Banyak orang bilang kalau sabun pepaya bisa bikin kulit cerah. Makanya, sabun ini cukup laris di pasaran dan banyak dicari wanita maupun pria yang ingin kulitnya tampak putih dan bersih. Sebenarnya, apa sih yang membuat sabun pepaya bisa mencerahkan kulit?

Buah pepaya sudah banyak diolah menjadi sabun mandi dan sabun pembersih wajah, bahkan berbagai produk perawatan kulit. Tidak hanya bikin cerah, sabun papaya juga dikatakan bisa mengangkat sel kulit mati dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Sabun Pepaya Bisa Bikin Kulit Cerah, Ketahui Alasannya - Alodokter

Bagaimana Sabun Pepaya Bisa Bikin Kulit Cerah

Manfaat sabun pepaya sebagai salah satu cara alami untuk memutihkan kulit diperoleh dari kandungan vitamin C yang banyak terdapat dalam buah pepaya. Jika digunakan secara rutin, vitamin C diketahui mampu mencerahkan kulit, termasuk yang mengalami hiperpigmentasi.

Tidak hanya vitamin C, pepaya juga kaya akan enzim papain yang bisa mempercepat pergantian sel kulit mati. Setelah sel kulit mati terangkat, noda yang ada di permukaan kulit bisa ikut memudar dan kulit pun tampak lebih cerah.

Nah, karena alasan-alasan inilah penggunaan sabun pepaya secara rutin dikatakan bisa membuat kulit jadi lebih cerah, lebih glowing, tampak lebih sehat, dan warna kulit pun jadi lebih rata.

Manfaat Sabun Pepaya Lainnya untuk Kesehatan Kulit

Selain membuat kulit tampak lebih cerah, masih ada manfaat sabun pepaya lainnya bagi kesehatan kulit, yaitu:

Melembapkan kulit

Sabun pepaya yang terbuat dari bahan alami dianggap lebih unggul dibandingkan sabun yang mengandung deterjen sintesis. Karena bahannya lebih ringan, penggunaaan sabun pepaya umumnya tidak menyebabkan kulit kering. Justru sebaliknya, sabun ini bisa membantu melembabkan kulit, lho.

Mengatasi jerawat

Sabun pepaya memiliki efek eksfoliasi yang akan membantu pengelupasan sel kulit mati. Efek ini akan mengurangi penyumbatan pori-pori dari sel kulit mati, sehingga bisa mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

Selain itu, enzim papain yang ada di dalam pepaya juga efektif untuk memecah keratin di kulit. Walaupun keratin memiliki manfaat bagi kulit, tetapi jika jumlahnya berlebihan dan sampai menumpuk, keratin bisa memicu munculnya jerawat.

Mengurangi kerutan

Buah pepaya kaya akan kandungan antioksidan, salah satunya adalah likopen. Kandungan ini merupakan senjata ampuh untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit, misalnya kerutan.

Nah, jika pepaya diolah menjadi sabun, manfaat yang sama juga bisa saja didapatkan. Meski begitu, efektivitas sabun pepaya untuk mengurangi kerutan masih harus diteliti lebih lanjut.

Jadi, sudah jelas ya, kalau penggunaan sabun pepaya memang bisa bikin kulit cerah sekaligus mengatasi beberapa masalah kulit. Namun, tidak semua orang cocok menggunakan sabun ini.

Bila kamu alergi terhadap lateks, sebaiknya hindari penggunaan sabun pepaya. Soalnya, sabun papaya bisa saja mengandung lateks yang berasal dari enzim papain. Jika terpapar bahan ini, orang yang alergi lateks dapat mengalami reaksi alergi, misalnya gatal dan kemerahan di kulit, atau bahkan sampai sulit bernapas.

Supaya aman, tidak ada salahnya melakukan tes alergi sederhana dengan mencoba sabun ini sedikit dulu di pergelangan tangan atau lipat siku, sebelum digunakan ke seluruh badan atau seluruh wajah.

Jika dalam 15–30 menit, muncul kemerahan, bengkak, atau gatal di kulit, jangan lanjutkan penggunaannya. Gejala tersebut menandakan kamu alergi terhadap bahan yang terkandung dalam sabun papaya.

Bila kamu sudah menggunakan sabun pepaya untuk membuat kulit cerah tetapi manfaatnya masih dirasa kurang, coba deh pertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perawatan kulit yang sesuai dengan masalah dan kondisi kulitmu.