Cara bersetubuh yang sehat tidak boleh diabaikan. Selain memberikan kepuasan seksual, mempraktikkan seks aman juga dapat melindungi Anda dan pasangan dari berbagai penyakit menular seksual.

Bersetubuh atau berhubungan seks bukan perkara kenikmatan seksual semata. Keamanan diri dan pasangan juga perlu diperhatikan. Apalagi bersetubuh merupakan salah satu sumber penularan utama penyakit menular seksual.

Tak Hanya Memberi Kepuasan, Ini 6 Cara Bersetubuh yang Sehat - Alodokter

Nah, untuk meminimalkan kemungkinan penularan penyakit tersebut, Anda dan pasangan bisa menerapkan cara bersetubuh yang sehat dan aman.

Cara Bersetubuh yang Aman

Ada beberapa cara bersetubuh yang aman dan perlu Anda perhatikan agar hubungan seksual tetap memberi kepuasan dan terhindar dari penularan penyakit menular seksual, yaitu:

1. Menjalin komunikasi

Komunikasi yang baik menjadi salah satu kunci untuk mewujudkan cara bersetubuh yang sehat dan memuaskan. Dengan menjalin komunikasi, Anda dan pasangan dapat mengetahui riwayat seksual masing-masing. Hal ini penting dilakukan agar dapat mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual di kemudian hari.

2. Melakukan hubungan seks tanpa paksaan

Sebelum melakukan hubungan seksual, sebaiknya pastikan bahwa pasangan Anda juga sedang ingin melakukan hubungan seks. Hal ini perlu diperhatikan agar Anda atau pasangan Anda tidak merasa terancam, terpaksa, dan teperdaya untuk bersetubuh dengan Anda.

Diskusikan dengan pasangan apabila Anda sedang tidak ingin melakukannya untuk menghindari paksaan saat berhubungan seksual

3. Menggunakan kondom

Kondom efektif untuk mencegah kehamilan dan mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual. Alat kontrasepsi ini berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah kontak antara sperma, cairan vagina, atau darah yang dapat terjadi saat berhubungan seksual.

Untuk mencegah rusaknya kondom saat berhubungan seksual, sebaiknya gunakan pelumas berbahan dasar air. Hindari menggunakan pelumas berbahan dasar minyak, karena dapat menyebabkan kondom menjadi rusak.

4. Bersetubuh hanya dengan satu pasangan

Berhubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan membuat Anda rentan terinfeksi penyakit menular seksual. Hal ini karena saat Anda memutuskan untuk berganti-ganti pasangan, bukan tidak mungkin  pasangan baru Anda membawa penyakit dari pasangan sebelumnya.

Oleh karena itu, supaya terhindar dari penularan penyakit menular seksual, mulailah untuk berkomitmen dengan pasangan Anda saat ini.

5. Menjaga kebersihan diri sebelum dan setelah berhubungan seks

Bersetubuh sering kali melibatkan kontak fisik, seperti ciuman, berpelukan, hingga masturbasi bersama. Agar aktivitas seksual tersebut tidak mengakibatkan penyebaran kuman, Anda dan pasangan dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihkan diri sebelum dan setelah melakukan aktivitas seksual tersebut.

Menyikat gigi dan mencuci tangan merupakan salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebaran kuman setelah bersetubuh.

6. Melakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara rutin

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, Anda dan pasangan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara rutin ke dokter. Hal ini penting dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan dan menekan risiko tertular penyakit menular seksual.

Pemeriksaan kesehatan seksual juga penting dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit seksual sehingga penanganan dapat dilakukan sejak dini.

Mempraktikkan cara bersetubuh yang aman dan sehat perlu diperhatikan oleh setiap pasangan. Bila Anda dan pasangan ingin mengetahui lebih jauh tentang seks yang aman, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang benar.