Ciuman bukan cuma bermanfaat sebagai ungkapan perasaan dan interaksi romantis antara pasangan, namun ada juga berbagai manfaat ciuman bagi kesehatan. Ciuman yang merangsang bahkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mengurangi gejala alergi.

Pada dasarnya, ciuman memiliki makna yang cukup luas dalam sebuah hubungan. Ciuman identik sebagai ungkapan kepedulian atau kasih sayang kepada pasangan. Sementara itu, ciuman yang merangsang bisa menjadi jembatan menuju aktivitas yang lebih intim dalam sebuah hubungan.

Ciuman yang Merangsang, Kenali Fakta dan Manfaatnya - Alodokter

Fakta di Balik Ciuman yang Merangsang

Sebenarnya, ciuman adalah kegiatan yang dipercaya dapat membuat pasangan menjadi lebih bahagia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sebuah hubungan bisa berjalan dengan baik setelah melalui proses ciuman.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ciuman yang merangsang dapat memengaruhi jalannya sebuah hubungan. Hal ini karena ciuman dapat berfungsi sebagai bentuk komunikasi nonverbal antar pasangan. Tak heran, pasangan yang sudah melakukan ciuman akan terlihat lebih dekat, romantis, dan saling percaya satu sama lain.

Beragam Manfaat Ciuman Merangsang

Selain berguna untuk menciptakan keromantisan bersama pasangan, ciuman yang merangsang juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari ciuman yang merangsang bagi kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meskipun ciuman sering dianggap sebagai salah satu cara penyebaran penyakit, namun nyatanya ciuman juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Pasalnya, ciuman yang merangsang bisa membuat Anda dan pasangan saling bertukar air liur. Pertukaran air liur inilah yang memungkinkan tubuh untuk membentuk imunitas terhadap jenis kuman dari pasangan. Hasilnya, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat terhadap lebih banyak jenis kuman.

2. Mengurangi gejala alergi

Selain meningkatkan sistem imunitas tubuh, ciuman yang merangsang juga dipercaya dapat mengurangi gejala alergi. Sebuah studi menemukan bahwa ciuman selama 30 menit dapat menurunkan gejala alergi.

3. Meredakan stres

Sebuah ciuman yang merangsang dianggap sebagai cara ampuh untuk meredakan stres, karena mampu mengurangi ketegangan dan rasa cemas yang disebabkan oleh peningkatan hormon kortisol.

Saat berciuman, hormon kortisol akan berkurang dan tergantikan oleh hormon yang bisa membuat Anda merasa bahagia, seperti dopamin, serotonin, dan oksitosin.

4. Membakar kalori

Tanpa sadar, melakukan ciuman yang merangsang sebenarnya dapat membakar kalori. Dengan berciuman selama 1 menit, Anda bisa membakar 2-6 kalori, tergantung dari seberapa bergairah Anda ketika berciuman. Meski demikian, bukan berarti ciuman bisa dijadikan alasan untuk tidak berolahraga.

5. Menjaga kebersihan mulut

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan ciuman yang merangsang adalah menjaga mulut tetap bersih. Hal ini karena ciuman bisa merangsang kelenjar ludah untuk memproduksi air liur lebih banyak, yang bermanfaat untuk melindungi gigi dari sisa-sisa makanan dan mencegah kerusakan gigi. Tak hanya itu, air liur juga berguna untuk membantu proses menelan dan menjaga mulut tetap lembap.

Ciuman yang Anda lakukan bersama pasangan, termasuk ciuman yang merangsang, dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Agar Anda dan pasangan lebih menikmati momen berciuman, lakukan dengan sepenuh hati, jangan malu mengungkapkan apa yang Anda inginkan dari pasangan, dan hindari terlalu agresif saat berciuman.