Cara mengobati mata belekan tidak hanya dengan menggunakan obat medis. Beberapa bahan alami juga dapat mengatasi keluhan ini. Selain itu, melakukan beberapa perawatan di rumah juga dapat mengoptimalkan pengobatan mata belekan.  

Mata belekan saat bangun tidur di pagi hari merupakan hal yang normal. Belekan dapat berupa kerak berwarna kuning dan keras, bening dan lengket, maupun berair menyerupai air mata. Belek biasa ditemukan di sudut mata dan menyebabkan bulu mata saling menempel.

Cara Mengobati Mata Belekan Menggunakan Bahan Alami hingga Obat Medis - Alodokter

Namun, mata belekan juga dapat disebabkan oleh penyakit mata, seperti alergi, konjungtivitis, blefaritis, maupun mata kering. Cara mengobati mata belekan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami, perawatan rumahan, maupun obat medis. Pada beberapa kasus, penanganan langsung oleh dokter mata diperlukan untuk mengatasi kondisi ini.

Cara Mengobati Mata Belekan Menggunakan Bahan Alami

Berikut ini adalah berbagai cara mengobati mata belekan menggunakan bahan alami:

Kantong teh

Beberapa jenis teh memiliki sifat antiradang sekaligus dapat menyejukkan mata, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh kamomil (chamomile). Mengompreskan kantong teh dingin pada mata diduga efektif untuk mengatasi infeksi mata dan mengurangi pembengkakan.

Selain sebagai salah satu cara mengobati mata belekan, mengompres mata dengan kantong teh juga dapat membuat mata menjadi lebih rileks dan mengurangi keluhan mata lelah.

Mentimun

Menaruh irisan mentimun di kelopak mata selama 15 menit juga dapat menjadi cara mengobati mata belekan yang cukup efektif. Hal ini berkat kandungan antioksidan dalam mentimun membantu mengurangi peradangan penyebab mata belekan dan bengkak.

Selain itu, mentimun juga dapat menenangkan dan menyegarkan kulit di sekitar mata.

Air mawar

Air mawar memiliki sifat antiinfeksi dan antiradang yang diduga dapat mengatasi beberapa masalah mata, seperti mata kering dan konjungtivitis yang merupakan penyebab mata belekan. Sebagai cara mengatasi mata belekan, Anda bisa menggunakan air mawar untuk membersihkan mata di pagi atau malam hari.

Meskipun dianggap dapat mengatasi mata belekan, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektifitas dan kemungkinan efek samping cara mengobati mata belekan menggunakan bahan-bahan alami di atas.

Cara Mengobati Mata Belekan dengan Obat Medis

Selain menggunakan bahan alami, mata belekan juga bisa diatasi menggunakan obat medis. Berikut ini adalah beragam cara mengobati mata belekan dengan obat medis:

Kloramfenikol

Kloramfenikol bisa digunakan untuk mengobati mata belekan. Obat golongan antibiotik ini dapat mengatasi mata belekan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti konjungtivitis. Obat ini tersedia dalam bentuk salep dan didapatkan hanya dengan menggunakan resep dokter.

Mata belekan umumnya akan membaik setelah menggunakan salep mata kloramfenikol selama 2 hari. Meski demikian, selalu ikuti arahan dokter dan gunakan hingga batas waktu yang ditentukan untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Asam fusidat

Asam fusidat atau natrium fusidat juga termasuk golongan obat antibiotik. Sebagai cara mengobati mata belekan, obat yang tersedia dalam bentuk salep ini biasanya digunakan 3–4 kali sehari, sesuai dengan resep dokter.

Siklosporin

Cara mengobati mata belekan berikutnya adalah dengan menggunakan obat tetes mata siklosporin. Obat ini berfungsi untuk meningkatkan produksi air mata pada pasien yang mengalami alergi pada mata. Obat ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Mata Belekan

Cara mengobati mata belekan juga dapat dilakukan melakukan beberapa perawatan rumahan, seperti:

  • Menggunakan kompres hangat untuk meredakan radang kelopak mata dan mata belekan, serta meredakan gejala mata kering
  • Menggunakan kompres dingin untuk meredakan mata belekan dan bengkak
  • Mencuci handuk dan sarung bantal agar tidak menularkan infeksi ke orang lain
  • Membuang riasan mata dan wajah yang digunakan saat terkena infeksi mata agar kondisi ini tidak berulang

Agar infeksi pada mata yang bisa menyebabkan belekan tidak terjadi, Anda bisa melakukan berbagai perawatan untuk mencegah mata belekan, yaitu:

  • Hapus riasan mata sampai bersih sebelum tidur.
  • Cuci muka dan bersihkan area mata dengan lembut menggunakan handuk yang bersih.
  • Hindari penggunaan sabun atau pembersih di area mata.
  • Hindari menyentuh atau menggosok mata, apalagi jika belum mencuci tangan.
  • Lepaskan lensa kontak sebelum tidur dan hindari menggunakan lensa kontak melebihi masa pakai yang direkomendasikan.

Jika beragam cara mengobati mata belekan di atas sudah Anda coba lakukan tetapi keluhan tidak membaik atau makin parah, jangan menunda untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan mata belekan yang sesuai dengan kondisi Anda.