Calamine adalah obat untuk meredakan rasa gatal, serta rasa tidak nyaman atau nyeri, akibat iritasi ringan di kulit. Obat ini tersedia dalam bentuk lotion dan bedak.

Calamine mengandung bahan aktif zinc oksida dan besi oksida. Obat ini akan memberikan sensasi dingin yang dapat mengalihkan gatal dan rasa tidak nyaman di kulit seperti saat terjadi alergi kulit. Selain itu, calamine juga dapat mengeringkan kulit yang basah atau bernanah akibat iritasi ringan.

Calamine - Alodokter

Calamine dapat menjadi pertolongan pertama untuk rasa gatal. Obat ini dapat digunakan pada berbagai macam kondisi, seperti gigitan serangga, cacar air, dermatitis kontak, biang keringat, herpes zoster, kudis, dan biduran.

Merek dagang calamine: Bedak Kocok Calaben, Caladine, Caladine Powder Adult, Caladine Extra Cool, Calamom Lotion, Confortin, Nimalac

Apa Itu Calamine

Golongan Obat bebas
Kategori Antipruritik
Manfaat Meredakan gatal akibat iritasi ringan
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Calamine untuk ibu hamil dan menyusui  Kategori N: Belum dikategorikan.Keamanan calamine untuk ibu hamil atau ibu menyusui belum diketahui secara pasti. Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan calamine jika Anda sedang hamil atau menyusui.
Bentuk obat Lotion dan bedak

Peringatan Sebelum Menggunakan Calamine

Sebelum menggunakan calamine, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan menggunakan calamine jika memiliki alergi terhadap obat ini.
  • Jangan menggunakan calamine pada kulit dengan luka terbuka.
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin menggunakan calamine pada anak-anak usia di bawah 2 tahun.
  • Beri tahu dokter jika sedang menggunakan obat lain, termasuk produk herbal, suplemen, atau obat oles lain, untuk mengantisipasi terjadinya interaksi obat.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Segera temui dokter jika mengalami reaksi alergi obat setelah menggunakan calamine.
  • Segera ke dokter terdekat atau IGD jika Anda atau anak Anda tidak sengaja menelan calamine.

Dosis dan Aturan Pakai Calamine

Calamine digunakan untuk mengatasi rasa gatal dan nyeri akibat iritasi kulit ringan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, oleskan calamine secukupnya 1–4 kali sehari di area kulit yang akan diobati. Disarankan untuk kembali mengoleskan obat sesudah mandi.

Cara Menggunakan Calamine dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan selalu baca instruksi yang tercantum di dalam kemasan  sebelum menggunakan calamine.

Kocok botol calamine lotion terlebih dahulu sebelum digunakan. Tuangkan beberapa tetes lotion ke atas kapas atau kain lembut. Setelah itu, oleskan calamine pada area kulit yang ingin diobati. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan obat ini.

Hindari kontak obat dengan mata, mulut, hidung, dan area genital. Jika area tersebut terkena obat, segera bilas dengan air.

Calamine hanya digunakan selama ada keluhan dan dapat segera dihentikan setelah keluhan membaik. Konsultasikan dengan dokter jika keluhan tidak membaik setelah 7 hari atau kambuh kembali setelah sudah membaik.

Simpan calamine di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung, serta jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Calamine dengan Obat Lain

Belum diketahui interaksi antarobat yang dapat terjadi jika menggunakan calamine dengan obat atau produk lain. Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan calamine dapat berinteraksi dengan obat atau bahan aktif tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Calamine

Calamine umumnya aman digunakan selama penggunaannya sesuai aturan pakai. Hentikan penggunaan calamine dan segera periksakan ke dokter bila terjadi reaksi alergi obat atau gejala infeksi pada kulit, seperti:

  • Kemerahan di kulit
  • Ruam
  • Muncul nanah pada kulit