Konjungtivitis atau mata merah adalah peradangan yang terjadi pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Pada saat terjadi peradangan pada pembuluh darah kecil di konjungtiva, bagian mata yang seharusnya berwarna putih akan terlihat merah atau merah muda.

Peradangan yang terjadi umumnya disebabkan oleh infeksi baik karena bakteri maupun virus. Namun, reaksi alergi juga dapat memicu terjadinya mata merah. Konjungtivitis awalnya bisa jadi hanya menjangkiti satu mata, namun biasanya setelah beberapa jam akan menjangkiti kedua mata.

konjungtivitis - Alodokter

Gejala konjungtivitis umumnya meliputi mata berair dan terasa gatal. Namun pada kasus konjungtivitis akibat alergi, biasanya disertai dengan bulu mata yang melengket.

Diagnosis dan pengobatan konjungtivitis sejak dini bisa membantu membatasi penyebaran karena ini merupakan penyakit yang dapat menular. Meski begitu, konjungtivitis biasanya tidak mengganggu penglihatan.

Penyebab Konjungtivitis

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan konjungtiva mengalami peradangan dan munculnya penyakit konjungtivitis. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

  • Konjungtivitis infeksi yang terjadi akibat virus atau bakteri.
  • Konjungtivitis alergi atau reaksi alergi terhadap tungau debu atau serbuk sari.
  • Konjungtivitis iritasi yang terjadi akibat mata terkena unsur penyebab iritasi seperti sampo, air berklorin, atau bulu mata yang menggesek mata.

Perawatan Konjungtivitis

Obat tetes mata antibiotik bisa digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada konjungtivitis yang parah, namun kebanyakan konjungtivitis tidak memerlukan perawatan karena biasanya gejala akan hilang dalam dua pekan.

Bersihkan kelopak dan bulu mata dengan menggunakan kapas dan air dari lapisan yang lengket atau berkerak. Sebelum gejala konjungtivitis hilang, jangan memakai lensa kontak terlebih dulu.

Usahakan untuk menghindari pemicu alergi. Pengobatan dengan antihistamin biasanya digunakan untuk mengatasi konjungtivitis alergi. Untuk mencegah penyebaran, hindari berbagi penggunaan handuk atau bantal, dan cucilah tangan secara rutin.

Komplikasi Konjungtivitis

Kebanyakan konjungtivitis yang terjadi tidak menimbulkan masalah kesehatan serius, tapi bisa menimbulkan frustrasi, terutama pada penderita konjungtivitis alergi. Hal ini dikarenakan penderita akan mengalami rasa gatal hebat yang terus menerus.

Komplikasi konjungtivitis  yang tergolong serius, namun jarang terjadi adalah jaringan parut pada mata (akibat konjungtivitis alergi yang parah) dan meningitis( jika infeksi menyebar).