Gigi busuk pada anak tidak hanya mengganggu senyum manis Si Kecil, namun juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, yuk Bun, ketahui cara mencegah gigi busuk pada anak sejak dini.

Pembusukan gigi pada anak dapat terjadi bila Si Kecil tidak dibiasakan untuk menjaga kesehatan gigi mulut sejak dini. Jika dibiarkan, bakteri dan sisa makanan yang menempel di gigi akan meningkatkan risiko gigi anak berlubang hingga rusak dan membusuk.

Bunda, Yuk Cari Tahu Cara Mencegah Gigi Busuk pada Anak - Alodokter

Beragam Cara Mencegah Gigi Busuk pada Anak

Asupan nutrisi yang buruk, cara menyikat gigi yang salah, hingga kebiasaan makan dan minum yang kurang baik bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi pada anak yang dapat berkembang menjadi gigi busuk.

Nah, untukk mencegah gigi busuk pada anak, Bunda bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Ajarikan anak menyikat gigi dengan benar

Hal pertama yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah pembusukan gigi pada anak adalah mengajarkannya sedini mungkin mengenai cara menyikat gigi yang benar. Bunda bisa mulai membiasakan Si Kecil menyikat gigi dari usia 1 tahun atau segera setelah ia mampu membuang ludah.

Bunda disarankan untuk menyikat gigi anak 2 kali sehari, setelah makan pagi dan sebelum tidur, selama 30–60 detik tiap kali menyikat gigi. Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi khusus anak yang mengandung fluoride ya, Bun!

2. Batasi konsumsi makanan atau minuman manis

Selain meningkatkan risiko anak mengalami obesitas, konsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan juga membuat Si Kecil lebih berisiko mengalami kerusakan dan pembusukan gigi.

Semakin sering mengonsumsi makanan manis, kerja air liur yang berperan sebagai pembersih gigi alami akan semakin berkurang. Oleh karena itu, Bunda dianjurkan untuk mengurangi frekuensi Si Kecil mengonsumsi makanan manis.

3. Ajarkan anak berkumur

Sisa makanan atau gula yang menempel pada permukaan gigi akan merusak lapisan gigi. Jadi, ajaklah Si Kecil berkumur dengan air setelah ia mengonsumsi makanan dan minuman yang manis atau lengket.

Bila anak telah berusia lebih dari 1 tahun, ia sudah mulai bisa diajarkan untuk minum langsung dari gelas biasa. Cara ini bermanfaat untuk membantu membilas sisa makanan dan gula yang menempel pada permukaan gigi dan mulut.

4. Hindari membiarkan anak tidur sambil mengisap botol atau mengemut makanan

Membiarkan anak tidur dengan posisi mengisap botol atau masih mengemut makanan di dalam mulut dapat meningkatkan risiko anak mengalami pembusukan gigi, infeksi telinga, bahkan tersedak lho, Bun.

Oleh sebab itu, Bunda perlu memastikan Si Kecil telah menghabiskan makanan dan minuman sebelum tidur, serta melepaskan botol atau dot dari mulutnya bila ia terlelap.

5. Kunjungi dokter gigi secara teratur

Agar kesehatan gigi anak dapat terjaga dengan baik, Bunda juga dianjurkan untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi Si Kecil ke dokter gigi, setiap 6 bulan sekali. Hal ini bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan gigi sedini mungkin.

Yuk Bun, cegah gigi busuk pada anak sejak dini dengan beberapa cara di atas. Apabila gigi Si Kecil tampak mengalami gangguan, jangan ragu juga untuk memeriksakannya ke dokter ya, Bun.