Memiliki hidung mancung tentu menjadi dambaan banyak orang. Pasalnya, hidung yang mancung dianggap dapat membuat penampilan menjadi lebih menarik. Nah, bila Anda penasaran bagaimana cara membuat hidung mancung yang aman dan efektif, mari simak penjelasan berikut ini.

Hidung memiliki fungsi penting bagi manusia, seperti bernapas, mencium aroma, mencegah infeksi, dan memengaruhi suara yang keluar dari mulut. Di balik perannya yang begitu penting, hidung memiliki bentuk yang dapat memengaruhi tampilan wajah secara keseluruhan.

Cara Membuat Hidung Mancung yang Aman - Alodokter

Bentuk hidung bisa bermacam-macam, ada yang kecil, besar, pesek, atau mancung. Nah, sebagian besar orang menilai bahwa hidung mancung merupakan bentuk yang paling bagus.

Proses Pembentukan Hidung

Hidung merupakan salah satu organ tubuh yang terbentuk sejak awal kehamilan dan akan terus berkembang setelah bayi lahir.

Setelah lahir, hidung bayi bisa saja tampak pesek karena tertekan saat proses persalinan. Umumnya, bentuk hidung seperti itu hanya bersifat sementara, yaitu sekitar beberapa minggu atau bulan. Setelah itu, hidung bisa tumbuh dan berubah bentuk.

Proses pembentukan hidung secara keseluruhan akan selesai saat berusia 10 tahun. Selanjutnya, ukuran hidung akan terus berkembang secara perlahan sesuai usia. Pada wanita, perkembangan hidung akan terhenti pada usia 15–17 tahun, sedangkan pria terhenti pada usia 17–19 tahun.

Bentuk hidung ditentukan oleh posisi tulang hidung serta tulang rawan di batang dan puncak hidung. Perbedaan posisi dan bentuk tulang-tulang inilah yang memengaruhi bentuk hidung secara keseluruhan, termasuk tampilan hidung ketika dilihat dari arah depan atau samping.

Jadi, dapat dikatakan bentuk hidung dipengaruhi oleh faktor genetik. Artinya, jika kedua orang tuanya memiliki hidung mancung, anak-anaknya pun juga kemungkinan besar hidungnya mancung.

Cara Membuat Hidung Mancung yang Aman

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membenarkan bahwa tindakan mencubit bisa membuat hidung menjadi mancung. Tindakan tersebut justru dikhawatirkan bisa memicu cedera hidung.

Bagi Anda yang ingin memancungkan hidung, ada beberapa cara membuat hidung mancung yang aman dan efektif, seperti:

Operasi hidung

Operasi hidung atau rhinoplasty sering dilakukan, baik untuk kondisi medis guna membuka saluran pernapasan, memperbaiki hidung setelah cedera, maupun mempercantik diri.

Prosedur ini dilakukan dengan membentuk ulang tulang hidung dan tulang rawan agar bentuknya sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, dokter bedah juga bisa memotong sekat tulang rawan yang memisahkan kedua lubang hidung. Dengan begitu, pasien bisa mendapatkan bentuk hidung idaman.

Suntik filler

Cara ini merupakan alternatif dari operasi. Sesuai namanya, suntik filler dilakukan dengan menyuntikkan cairan khusus ke bagian bawah kulit hidung. Dengan suntik filler, dokter dapat membuat bentuk hidung yang berbeda, misalnya hidung yang tampak lebih mancung, lebih lurus, atau lebih simetris.

Itulah cara membuat hidung mancung yang bisa Anda pilih sesuai kondisi Anda. Meski demikian, Anda tidak perlu merasa rendah diri dengan bentuk hidung yang Anda miliki dan tetap tampil menarik dengan bentuk alaminya.

Namun, jika Anda ingin memperbaiki tampilan hidung agar lebih mancung, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Dokter nantinya akan menentukan cara membuat hidung mancung yang aman dan sesuai dengan kondisi hidung Anda.