Senam wajah mungkin tidak sepopuler senam bagian tubuh lainnya. Namun, Anda bisa mencoba teknik ini untuk mencegah munculnya tanda penuaan dan membuat wajah tampak lebih segar. Gerakannya pun cukup mudah dan dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja.

Senam wajah merupakan salah satu cara alami untuk membuat wajah menjadi lebih sehat. Berbagai gerakan di dalam senam wajah dipercaya dapat meningkatkan peredaran darah dan oksigen serta asupan nutrisi pada kulit. Dengan begitu, wajah akan terlihat lebih segar dan tampak awet muda.

Latihan Senam Wajah dan Mitos yang Menyertainya - Alodokter

Tak hanya untuk kecantikan, senam wajah juga digunakan sebagai terapi bagi penderita Bell’s palsy, stroke, dan trauma wajah yang mengakibatkan kelumpuhan otot wajah.

Cara Melakukan Senam Wajah

Gerakan senam wajah sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan waktu selama beberapa menit. Berikut ini adalah langkah-langkah gerakan senam wajah dengan teknik pijatan yang bisa Anda terapkan:

  • Tekan sudut mata bagian dalam menggunakan jari telunjuk selama 30 detik. Selanjutnya, lakukan gerakan melingkar selama 30 detik dan ulangi kembali ke arah yang berlawanan.
  • Tempatkan jari manis di bawah alis yang dekat dengan hidung dan ketuk area tersebut secara perlahan sambil digerakkan hingga ke area pelipis. Lanjutkan ketukan di atas tulang pipi hingga ke sudut mata bagian dalam selama 30 detik.
  • Dalam kondisi tersenyum, tekan tiga jari di bawah kedua alis ke arah atas lalu pejamkan mata Anda, dan tahan posisi ini selama 20 detik. Kemudian buka mata dan jauhkan jari dari wajah. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.
  • Dengan kedua jari telunjuk, tekan dengan lembut bagian tengah dahi dan gerakkan jari sampai ke arah pelipis secara berulang selama 30 detik.
  • Dongakkan kepala dan letakkan jari di bawah dagu. Selanjutnya, tekan dengan lembut sambil digerakkan ke arah tulang selangka secara berulang dalam waktu 30 detik.
  • Kepalkan tangan kiri dan letakkan di bawah rahang, kemudian miringkan kepala dan tekan kepala ke kepalan tangan selama beberapa detik. Ulangi kembali di sisi yang berlawanan.
  • Dalam posisi duduk, condongkan tubuh ke depan dan tahan tangan di atas lutut. Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan napas melalui mulut dengan cara menjulurkan lidah ke arah dagu. Ulangi rangkaian gerakan ini sebanyak 7 kali.
  • Letakkan jari di atas dahi dan mulailah mengetuk kulit wajah hingga ke arah rahang. Lakukan kembali gerakan ini di bagian depan leher dan bahu hingga naik ke bagian belakang leher.
  • Gosok kedua telapak tangan hingga terasa hangat. Selanjutnya, tutupi wajah dengan tangan dan tarik napas dalam selama beberapa kali.

Saat melakukan pijatan dan senam wajah, Anda disarankan untuk melakukannya dengan lembut dan tidak terlalu kencang. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan minyak almond ketika memijat wajah dan pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum menyentuh wajah.

Berbagai Mitos Seputar Senam Wajah

Manfaat utama dari senam wajah adalah membuat wajah terasa lebih segar dan cerah karena meningkatnya aliran darah dan oksigen di bawah permukaan kulit wajah

Namun, ada beberapa klaim terkait manfaat senam wajah yang belum terbukti kebenarannya. Beberapa mitos senam wajah tersebut meliputi:

Senam wajah dapat meniruskan wajah

Meski beberapa gerakan senam wajah diketahui dapat mengencangkan otot, bukan berarti senam wajah dapat membuat pipi menjadi tirus. Faktanya, untuk meniruskan wajah, Anda perlu melakukan diet sehat yang disertai dengan olahraga untuk menurunkan berat badan.

Senam wajah bisa mengurangi kerutan 

Sebagian orang percaya bahwa melakukan senam wajah bisa mengurangi kerutan. Namun, kenyataannya, belum ada cukup penelitian yang dapat membuktikan bahwa senam wajah bisa menyamarkan kerutan.

Terlalu sering melakukan senam wajah justru bisa membuat otot wajah bekerja lebih keras sehingga tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus, pun dapat muncul lebih cepat dan terlihat lebih jelas.

Untuk mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah diperlukan cara lain, mulai dari menghindari paparan sinar matahari berlebih, menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan, berhenti merokok, hingga melakukan prosedur medis, seperti suntik botox dan suntik filler.

Selain melakukan senam wajah, Anda juga perlu minum air putih, tidur yang cukup dan konsumsi makanan sehat bagi kulit, seperti makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta antioksidan, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar senam wajah atau memperoleh saran mengenai cara lain untuk menyehatkan kulit wajah sesuai kondisi kesehatan Anda.