Eksfoliasi wajah secara rutin perlu dilakukan agar wajah terlihat lebih bersih dan cerah. Cara melakukan eksfoliasi wajah di rumah juga tidak sulit, karena selain memanfaatkan produk kecantikan yang bisa mengelupas kulit mati, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah.

Eksfoliasi wajah merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah.

Cara Mudah Melakukan Eksfoliasi Wajah di Rumah - Alodokter

Bahkan, eksofoliasi wajah juga bisa membantu penyerapan produk kecantikan yang kamu pakai lebih baik, sehingga hasil dari perawatan kulit yang kamu lakukan akan lebih maksimal.

Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah di Rumah

Tanpa perlu ke klinik kecantikan, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah. Namun, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari iritasi kulit. Ingin tahu apa saja hal penting yang perlu kamu perhatikan saat melakukan eksfoliasi wajah? Berikut di antaranya:

Menggunakan alat dan bahan eksfoliasi yang sesuai jenis kulit

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui metode eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu dapat melakukan eksfoliasi wajah secara manual atau memanfaatkan bahan kimia.

Eksfoliasi wajah secara manual bisa dilakukan dengan menggunakan waslap atau kain bersih yang lembut. Biasanya ekfoliasi wajah dengan cara ini direkomendasikan untuk orang yang memiliki kulit kering, sensitif, atau mudah berjerawat.

Sementara bila memiliki kulit berminyak, kamu bisa melakukan eksfoliasi menggunakan sikat khusus wajah yang lembut. Selain itu, kamu juga bisa melakukan eskfoliasi dengan memanfaatkan scrub wajah. Namun, lakukan secara hati-hati terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

Untuk eksfoliasi wajah dengan bahan kimia, orang yang memiliki kulit kering dan kombinasi bisa memanfaatkan produk kecantikan yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA). Bagi orang yang kulit wajahnya sensitif, sebaiknya gunakan produk yang mengandung beta hydroxy acids (BHA).

Sementara bagi orang yang kulitnya berminyak dan rentan berjerawat, gunakanlah produk yang mengandung retinoid, asam salisilat, atau asam glikolat. Namun, ingat, retinoid tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita hamil atau yang sedang menjalani program hamil.

Melakukan eksfoliasi dengan lembut

Jika kamu melakukan eksfoliasi wajah menggunakan scrub atau bahan kimia, oleskan ke wajah secukupnya. Kemudian, lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar secara perlahan dan lembut.

Bila menggunakan sikat atau waslap, usapan secara lembut dan membentuk garis-garis pendek secara merata. Lakukan scrubbing sekitar 30 detik, kemudian basuh dengan air hangat hingga bersih.

Melakukan eksfoliasi wajah secara berkala

Bagi yang memiliki kulit berminyak, eksfoliasi wajah bisa dilakukan lebih sering atau sekitar 3–5 kali seminggu. Bila tipe kulitmu adalah kombinasi dan sensitif atau kering, sebaiknya batasi tindak eksfoliasi wajah, yaitu tidak lebih dari 1–2 kali seminggu.

Kamu perlu untuk menunda melakukan eksfoliasi wajah jika terdapat luka terbuka atau luka bakar pada kulit wajah. Hindari pula menggunakan produk eksfoliasi untuk anggota tubuh lain ke wajah, karena formulasinya dirancang berbeda dan dapat memicu iritasi kulit.

Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Eksfoliasi wajah tidak harus selalu menggunakan produk perawatan wajah yang dijual di pasaran. Kamu juga bisa membuatnya sendiri, dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat, seperti gula pasir, kopi bubuk, madu, atau oatmeal.

Sebagai contoh, berikut adalah cara eksfoliasi wajah menggunakan gula pasir yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah:

  • Siapkan ½ cangkir gula pasir dan 2 sendok teh (sdt) minyak zaitun. Tuangkan kedua bahan ini ke mangkuk lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Setelah tercampur, oleskan scrub ini ke permukaan kulit wajah secara merata, lalu gosok secara lembut dan perlahan selama kurang lebih 3–4 menit.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan.
  • Akhiri dengan mengoleskan toner dan pelembap pada kulit wajah.

Nah, sebelum mengoleskan scrub eksfoliasi wajah ini ke kulit, pastikan tangan dan wajahmu sudah dalam kondisi bersih, ya.

Selain menggunakan bahan alami atau produk tertentu, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah dengan metode chemical peeling. Namun, jenis eksfoliasi ini hanya bisa dikerjakan oleh dokter estetika atau dokter spesialis kulit dan cenderung dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Untuk memiliki kulit wajah yang mulus dan cerah, kamu memang perlu rutin melakukan eksfoliasi wajah. Namun, jika kamu memiliki riwayat alergi atau kulit yang sensitif, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit terlebih dahulu mengenai produk dan cara eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi kulitmu, ya.