Mati rasa dan sensasi kesemutan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja,  seperti di tangan, kaki, bahkan wajah. Mati rasa pada wajah dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang perlu diwaspadai.

Sensasi mati rasa di wajah dapat disebabkan oleh kerusakan maupun iritasi yang terjadi pada saraf wajah Anda. Jika keluhan ini dialami, Anda patut mewaspadainya, karena bisa jadi ada gangguan kesehatan tertentu yang mendasari munculnya keluhan tersebut.

Berbagai Kemungkinan Penyebab Mati Rasa pada Wajah yang Penting Diketahui   - Alodokter

Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Gejala Mati Rasa pada Wajah

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat mendasari terjadinya keluhan mati rasa pada wajah:

1. Diabetes 

Diabetes merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh peningkatan kadar gula darah. Tanpa penanganan yang tepat dan berkelanjutan, penderita diabetes dapat mengalami berbagai komplikasi, salah satunya adalah gangguan saraf atau neuropati diabetik. Kondisi inilah yang dapat menimbulkan keluhan mati rasa, termasuk pada wajah.

2. Stroke

Stroke dapat terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak. Hal ini menyebabkan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya. Beberapa gejala stroke adalah kesulitan berbicara, kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, lengan, dan kaki, kesulitan melihat (baik pada satu mata atau keduanya), dan kesulitan berjalan.

3. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang selaput pelindung saraf (mielin) yang berpotensi melumpuhkan otak dan sumsum tulang belakang. Gejala yang mungkin dirasakan adalah mati rasa di salah satu anggota tubuh, termasuk di wajah, serta merasakan sensasi seperti sengatan listrik ketika menggerakkan leher.

4. Bell’s palsy

Sering dikira gejala stroke, Bell’s palsy sebenarnya adalah kelumpuhan atau kelemahan yang terjadi pada otot-otot di salah satu sisi wajah. Kondisi ini terjadi ketika saraf yang bertugas mengendalikan wajah mengalami gangguan yang disebabkan oleh peradangan.

Penderita Bell’s Palsy dapat mengakibatkan penderitanya tidak mampu menutup satu mata dan timbulnya rasa nyeri pada otot-otot wajah. Selain itu, Bell’s palsy juga bisa menyebabkan mati rasa di salah satu sisi wajah yang mengalami kelumpuhan.

5. Migrain hemiplegia

Penyakit ini merupakan salah satu jenis migrain yang langka dan sangat serius. Gejala dari penyakit ini hampir sama dengan stroke, yaitu kelemahan otot yang mengakibatkan kelumpuhan sementara pada satu sisi tubuh atau dalam istilah medis disebut hemiplegia.

Gejala yang ditimbulkan bisa mencakup mati rasa pada satu sisi tubuh, mulai dari wajah, lengan, kaki, serta berkurangnya keseimbangan dan koordinasi.

Mati rasa pada wajah merupakan kondisi yang tidak bisa dianggap sepele. Kondisi ini sebaiknya segera diperiksa ke dokter saraf. Dokter dapat memastikan penyebab mati rasa pada wajah yang Anda rasakan, sekaligus menentukan penanganan yang tepat.