Gejala sakit jantung pada wanita kemungkinan berbeda dengan pria. Bila selama ini penyakit jantung identik dengan rasa sakit di dada, pada wanita kondisinya sedikit berbeda, bahkan tidak selalu ditandai dengan rasa sakit di dada.

Beberapa gejala sakit jantung pada wanita memang lebih samar sehingga sering kali tidak disadari kalau ia sedang mengalami penyakit tersebut. Kondisi ini menjadi penting untuk diperhatikan karena berpotensi diremehkan bahkan dianggap biasa, hingga akhirnya membahayakan penderita.

Kenali Gejala Sakit Jantung pada Wanita - Alodokter

Cermati Beragam Gejala Sakit Jantung Pada Wanita

Berikut ini adalah beragam gejala sakit jantung pada wanita yang penting untuk Anda kenali:

1. Nyeri dada

Nyeri dada merupakan bentuk gejala paling umum dari penyakit jantung. Namun, nyeri dada yang dialami beberapa wanita mungkin berbeda dengan pria. Jika pada pria nyeri dada terjadi di sebelah kiri, pada wanita gejala nyeri bisa terjadi di bagian dada mana saja dan terasa seperti diperas dan dihimpit.

2. Nyeri di bagian tubuh lain

Rasa nyeri ini biasanya terjadi di bagian rahang, leher, punggung, atau lengan. Rasa nyeri ini tidak hanya terfokus di sisi kiri seperti pria umumnya, tapi bisa juga terjadi di kedua sisi. Sementara pada nyeri di punggung bawah maupun atas, biasanya bermula dari nyeri di dada yang kemudian menyebar ke area punggung ini.

3. Sesak napas

Sesak napas juga dapat menjadi gejala sakit jantung pada wanita. Sesak napas yang muncul akibat penyakit jantung biasanya terjadi tiba-tiba tanpa didahului aktivitas berat, memburuk saat berbaring, dan juga disertai dengan gejala lain, seperti nyeri dada, keringat dingin, serta kelelahan.

4. Sakit perut

Sakit perut sebagai gejala sakit jantung pada wanita, berbeda dengan sakit perut lainnya. Kebanyakan wanita mengira sedang mengalami gangguan lambung, mulas, atau sakit perut karena hal lain. Ciri-ciri sakit perut yang merupakan gejala sakit jantung adalah perut terasa seperti mengalami tekanan atau tertimpa beban yang berat.

5. Keringat dingin dan kelelahan

Salah satu gejala sakit jantung pada wanita adalah keringat dingin dan kelelahan yang amat sangat. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja bahkan saat sedang tidak melakukan akitivitas yang banyak. Jika kondisi ini berlangsung selama berhari-hari bahkan dalam waktu lama, dapat diyakini kalau keduanya menjadi bagian dari gejala sakit jantung pada wanita.

Selain kondisi di atas, ada juga beberapa gejala lainnya yang bisa menjadi tanda sakit jantung pada wanita, seperti detak jantung tidak beraturan, pembengkakan di kaki maupun pergelangan kaki, sakit tenggorokan dan batuk yang tidak kunjung henti, Beberapa wanita bahkan merasa gejala serangan jantung yang mereka alami terasa seperti gejala flu.

Penyakit jantung lebih sering terjadi pada wanita yang menderita diabetes, memiliki kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi, memiliki berat badan berlebih, merokok aktif, mengalami stres berat dan depresi, serta memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung.

Gejala sakit jantung pada wanita terkadang memang lebih sulit didiagnosis ketimbang pada pria. Khusus pada wanita, nyeri yang sangat tidak nyaman dan terjadi di mana pun pada area pinggul ke atas harus diwaspadai dan segera diperiksakan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti yang sudah dipaparkan di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.