Vitamin C dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh, sehingga asupannya harus selalu terpenuhi. Nah, ada beragam makanan yang mengandung vitamin C dan dapat Anda konsumsi setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, karena vitamin ini baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengontrol tekanan darah, serta menjaga kesehatan jantung dan kulit.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi - Alodokter

Pada orang dewasa, jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh adalah 75–90 mg per hari. Untuk bisa mencukupinya, Anda perlu mengonsumsi beragam makanan yang mengandung vitamin C.

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Ada beragam jenis makanan yang mengandung vitamin C dan salah satunya adalah buah. Berikut ini adalah berapa buah yang diketahui mengandung vitamin C tinggi:

1. Jambu biji

Salah satu buah yang dikenal kaya akan vitamin C adalah jambu biji. Di dalam 1 jambu biji terkandung sekitar 126 mg vitamin C. Artinya, dengan mengonsumsi jambu biji saja, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 140% atau lebih dari jumlah yang disarankan.

2. Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung kurang lebih 70 mg vitamin C. Jumlah tersebut sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda. Sementara untuk secangkir jus jeruk, terkandung sekitar 120 mg vitamin C.

3. Pepaya

Satu mangkuk saji atau sekitar 150 gram pepaya mengandung sekitar 90 mg vitamin C. Jumlah ini jelas sudah mencukupi asupan vitamin C harian yang dianjurkan. Selain mengandung vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A dan Vitamin E sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Stroberi

Satu mangkuk saji atau 150 gram buah stroberi mengandung sekitar 90 mg vitamin C. Selain tinggi kandungan vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan yang tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam stroberi dapat mencegah penyakit kanker, demensia, dan diabetes.

5. Leci

Leci juga menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Di dalam 100 gram leci, terkandung sekitar 72 mg vitamin C. Tak hanya itu, leci juga mengandung beragam nutrisi lain yang juga baik untuk kesehatan, seperti tembaga dan kalium.

Selain buah-buahan tersebut, masih banyak buah lain yang juga mengandung vitamin C tinggi, di antaranya:

  • 1 buah mangga, mengandung sekitar 120 mg vitamin C
  • 1 buah nanas, mengandung sekitar 80 mg vitamin C
  • 1 buah kiwi, mengandung sekitar 65 mg vitamin C
  • 1 buah lemon, mengandung sekitar 85 mg vitamin C

Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Tidak hanya dari buah-buahan, vitamin C juga dapat diperoleh dari sayuran. Berikut ini adalah daftar sayuran yang mengandung vitamin C tinggi:

1. Brokoli

Satu mangkuk brokoli hijau yang sudah dipotong-potong mengandung 80 mg vitamin C. Setelah dimasak, kandungan vitamin C dalam brokoli akan menyusut menjadi 50 mg, tetapi angka ini masih menjadikan brokoli sebagai sumber vitamin C yang baik.

2. Kembang kol

Meski tidak setinggi brokoli, kembang kol juga menjadi salah satu sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Di dalam semangkuk kembang kol mentah, terdapat sekitar 50 mg vitamin C.

3. Bayam

Di dalam 85 gram bayam, terkandung sekitar 24 mg vitamin C. Kandungan vitamin C bayam memang tidak sebanyak kedua sayuran sebelumnya, tetapi bayam tidak boleh diremehkan. Pasalnya, sayuran ini mengandung banyak nutrisi penting lain, seperti vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi.

4. Kale

Kandungan vitamin C dalam kale terbilang tinggi, yaitu mencapai 120 mg per 100 gram. Saat dikukus, direbus, atau ditumis, kandungan vitamin C dalam kale akan menyusut. Namun, di sisi lain, kandungan antioksidannya justru akan mengalami peningkatan.

Melihat pentingnya asupan vitamin C bagi tubuh, Anda jangan sampai lupa untuk memasukkan makanan yang mengandung vitamin C ke dalam menu makan setiap harinya.

Ini penting untuk diperhatikan agar Anda tidak kekurangan asupan vitamin C. Kekurangan asupan vitamin C bisa menyebabkan tubuh mudah memar, luka sulit sembuh, hingga mudah sakit karena imunitas melemah.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C bila diperlukan. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu untuk memastikan dosis yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.