarkan kondisi penderitanya.

Probenecid

Probenecid adalah obat asam urat yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Obat ini bekerja dengan cara menghambat penyerapan asam urat di ginjal dan mengeluarkan asam urat yang berlebih melalui urine.

Dosis pemberian obat ini biasanya dimulai dari 500 miligram dan dapat ditingkatkan sesuai kondisi penderita.

Informasikan kepada dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal sebelum mengonsumsi obat ini. Jika Anda mengonsumsi obat ini, minumlah lebih banyak air untuk mencegah pembentukan maupun kekambuhan batu ginjal.

Jika serangan asam urat terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat tertahankan, Anda bisa mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti ibuprofen, indomethacin, celecoxib, atau colchicine untuk meredakan gejala asam urat.

Obat Asam Urat yang Bagus secara Alami

Selain menggunakan obat-obatan medis, ada pula obat asam urat yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat secara alami, yaitu:

1. Buah ceri

Zat alami antosianin yang terkandung dalam buah ceri terbukti efektif dalam menurunkan kadar asam urat. Sebenarnya, zat ini juga ditemukan pada buah bluberi, tetapi penelitian mengenai efektivitasnya masih terbatas.

Belum ada dosis standar mengenai konsumsi buah ceri sebagai obat asam urat yang bagus. Namun, sejauh ini, mengonsumsi segenggam buah ceri atau satu gelas jus buah ceri setiap hari diyakini cukup efektif dalam menurunkan kadar asam urat.

2. Jahe

Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat. Dapatkan manfaat jahe sebagai obat asam urat yang bagus ini dengan mengonsumsi 3 cangkir teh jahe setiap harinya. Selain itu, jahe juga diketahui mampu meredakan nyeri sendi akibat asam urat.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas jahe sebagai obat asam urat yang bagus masih diperlukan.

3. Biji seledri

Biji seledri mengandung berbagai senyawa alami, seperti luteolin, ekstrak metanol, dan ekstrak petroleum, yang dapat dalam mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Untuk memanfaatkan biji seledri sebagai obat asam urat yang bagus, Anda bisa mengonsumsi suplemen biji seledri yang tersedia di apotek.

4. Kembang sepatu

Jenis bunga yang satu ini kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat asam urat yang bagus.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa kembang sepatu atau hibiscus bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat. Namun, masih dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai efektivitas kembang sepatu sebagai obat asam urat yang bagus.

Kebiasaan Sehat untuk Menurunkan Kadar Asam Urat

Selain mengonsumsi obat asam urat yang bagus secara medis maupun alami, ada pula kebiasaan-kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat, antara lain:

  • Menghindari konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut
  • Menghindari konsumsi makanan tinggi akan gula
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol
  • Memperbanyak asupan makanan yang mengandung serat dan vitamin C
  • Menjaga berat badan ideal

Itulah pilihan obat asam urat yang bagus, secara medis maupun alami, serta kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk menjaga dan menurunkan kadar asam urat yang berlebih.

Apabila Anda telah mencoba berbagai obat asam urat yang bagus tetapi keluhan belum membaik, periksakanlah diri Anda lebih lanjut ke dokter. Nantinya dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.