Beragam perawatan kulit memang dapat membuat kulit tampak mulus dan bersinar. Namun, perawatan kulit dari luar saja tidak cukup. Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat untuk kulit agar kesehatan kulit lebih terjaga.

Sebagaimana bagian tubuh lain, kulit juga membutuhkan berbagai macam nutrisi . Ada beragam jenis makanan yang dapat mendukung Anda memiliki kulit yang sehat, kencang, lembut, dan bercahaya.

Berbagai Pilihan Makanan Sehat untuk Kulit - Alodokter

Beragam Makanan Pilihan

Berikut beberapa makanan sehat untuk kulit yang bisa menjadi pilihan:

1. Strawberry

Kesegaran buah strawberry ternyata juga membawa manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini mampu menjaga jaringan ikat di bawah kulit sehingga kulit tetap kencang dan sehat.

Kandungan lainnya seperti folat (vitamin B), serat dan pythochemical mampu  membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

2. Teh hijau

Senyawa katekin yang terdapat pada teh hijau mampu bekerja dalam meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat dalam memperbaiki kelembapan dan elastisitas kulit serta mencegah penuaan dini.

Dalam teh hijau juga terkandung banyak antioksidan yang baik untuk mencegah dan membantu memperbaiki kulit rusak, merah, dan kering akibat paparan radikal bebas dari paparan sinar matahari berlebih, debu, dan polusi.

3. Bayam

Makanan sehat untuk kulit berikutnya adalah bayam. Bayam mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan kulit, mulai dari vitamin A, vitamin E, antioksidan, hingga omega 3.

Kandungan vitamin A dalam bayam mampu melembapkan kulit. Sementara kandungan vitamin E pada bayam berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan akibat sinar matahari.

Begitu pula dengan kandungan antioksidannya, berfungsi untuk memperlambat dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Sedangkan kandungan omega 3 pada bayam mampu membuat kulit tetap kencang, karena mampu membantu menjaga pembentukan kolagen pada kulit.

4. Minyak zaitun

Bangsa Romawi Kuno percaya bahwa dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit, kulit dapat menjadi lebih halus dan bercahaya. Hal ini karena minyak zaitun bersifat antiradang dan mengandung antioksidan.

Jika kulit Anda berjerawat, Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung minyak zaitun. Kandungan minyak zaitun yang terdapat pada sabun pembersih mampu melawan bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat yang muncul dapat berkurang.

5. Labu

Makanan sehat untuk kulit selanjutnya adalah labu. Buah ini mengandung beragam jenis vitamin yang bersifat antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang dapat menghambat dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Labu juga mengandung enzim dan karotenoid yang dapat melembapkan dan mencegah kerutan di kulit serta mengurangi produksi minyak berlebih atau sebum di kulit.

Tidak hanya itu saja, masih banyak pilihan makanan sehat untuk kulit yang bisa dikonsumsi, mulai dari buah aprikot, wortel, tomat, alpukat, jeruk, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, yoghurt, dan ikan, seperti salmon.

Cara menjaga kesehatan kulit dari dalam bisa dilakukan dengan mengonsumsi ragam makanan sehat untuk kulit. Namun, Anda juga perlu untuk minum air putih yang cukup agar kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya.