Mungkin banyak yang sudah pernah mendengar istilah bidan dan doula. Namun, banyak juga yang mengira bahwa bidan dan doula memiliki peran yang serupa. Meski sama-sama mendampingi ibu hamil, tugas bidan dan doula sangat berbeda, lho!

Bidan merupakan seorang tenaga kesehatan profesional yang dapat memberikan bantuan medis kepada ibu hamil sejak masa kehamilan, persalinan, hingga bayi dilahirkan. Untuk menjadi bidan, seseorang harus lulus terlebih dahulu dari pendidikan kebidanan.

Bidan dan Doula, Apa Bedanya? - Alodokter

Sementara itu, doula bukanlah tenaga medis, melainkan tenaga profesional yang telah terlatih dan tersertifikasi untuk mendampingi ibu hamil. Doula bertugas untuk memberikan dukungan emosional maupun fisik, serta informasi yang dibutuhkan ibu hamil selama kehamilan hingga pascamelahirkan.

Ini Perbedaan Peran Bidan dan Doula

Secara garis besar, perbedaan bidan dan doula tertelak pada jenis pelayanannya. Bidan memberikan bantuan yang bersifat medis kepada ibu hamil, sedangkan doula lebih mengarah pada pelayanan psikis.

Bila dijabarkan secara rinci, tugas-tugas yang dapat bidan lakukan adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pemeriksaan selama masa kehamilan untuk memantau kondisi kesehatan janin.
  • Memberi rekomendasi terkait makanan, jenis olahraga, obat-obatan, dan informasi kesehatan secara umum kepada ibu hamil.
  • Memberikan pengetahuan kepada ibu hamil terkait masa kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi.
  • Membantu ibu hamil dalam merencanakan proses persalinan.
  • Membimbing ibu hamil saat proses persalinan.
  • Membantu ibu hamil saat dan setelah melahirkan secara normal.

Berbeda dengan bidan, doula tidak diizinkan terlibat dalam tindakan medis apa pun. Namun, sering kali seorang doula dibutuhkan untuk menjembatani komunikasi ibu hamil dengan tenaga medis. Biasanya ibu hamil sudah mulai bisa didampingi dengan doula sejak trimester kedua atau ketiga.

Tugas doula membantu ibu hamil untuk menciptakan keadaan yang aman dan nyaman secara emosional selama kehamilannya. Doula juga memberikan dukungan pada ibu hamil dalam melewati setiap fase yang harus dilalui.

Beberapa pelayanan yang dapat doula berikan meliputi:

  • Mengajarkan ibu hamil teknik relaksasi dan bernapas.
  • Membantu ibu hamil untuk memahami prosedur persalinan serta kemungkinan adanya komplikasi.
  • Membantu mewujudkan rencana persalinan.
  • Mengajarkan teknik persalinan agar dapat melahirkan dengan nyaman.
  • Menemani dan menyemangati ibu hamil ketika sedang melahirkan.
  • Membuat ibu hamil yang sedang dalam proses melahirkan merasa tenang dan nyaman, misalnya dengan memijat dan memberinya minuman atau makanan kecil.
  • Memberikan pujian dan dukungan ketika ibu baru memulai proses menyusui.
  • Membantu ibu baru memahami cara merawat bayi yang tepat.
  • Membantu ibu dan anggota keluarga lainnya untuk membangun ikatan dengan bayi yang baru lahir.
  • Memastikan ibu mendapatkan istirahat yang cukup, makan dengan teratur, terhidrasi, dan tetap merasa nyaman.

Masa kehamilan, melahirkan, dan menyusui adalah proses yang panjang dan bisa menantang untuk sebagian orang. Nah, pada masa ini bidan adalah “kakak” yang akan memastikan kamu dan bayimu sehat. Sementara itu, doula adalah “sahabat” yang akan memahami keluh kesahmu serta selalu membantu dan menemanimu.

Jadi, jika kamu membutuhkan seseorang yang dapat selalu menemani, menyemangati, menenangkan, dan membantumu selama masa kehamilan hingga pascapersalinan, doula adalah jawabannya. Namun, jika kamu mengalami keluhan fisik terkait kehamilanmu, orang yang lebih tepat untuk kamu temui adalah bidan.

Untuk mencari bidan atau doula yang tepat, kamu bisa mencari informasi ke kerabat yang pernah menggunakan jasa kedua profesi ini atau membaca ulasan-ulasan yang ada di internet. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kehamilan berjalan dengan proses yang sama.

Terkadang, ada ibu hamil yang kondisi kehamilan atau mentalnya tidak bisa ditangani oleh bidan ataupun doula dan harus dibawa ke dokter kandungan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dahulu kepada dokter untuk memastikan kondisi kehamilanmu bisa ditangani bidan dan doula.