Mengenali ciri hamil 1 minggu bisa dimulai dengan menghitung tanggal terakhir menstruasi. Selain itu, Anda bisa mengandalkan beberapa ciri lain sebagai acuan sebelum konsultasi ke dokter. Bila Anda sedang menantikan buah hati, yuk, simak ciri hamil 1 minggu yang berikut!

Bagi sebagian wanita, ciri hamil 1 minggu tidak mudah untuk dilihat atau dirasakan. Namun, ada beberapa ciri yang biasanya mengarah pada kehamilan, salah satunya terlambat haid.

Ciri Hamil 1 Minggu yang Mudah Dikenali - Alodokter

Selain itu, Anda juga mungkin akan mengalami morning sickness, kram perut serta bercak darah, disusul mual, muntah, dan gejala awal kehamilan lain pada minggu-minggu berikutnya.

Cara Perhitungan Kehamilan

Jika kehamilan dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT), seorang wanita belum benar-benar hamil pada minggu pertama.

Kehamilan baru terjadi pada akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3, tergantung dari panjang siklus haid dan juga masa ovulasi. Saat ovulasi, ovarium akan melepaskan sel telur yang bergerak ke arah tuba fallopi. Sel telur ini harus bertemu sperma di tuba fallopi agar terjadi kehamilan.

Siklus ovulasi yang akan menentukan tanggal pembuahan, umumnya terjadi pada hari ke-13 sampai ke-20 setelah keluar darah mens. Namun, ovulasi juga tergantung dari seberapa lama siklus haid seseorang. Secara umum, siklus menstruasi sekitar 28 hari, tetapi siklus ini bisa berbeda pada tiap wanita.

Ada beberapa cara untuk mengetahui pola siklus menstruasi, di antaranya:

  • Mencatat tanggal menstruasi selama beberapa bulan secara manual atau menggunakan aplikasi yang tersedia di ponsel.
  • Mengukur suhu tubuh basal, yaitu suhu tubuh saat baru bangun tidur di pagi hari. Suhu tubuh basal ini akan berubah menjelang ovulasi dan kemungkinan besar terjadi kehamilan pada 2 atau 3 hari sebelum suhu tubuh naik.
  • Mengamati tekstur cairan vagina, yang akan tampak lebih jernih dan licin saat memasuki siklus ovulasi.
  • Menggunakan alat tes kesuburan dengan meneteskan sampel urine.

Dengan mengetahui pola siklus menstruasi, Anda akan lebih mudah untuk memperkirakan kapan ovulasi terjadi. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam memprediksi ciri hamil 1 minggu.

Beberapa Ciri Hamil 1 Minggu

Selain tidak mengalami menstruasi, ciri hamil 1 minggu dapat ditandai dengan beberapa gejala awal berikut ini:

1. Payudara bengkak dan sensitif

Pada awal masa kehamilan, payudara tampak bengkak, sekaligus sensitif dan nyeri saat disentuh. Ketidaknyamanan ini mungkin akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh Anda perlu menyesuaikan diri dengan perubahan hormon. Namun, payudara bengkak tidak selalu muncul sebagai ciri hamil 1 minggu.

2. Mual atau muntah

Tiga minggu setelah pembuahan, sebagian wanita merasakan mual, dengan atau tanpa muntah, yang bisa terjadi kapan saja. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh hormon kehamilan.

3. Sakit pinggang bagian bawah

Sakit pada pinggang bagian bawah dapat menjadi ciri hamil 1 minggu lainnya. Kondisi ini umumnya disertai keram dan dipicu oleh peluruhan lapisan rahim. Saat lapisan rahim luruh, rahim akan berkontraksi dan kemudian menimbulkan rasa sakit pada pinggang bagian bawah.

Rasa sakit ini tak hanya dirasakan pada awal masa kehamilan, tetapi juga selama kehamilan. Namun, sakit pinggang yang dirasakan selama kehamilan biasanya disebabkan karena adanya penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh.

4. Perdarahan vagina

Tak hanya saat menstruasi, perdarahan vagina juga dapat terjadi di awal kehamilan dan menjadi salah satu ciri hamil 1 minggu. Perdarahan ini terjadi karena tubuh sedang meluruhkan lapisan rahim yang lama dan mulai membentuk lapisan rahim baru untuk menampung sel telur yang telah dibuahi.

Selain beberapa gejala di atas, ada pula ciri hamil 1 minggu yang sering dikeluhkan, seperti semakin sering buang air kecil, mudah lelah, sensitif terhadap bau, dan muncul keinginan mengonsumsi makanan tertentu (ngidam).

Ibu hamil juga bisa mengalami sembelit dan kembung di awal masa kehamilan, karena kerja sistem pencernaan yang melambat akibat perubahan hormon. Perubahan hormon saat hamil juga dapat memicu sakit kepala, insomnia, dan perubahan mood.

Jika tidak yakin dengan ciri hamil 1 minggu yang dirasakan, Anda dapat melakukan uji kehamilan menggunakan alat tes kehamilan yang banyak dijual bebas. Jika hasilnya positif, segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan Anda.