Cara membuat wajah glowing tidak selalu mahal, lho. Wajah tampak sehat dan glowing juga bisa Anda wujudkan dengan berbagai perawatan menggunakan bahan-bahan alami yang terjangkau dan mudah ditemukan.

Kulit wajah tampak glowing diartikan sebagai kulit yang cerah, halus, kenyal, dan warnanya merata. Kondisi wajah ini bisa diperoleh melalui serangkaian perawatan kulit sehari-hari, baik menggunakan produk skincare tertentu maupun bahan-bahan alami di sekitar kita.

7 Cara Membuat Wajah Glowing dengan Bahan Alami - Alodokter

Penggunaan bahan alami sebagai produk perawatan wajah memang sedang marak belakangan ini. Meski efeknya tidak secepat metode perawatan kulit secara medis, bahan-bahan alami juga mampu membuat wajah Anda menjadi glowing.

Cara Membuat Wajah Glowing dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah berbagai cara membuat wajah glowing menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh:

1. Menggunakan toner mentimun

Selain dikonsumsi secara langsung, mentimun juga dapat dimanfaatkan sebagai toner atau pelembap wajah yang bisa membuat wajah tampak glowing. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid di dalamnya yang bersifat antioksidan.

Anda pun bisa membuat toner mentimun sendiri di rumah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Cuci mentimun hingga bersih.
  • Iris mentimun sebelum direbus selama 5–7 menit.
  • Haluskan rebusan mentimun menggunakan blender.
  • Saring menggunakan kain.

Air yang diperoleh setelah proses penyaringan merupakan toner mentimun yang bisa digunakan dalam rangkaian perawatan wajah Anda. Karena terbuat dari bahan alami dan tanpa pengawet, toner mentimun hanya dapat bertahan selama 3–4 hari.

2. Menggunakan gel lidah buaya

Lidah buaya diketahui mampu mengobati dan menenangkan kulit yang mengalami iritasi, melembapkan kulit, serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Gunakan gel lidah buaya setelah mencuci muka untuk mendapatkan tampilan wajah yang glowing.

Untuk mendapatkan gel lidah buaya alami, cuci dahulu daun lidah buaya dengan air mengalir. Selanjutnya, kupas kulit lidah buaya dan haluskan dagingnya yang berwarna bening menggunakan blender hingga berbusa dan cair.

Gel lidah buaya sudah siap digunakan untuk membuat wajah menjadi glowing. Layaknya mentimun, bahan ini juga tergolong alami. Anda tidak bisa menyimpannya terlalu lama dan hanya bisa bertahan selama 1 minggu.

3. Mengoleskan madu murni ke wajah

Madu murni bisa digunakan untuk proses eksfoliasi, yaitu pengelupasan sel kulit mati sehingga wajah tampak glowing dan bebas dari kusam.

Anda hanya perlu mengoleskan madu murni ke wajah setelah mencuci muka. Anda juga bisa mencampur madu dengan air agar tidak terlalu lengket. Diamkan selama 8–10 menit, kemudian bilas menggunakan air.

Karena madu bersifat eksfoliator, jangan lupa gunakan krim pelembap setelah Anda melakukan perawatan kulit dengan madu, ya.

4. Menggunakan masker pepaya

Tak hanya baik untuk pencernaan, pepaya juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Berbagai vitamin dan senyawa aktif di dalam pepaya berkhasiat untuk mengatasi jerawat, mengurangi kerutan, serta memudarkan melasma atau bercak gelap sehingga wajah tampak glowing.

Manfaat pepaya untuk kulit dapat diperoleh melalui masker pepaya yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya, haluskan buah pepaya dan oleskan ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama 10 menit. Selanjutnya, bilas hingga bersih.

5. Menggunakan masker alpukat

Alpukat berkhasiat dalam meningkatkan produksi kolagen, mengangkat sel kulit mati, dan meredakan peradangan sehingga menjadikan kulit sehat, halus, dan glowing. Beragam khasiat tersebut diperoleh dari kandungan asam lemak serta vitamin A dan vitamin E di dalam alpukat.

Anda dapat mengoleskan alpukat yang telah dihaluskan ke seluruh wajah. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan minyak alpukat dalam rangkaian skincare Anda.

6. Mengoleskan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin dan senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga minyak ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Minyak ini mampu juga mengatasi jerawat dan melembapkan wajah.

Anda dapat menggunakan minyak zaitun secara langsung ke kulit wajah sebagai masker wajah alami. Selain dalam bentuk minyak, manfaat buah zaitun juga bisa diperoleh dari sabun cuci muka, skincare, maupun kosmetik yang mengandung zaitun.

7. Menggunakan minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni atau yang lebih dikenal dengan virgin coconut oil (VCO) memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Minyak ini mampu menjaga kesehatan skin barrier, melembapkan kulit, dan menjadikannya tampak glowing.

Oleskan minyak kelapa ke seluruh wajah Anda sambil lakukan pijatan secara perlahan. Diamkan sesaat agar minyak meresap, kemudian bilas wajah dengan air.

Lakukan cara di atas untuk membuat wajah tampak glowing. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan dan menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, mencukupi kebutuhan air putih, serta tidur yang cukup.

Beberapa bahan alami mungkin dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut.

Anda cukup mengoleskan sedikit bahan alami ke area lengan. Apabila dalam beberapa saat timbul kemerahan, bentol, perih, atau gatal, segera cuci bersih area kulit dan hentikan penggunaan bahan alami tersebut.

Perlu diingat pula bahwa penggunaan bahan alami untuk menciptakan kulit wajah yang glowing tentunya memerlukan waktu tidak sebentar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan bahan alami di atas secara rutin, yaitu 2–3 kali setiap minggu.

Bila berbagai cara membuat wajah glowing di atas tidak efektif atau kondisi kulit justru memburuk, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran perawatan kulit yang tepat bagi masalah kulit Anda.