Sudah bukan masanya lagi telepon genggam membuat Anda hanya duduk diam dan jarang bergerak. Lebih baik pasang aplikasi kesehatan terbaik yang dikembangkan bagi pengguna ponsel pintar, sehingga berguna menjadi asisten pribadi yang setia menjaga tubuh tetap sehat.

Aplikasi kesehatan tidak hanya selalu digunakan saat Anda berolahraga dan fitness. Lebih dari itu, ada banyak fitur yang mencakup dalam beberapa aplikasi kesehatan terbaik, mulai dari fitur pencatatan siklus menstruasi dan masa subur, pencatatan denyut jantung, hingga layanan chat atau tanya jawab secara online dengan dokter.

Dapatkan Asisten Pribadi dari Aplikasi Kesehatan Terbaik - Alodokter

Berbagai Aplikasi Kesehatan Terbaik

Berikut adalah beberapa aplikasi kesehatan terbaik yang perlu Anda unduh dalam ponsel pintar sebagai asisten pribadi Anda:

1. MyFitnessPal: Calorie Counter

  • Gratis
  • Tersedia di Google Play dan Apple Store

Kunci berat badan ideal antara lain menjaga jumlah kalori yang masuk tidak lebih banyak atau kurang lebih sama dengan kalori yang digunakan. Aplikasi fitness ini berguna untuk memudahkan Anda menghitung jumlah kalori tersebut.

Calorie Counter dilengkapi dengan data-data yang berisi lebih dari 11 juta jenis makanan sebagai basis penghitungan kalori. Pilih nama makanan yang Anda konsumsi dan aplikasi ini akan merekam dan mengalkulasi data Anda, berikut dengan kalori yang terkandung.

Tidak hanya makanan, aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 350 jenis latihan fisik atau olahraga, dan mampu merekam latihan kekuatan maupun kardio yang Anda lakukan. Agar Anda tidak merasa sendiri, Anda dapat menjalin pertemanan dengan sesama pengguna aplikasi fitness dan saling berbagi hasil.

2. Strava: Sport Tracker

  • Gratis. Untuk mengakses fitur lebih lengkap (premium) dikenakan biaya yang bervariasi
  • Tersedia di Google Play dan Apple Store

Menggunakan aplikasi ini membuat Anda merasa seperti memilliki pelatih pribadi dalam genggaman. Strava umumnya digunakan dalam olahraga yang mengharuskan perpindahan tempat, seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda.

Dengan fasilitas GPS, aplikasi ini berguna untuk merekam rute yang sudah Anda tempuh dan detak jantung dari waktu ke waktu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat melacak statistic, seperti kecepatan, jarak, kecepatan, ketinggian yang didapat, dan kalori terbakar selama dan setelah suatu aktivitas.

3. Noom: Weight Loss Coach

  • Gratis. Untuk mengakses fitur lebih lengkap (premium) dikenakan biaya yang bervariasi
  • Tersedia di Google Play dan Apple Store

Noom adalah aplikasi fitness yang berperan selayaknya pelatih yang membantu Anda menurunkan berat badan. Tiap hari, aplikasi ini memberikan saran atau daftar agenda tentang berapa kalori yang dibutuhkan untuk dikonsumsi dan dibakar untuk mencapai target berat badan ideal Anda. Notifikasi akan muncul begitu tiba saatnya Anda melakukan kegiatan tertentu, seperti lari pagi.

Pengguna Noom Premium dapat mengakses fasilitas yang lebih lengkap, termasuk ikut serta dalam komunitas online yang memudahkan Anda berkomunikasi dengan pengguna lain atau sekadar saling membantu. Selain itu, pengguna layanan ini juga dapat mengakses data berisi ratusan artikel mendidik dan tantangan seputar diet.

4. Instant Heart Rate: HR Monitor & Pulse Checker

  • Gratis. Untuk mengakses fitur lebih lengkap (premium) dikenakan biaya yang bervariasi
  • Tersedia di Google Play dan Apple Store

Denyut jantung Anda dapat mengindikasikan kebugaran dan kesehatan Anda. Instant heart rate merupakan aplikasi pendeteksi jantung paling cepat dan akurat. Pengukuran dengan aplikasi fitness dan kesehatan ini dilakukan dengan menempatkan ujung telunjuk Anda pada kamera ponsel selama beberapa detik.

Instant Heart Rate akan merekam dan menunjukkan denyut jantung Anda seperti cara kerja oksimeter. Hasil pengukuran ini juga bermanfaat untuk mengukur apakah olahraga kardio yang Anda lakukan sudah cukup efektif atau belum.

5. Sleep Cycle: Sleep Analysis & Smart Alarm Clock

  • Gratis
  • Tersedia di Google Play dan Apple Store

Istirahat adalah bagian penting dalam kesehatan manusia. Istirahat yang kurang berkualitas dapat membawa dampak pada kondisi lain, seperti gangguan pola makan, psikologis, serta ketahanan tubuh. Sleep Cycle adalah jurnal yang merekam pergerakan dan suara Anda saat tidur.

Aktifkan aplikasi ini saat menjelang tidur dan non-aktifkan saat bangun tidur. Anda akan mendapatkan rekaman durasi dan kualitas tidur, serta berapa jam atau menit Anda berutang waktu tidur. Alarm untuk membangunkan akan berbunyi di waktu yang tepat, sehingga Anda akan merasa ringan saat bangun.

6. Alodokter: Chat Bersama Dokter

  • Gratis
  • Tersedia di Google Play

Memiliki aplikasi Alodokter seperti memiliki dokter di dalam saku. Anda tidak perlu kebingungan lagi ketika ingin bertanya tentang penyakit yang dialami karena di sini Anda bisa chat langsung dengan dokter pilihan.

Alodokter tidak hanya memiliki fitur chat bersama dokter, tetapi ada juga beragam artikel kesehatan yang menarik dengan sumber terpercaya. Aplikasi ini juga memiliki layanan untuk pencarian rumah sakit bagi Anda yang ingin berobat ke dokter, bahkan juga terdapat fitur beli obat secara daring yang akan diantar ke rumah Anda.

7. Period Tracker Deluxe

  • $1,99 atau sekitar Rp 26.900,00 per bulan.
  • Tersedia di Google Play dan Apple Store.

Jika Anda sedang merencanakan kehamilan dan perlu mencatat waktu menstruasi dengan detail, aplikasi ini tepat untuk Anda. Cara penghitungan dilakukan dengan menekan tombol pada aplikasi fitness tersebut pada tiap hari pertama menstruasi.

Period Tracker akan menyimpan tanggal tersebut dan mengalkulasi rata-rata siklus menstruasi selama tiga bulan terakhir untuk memprediksi awal menstruasi di bulan yang akan datang.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memperlihatkan masa subur Anda, menyimpan mood, gejala tertentu, dan jadwal hubungan seksual. Semua rekaman ini memudahkan Anda untuk mendeteksi keterlambatan dan ketidaknormalan siklus menstruasi.

8. The Bump: Pregnancy & Baby Tracker

  • Gratis.
  • Tersedia di Google Play dan Apple Store.

Aplikasi ini dapat memprediksi tanggal kelahiran bayi Anda dengan memasukkan tanggal terakhir Anda mengalami menstruasi. Pada tiap minggunya akan terdapat informasi dan foto yang menjelaskan perkembangan janin, gejala umum yang dirasakan, serta perubahan tubuh.

Dalam BabyBump Pregnancy Free, Anda juga dapat mencatat pertambahan berat badan, mood dari hari ke hari, serta terhubung dan berbagi cerita dengan ibu-ibu hamil sesama pengguna aplikasi ini di seluruh dunia.

Selain aplikasi kesehatan terbaik seperti di atas, masih banyak aplikasi lainnya yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan aplikasi kesehatan terbaik, hal ini diharapkan bisa menjadi asisten pribadi yang selalu mendukung kesehatan Anda setiap saat.