Untuk mendiagnosis hepatitis A, dokter akan menanyakan riwayat perjalanan penyakit yang sedang Anda alami. Setelah itu, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan darah. Indikasi bahwa Anda mengidap hepatitis A adalah jika hasil tes darah Anda menunjukkan adanya reaksi positif antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh saat melawan virus ini.

Jika ditemukan antibodi Hepatitis A jenis IgM, berarti pasien baru terinfeksi hepatitis A kurang lebih selama 2 minggu. Antibodi ini akan menghilang 3 hingga 12 bulan setelah infeksi terjadi.

Sedangkan jika ditemukan antibodi Hepatitis A jenis IgG, maka infeksi hepatitis A sudah berlangsung kurang lebih selama 8 hingga 12 minggu. Antibodi jenis ini akan bertahan dalam darah dan melindungi tubuh pasien selamanya.

Jika positif mengidap penyakit ini, dokter akan memeriksa kondisi hati Anda melalui tes darah penunjang lainnya dan USG.

Penyakit ini tidak memiliki langkah penanganan khusus. Pemulihan hanya bergantung pada sistem kekebalan tubuh yang melenyapkan virus dengan sendirinya. Langkah pengobatan hepatitis A bertujuan meringankan gejala-gejala yang dialami. Langkah-langkah pengobatannya meliputi:

  • Banyak beristirahat. Pengidap hepatitis A pasti akan mengalami kelelahan, terutama pada awal infeksi.
  • Mengonsumsi obat pereda rasa nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen sesuai dengan resep dokter, jika pasien merasakan nyeri atau sakit.
  • Mengatasi mual-mual dan muntah, misalnya dengan menghindari makanan berlemak dan makan dengan porsi sedikit. Jika gejala ini tidak berkurang, dokter biasanya akan meresepkan obat antimuntah seperti metoclopramide. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, serbuk, serta lewat suntikan.
  • Jangan mengonsumsi minuman keras atau obat-obatan yang berdampak pada hati agar organ hati Anda juga bisa beristirahat. Jika ada obat-obatan tertentu yang harus Anda gunakan, diskusikanlah dosis atau jenis obat yang aman dengan dokter.

Ada beberapa cara bagi pengidap Hepatitis A untuk mencegah penyebaran infeksi ke orang lain, yaitu:

  • Jangan berbagi handuk dengan orang lain dan jangan mencampur cucian pakaian dengan milik orang lain
  • Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih secara teratur, khususnya usai ke kamar kecil.
  • Sebaiknya tidak berhubungan seksual, selama masih terinfeksi.
  • Jangan menyiapkan makanan bagi orang lain.
  • Bersihkan kamar kecil, terutama bagian kloset.
  • Hindari berpergian ke luar rumah, setidaknya sampai seminggu setelah gejala mulai terasa.