Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang penting untuk selalu dilakukan, terlebih selama masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar sistem imunitas tubuh tetap kuat adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin C yang tepat.

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin C dikenal baik untuk memelihara fungsi organ, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, menjaga kesehatan kulit, tulang dan gigi, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Alodokter

Vitamin yang juga dikenal dengan sebutan asam askorbat ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga asupannya harus selalu dicukupi agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Kurangnya asupan vitamin C dapat menyebabkan Anda mudah terluka, kulit terasa kering dan kasar, serta muncul gangguan pada gusi dan gigi. Selain itu, Anda juga akan mudah lelah, terlihat lesu, pusing, serta sering mengalami nyeri otot dan sendi.

Beragam Sumber Vitamin C

Kebutuhan vitamin C dalam tubuh dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah dan sayur.

Beberapa jenis buah yang merupakan sumber vitamin C alami adalah jeruk, mangga, jambu, nanas, kiwi, tomat, stroberi, dan pepaya. Vitamin C juga banyak terkandung di dalam sayuran seperti paprika, brokoli, kentang, dan kembang kol.

Asupan vitamin C sebetulnya sudah bisa tercukupi apabila Anda sering mengonsumsi beragam buah dan sayuran. Namun, padatnya aktivitas terkadang mungkin membuat Anda kurang memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, sehingga kebutuhan tubuh akan vitamin C tidak terpenuhi.

Padahal, di masa adaptasi kebiasaan baru ini, mengonsumsi makanan tinggi vitamin C merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat melawan infeksi virus Corona.

Tak hanya dari makanan, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun, pastikan suplemen yang Anda pilih memiliki kandungan yang tepat dan baik untuk tubuh.

Berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, berikut ini adalah jumlah asupan vitamin C yang perlu dikonsumsi setiap harinya:

  • Bayi dan anak usia 0–9 tahun: 40–45 mg
  • Remaja dan orang dewasa: 50–90 mg

Cara Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat

Jika hendak menggunakan suplemen vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda tidak boleh sembarang memilih suplemen. Berikut ini adalah cara untuk memilih suplemen vitamin C yang tepat:

1. Nyaman di lambung

Pilihlah suplemen vitamin C yang tidak mengandung asam atau bersifat non-acidic sehingga terasa lebih nyaman di lambung. Terlebih, bagi Anda yang memang memiliki penyakit asam lambung.

2. Aman untuk ginjal

Selain nyaman di lambung, Anda juga disarankan untuk memilih suplemen yang rendah kadar oksalat (oxalate). Jika kadar oksalat di dalam tubuh tinggi, zat ini dapat membentuk kristal atau batu di dalam ginjal.

3. Tahan lama di dalam tubuh

Agar asupan vitamin C bisa tercukupi untuk jangka waktu yang lebih panjang, pilihlah suplemen vitamin C yang dapat bertahan lama di dalam tubuh. Sebagian suplemen vitamin C sudah diformulasikan khusus agar dapat bertahan lebih lama di dalam darah, bahkan hingga 24 jam. Dengan begitu, Anda cukup mengonsumsi suplemen vitamin C tersebut 1 kali sehari.

4. Perhatikan bahan tambahan

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, Anda disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu bahan tambahan yang terkandung di dalam suplemen tersebut.

Misalnya, jika Anda sedang mengurangi konsumsi gula, Anda bisa memilih suplemen yang tidak mengandung gula. Selain itu, pilihlah suplemen vitamin C yang aman untuk dikonsumsi, terlebih jika memang ingin digunakan dalam jangka panjang.

Hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, serta beristirahat yang cukup. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk melindungi diri dari berbagai jenis penyakit, khususnya di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis suplemen dan dosis vitamin C yang tepat sesuai kondisi Anda. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah selama masa adaptasi kebiasaan baru ini.