Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan wajah tirus dan tampak lebih menarik. Anda bisa memilih dengan cara mengubah penampilan atau melalui prosedur medis. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini.

Tren dan standar kecantikan berubah dari waktu ke waktu. Salah satu tren yang hingga saat ini masih diminati oleh banyak orang adalah memiliki wajah yang tirus. Bentuk wajah ini dianggap dapat memberi kesan bahwa tubuh terlihat lebih fit dan ramping.

Ingin Punya Wajah Tirus, Ini Caranya - Alodokter

Macam-Macam Cara agar Wajah Tirus

Apabila Anda ingin memperindah penampilan dengan cara membentuk wajah terlihat lebih ramping atau tirus, coba lakukan beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan make-up

Cara paling mudah agar wajah terlihat tirus adalah dengan memakai make-up. Anda bisa menggunakan teknik contouring untuk membentuk garis rahang dan hidung, sehingga wajah terlihat nampak lebih tirus. Anda bisa mengikuti panduan dari video di media sosial atau ikuti kelas make-up untuk melakukan teknik tata rias wajah ini.

2. Mengubah gaya rambut

Mengubah tatanan atau gaya rambut juga bisa membuat wajah Anda terlihat lebih tirus. Namun, penentuan gaya rambut sebaiknya disesuaikan dengan bentuk wajah, misalnya:

  • Bentuk wajah bulat disarankan memilih gaya rambut berlapis (layer) dan jauhi tatanan rambut bob atau rambut yang dipotong rata
  • Bentuk wajah persegi disarankan tidak memotong rambut sependek rahang
  • Bentuk wajah hati disarankan memilih rambut pendek dan berponi dengan layer di sekitar tulang pipi

3. Melakukan senam wajah

Rutin melakukan senam wajah adalah salah satu cara untuk mengencangkan otot wajah dan membuatnya tampak lebih ramping. Selain itu, gerakan pada senam wajah diyakini dapat meningkatkan peredaran darah dan oksigen pada kulit, sehingga kulit akan nampak lebih segar dan awet muda.

4. Mengurangi asupan garam

Konsumsi garam berlebihan dapat membuat tubuh menyimpan lebih banyak cairan. Kondisi ini akan memberi kesan tubuh tampak sedikit membengkak. Jika terjadi di pipi, maka pembengkakan tersebut akan membuat pipi terlihat lebih tembam.

Jadi, coba batasi konsumsi garam agar wajah tampak lebih tirus dan ramping. Selain untuk alasan kecantikan, membatasi asupan garam juga baik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

5. Memperbanyak minum air putih

Minum air putih yang cukup dapat mengurangi jumlah garam, sehingga mencegah penumpukan cairan dan pembengkakan pada wajah. Kebiasaan ini juga dapat membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama, sehingga membantu menurunkan berat badan. Dengan begitu, wajah pun akan terlihat lebih tirus.

6. Mencukupi waktu tidur

Kurang tidur dapat mengganggu metabolisme dan meningkatkan kadar hormon stres atau kortisol dalam tubuh. Hal tersebut dapat memicu peningkatan nafsu makan hingga mengakibatkan penimbunan lemak di tubuh dan wajah serta naiknya berat badan.

Dengan mencukupi waktu tidur setidaknya selama 8 jam sehari, Anda akan lebih mampu mengendalikan berat badan dan nafsu makan, sehingga wajah pun nantinya akan terlihat lebih tirus.

7. Mesoterapi

Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan zat kimia khusus, misalnya enzim, vitamin, atau ektrak tanaman, untuk menghancurkan jaringan lemak. Jika dilakukan pada wajah, mesoterapi dapat mengecilkan ukuran pipi dan membuatnya terlihat lebih tirus.

Selain itu, mesoterapi juga berguna untuk mengencangkan wajah, memutihkan kulit, dan menyamarkan keriput atau garis-garis di wajah, sehingga membuat wajah tampak awet muda.

8. Tanam benang

Jika ingin membentuk wajah tirus tanpa harus mengeluarkan biaya besar dan tidak ingin repot menjalani operasi, Anda bisa memilih prosedur tanam benang. Prosedur ini dapat dikerjakan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Hasilnya hampir serupa dengan operasi plastik dalam membuat wajah tirus, tetapi efeknya hanya bertahan sekitar 1–3 tahun.

9. Operasi

Operasi bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan wajah yang tirus sekaligus memperbaiki bentuk wajah. Prosedur operasi yang bisa dilakukan meliputi:

  • Operasi sedot lemak
    Operasi sedot lemak biasanya dilakukan pada daerah pipi, dagu, dan leher. Prosedur ini dilakukan dengan cara membuat sayatan kecil di bawah kulit wajah, memasukkan selang kecil, dan menyedot lemak melalui selang tersebut.
  • Operasi buccal fat removal
    Buccal fat removal merupakan tindakan operasi plastik untuk membuang jaringan lemak di pipi. Hasilnya, wajah pun akan terlihat lebih tirus dan ramping. Biasanya, operasi ini juga dibarengi dengan prosedur lain, seperti facelift.

Membuat wajah tirus dengan mencoba gaya make-up, tatanan rambut, serta mengurangi berat badan memang sedikit merepotkan dan memerlukan waktu yang lama. Namun, cara ini dianggap lebih aman dan murah dibandingkan dengan prosedur medis, seperti operasi plastik dan tanam benang.

Jika Anda ingin memiliki wajah tirus melalui prosedur apa pun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna memastikan apakah Anda cocok untuk menjalani prosedur tersebut.