Likopen mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Zat ini tergolong sebagai senyawa karotenoid yang memberikan pigmen kuning, jingga, atau merah pada sayur dan buah. Di balik warnanya yang menarik, likopen juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.  

Likopen banyak terkandung pada sayuran dan buah-buahan berwarna, seperti tomat, jeruk bali, wortel, semangka, pepaya, dan jambu biji.

Kenali 5 Manfaat Likopen bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Likopen juga memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan kanker. Selain sayur dan buah, likopen bisa Anda peroleh dari konsumsi suplemen tertentu.

Manfaat Likopen untuk Kesehatan Tubuh

Likopen dalam buah dan sayur mengandung beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah kanker

Likopen termasuk golongan antioksidan kuat yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. Beberapa studi menunjukkan bahwa likopen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara.

2. Mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung likopen, baik dalam bentuk buah dan sayuran segar atau yang diolah menjadi jus dan salad, terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Inilah yang membuat likopen sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah. Likopen juga diketahui baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Menjaga kesehatan tulang

Selain vitamin D dan kalsium, asupan likopen juga penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Sifat antioksidan likopen dapat menangkal kerusakan sel pada jaringan tulang yang menyebabkan kerapuhan tulang. Likopen juga berperan dalam pembentukan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

4. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari

Jika Anda sering berada di luar ruangan, konsumsi makanan yang mengandung likopen sangat disarankan. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat mengurangi kemerahan pada kulit dan membantu proses penyembuhan kulit yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Meski demikian, likopen bukanlah pengganti tabir surya. Anda tetap dianjurkan untuk memakai tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan.

5. Memelihara kesehatan dan fungsi paru

Likopen merupakan zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel paru. Sejauh ini, beberapa riset menunjukkan bahwa likopen dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan bahkan mencegah kambuhnya gejala asma.

Likopen juga diketahui baik untuk mengurangi kerusakan paru-paru pada penderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Meski demikian, manfaat likopen ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Hingga saat ini, belum ada studi yang dapat memastikan efektivitas likopen sebagai pengobatan.

Selain kelima manfaat di atas, likopen juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan dan fungsi otak, seperti mencegah pikun dan meningkatkan daya konsentrasi.

Cara Aman Mengonsumsi Suplemen Likopen

Likopen yang tersedia dalam bentuk suplemen umumnya aman dikonsumsi. Saat hendak mengonsumsi suplemen likopen, pastikan Anda memahami terlebih dahulu petunjuk penggunaan dan gunakan sesuai rekomendasi yang tertera pada kemasan produk.

Walau umumnya aman dikonsumsi, suplemen likopen terkadang bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti diare, sakit perut, kembung, mual, dan muntah.

Selain itu, penggunaan suplemen likopen selama kehamilan juga sebaiknya dihindari, karena dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan berat badan lahir rendah.

Jadi, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum Anda mengonsumsi jenis suplemen apa pun agar dokter bisa menyesuaikan dosisnya sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Manfaat likopen bagi kesehatan tubuh tidaklah sedikit. Oleh karena itu, Anda bisa memasukkan buah dan sayur yang kaya akan kandungan likopen ke dalam menu makan sehari-hari. Jika ingin mengetahui lebih jauh seputar manfaat likopen, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gizi.