Memiliki golongan darah Rhesus negatif menandakan tidak adanya antigen bernama faktor Rh pada permukaan sel darah merah Anda. Lalu, apakah hal ini membahayakan kesehatan? Simak ulasannya di sini.

Faktor Rhesus (Rh) adalah antigen atau protein yang ada pada permukaan sel darah merah. Jika sel darah merah Anda memiliki faktor Rh, golongan darah Anda adalah Rh positif. Sebaliknya jika tidak, golongan darah Anda adalah Rhesus negatif.

Golongan Darah Rhesus Negatif, Ini Faktanya - Alodokter

Golongan darah Rhesus yang paling umum ditemukan adalah Rhesus positif. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir jika hasil tes darah Anda menunjukkan Rhesus negatif. Rhesus negatif sebenarnya tidak memengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan, kecuali pada ibu hamil.

Rhesus Negatif dan Kehamilan

Ketika seorang ibu hamil memiliki Rh negatif dan bayi memiliki Rh positif, Rhesus ibu tidak cocok dengan janin. Kondisi ini bisa membahayakan kehamilan, terutama pada kehamilan anak kedua, sehingga memerlukan perawatan khusus.

Pada kehamilan anak pertama, ketidakcocokan Rhesus ini biasanya tidak berpengaruh pada bayi karena ibu belum membentuk antibodi terhadap faktor Rhesus.

Antibodi biasanya baru diproduksi jika darah ibu bercampur dengan darah bayi, misalnya saat melahirkan atau jika ibu mengalami perdarahan atau trauma pada perut selama kehamilan.

Produksi antibodi terhadap Rh bisa terjadi karena tubuh mengenali faktor Rh pada janin sebagai zat asing. Akhirnya, tubuh mulai membentuk antibodi yang bertindak sebagai pelindung ketika zat asing masuk ke dalam tubuh.

Jika antibodi Rh sudah terbentuk, masalah dapat terjadi pada kehamilan kedua dan selanjutnya. Antibodi tersebut bisa masuk melalui plasenta ke aliran darah bayi dan merusak sel darah merah bayi, sehingga terjadilah anemia hemolitik pada bayi. Kondisi ini akan berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Oleh karena itu pada awal kehamilan, penting bagi setiap ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan golongan darah dan faktor Rh.

Jika Anda memiliki golongan darah Rhesus negatif, ada kemungkinan dokter akan memberikan suntikan Rh immunoglobulin (RhIg) menjelang usia kehamilan 28 minggu dan sesudah persalinan.

Suntikan ini diperlukan untuk mencegah tubuh Anda memproduksi antibodi Rh selama kehamilan, baik pada kehamilan yang pertama maupun yang selanjutnya.

Rhesus Negatif Cocok dengan Jenis Golongan Darah Apa Saja?

Dalam kasus golongan darah Rhesus negatif, jika Anda pemilik golongan darah A, B, AB maupun O, Anda hanya bisa menerima transfusi darah dari jenis darah Rh negatif juga. Berikut penjabarannya:

  • Darah golongan A Rhesus negatif hanya bisa menerima darah dari A Rhesus negatif dan O Rhesus
  • Darah golongan B Rhesus negatif hanya bisa menerima darah dari B Rhesus negatif dan O Rhesus
  • Darah golongan AB Rhesus negatif hanya bisa menerima darah dari A Rhesus negatif, B Rhesus negatif, AB Rhesus negatif, dan O Rhesus
  • Darah golongan O Rhesus negatif hanya bisa menerima dari O Rhesus

Golongan darah O Rhesus negatif disebut juga sebagai donor sel darah merah universal karena tidak memiliki antigen A, B, dan faktor Rh. Namun, ia hanya bisa menerima donor darah dari golongan O Rhesus negatif saja.

Konsultasikan kepada dokter jika Anda memiliki golongan darah Rhesus negatif, terutama jika sedang merencanakan kehamilan. Anda juga mungkin memerlukan kartu identifikasi yang menyatakan bahwa Anda memiliki Rhesus negatif guna keperluan emergensi.