Ada beragam cara mengecilkan pipi tembem, mulai dari sering mengunyah permen karet, melakukan senam wajah, hingga melalui operasi plastik, seperti face lift atau sedot lemak. Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara mengecilkan pipi tembem tersebut? Yuk, simak ulasan berikut.

Pipi yang tembem memang memberikan kesan menggemaskan. Namun bagi sebagian orang, memiliki pipi yang bulat juga dapat menurunkan rasa percaya diri karena dianggap memberi kesan bahwa dirinya terlihat gemuk.

Ketahui Cara Mengecilkan Pipi Tembem di Sini - Alodokter

Pipi tembem dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor genetik, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang tidur, serta penumpukan cairan tubuh (edema) akibat penyakit tertentu.

Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami

Sebagian kaum hawa memilih untuk menggunakan pulasan make-up demi menyamarkan pipi tembem. Tapi selain itu, mengecilkan pipi juga bisa dilakukan melalui metode-metode di bawah ini:

1. Senam wajah

Cara mengecilkan pipi tembem yang pertama adalah dengan senam wajah. Senam wajah yang dilakukan secara rutin dipercaya bisa mengencangkan otot wajah, menyamarkan tanda penuaan, memperkuat otot wajah, serta membuat pipi tampak lebih tirus.

Cara melakukannya cukup mudah. Mulailah dengan melakukan gerakan mulut seperti sedang mengucapkan huruf ‘U’ atau ‘O’ selama beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan menarik dan menurunkan kedua sudut mulut. Ulangi gerakan-gerakan ini selama 20-30 menit.

Namun, cara mengecilkan pipi ini tidaklah instan hasilnya. Efek pengecilan pada pipi biasanya baru terlihat setelah rutin melakukan senam wajah selama minimal 3-4 minggu.

2. Mengunyah permen karet

Ada penelitian yang membenarkan klaim bahwa mengunyah permen karet bisa membantu mengecilkan pipi. Hal ini karena kebiasaan mengunyah permen karet dapat membuat otot-otot wajah dan pipi lebih kencang, sehingga pipi tampak lebih tirus.

3. Membatasi asupan gula dan garam

Pola makan yang banyak mengonsumsi gula dan garam dapat menyebabkan berat badan bertambah dan penumpukan air pada wajah, sehingga menjadikan wajah terlihat gemuk. Karena itu, penting untuk mengurangi makanan manis, produk olahan yang terbuat dari tepung, minuman bersoda, serta makanan cepat saji (fastfood).

Biasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat agar berat badan terkontrol, sehingga pipi dapat terlihat lebih kecil.

4. Tidur cukup

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara jumlah jam tidur dengan peningkatan berat badan.

Waktu tidur malam yang kurang dari lima jam sehari dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan karena kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan hormon yang merangsang nafsu makan.

Maka dari itu, upayakan untuk tidur cukup setiap hari agar berat badan dapat terkontrol dengan baik, energi pulih saat bangun pagi, dan wajah terlihat lebih segar.

5. Olahraga teratur

Setelah menjaga pola makan, lengkapi pola hidup Anda dengan rutin berolahraga. Setidaknya, sempatkan waktu untuk berjalan kaki selama minumal 20 menit tiap hari untuk membakar kalori berlebih di tubuh. Berkat rutin berolahraga, Anda bisa mendapati bentuk tubuh yang lebih ideal dan dan pipi pun menjadi lebih tirus.

6. Mengubah gaya rambut

Gaya rambut dapat memengaruhi tampilan wajah dan tubuh Anda. Tidak ada salahnya Anda menemui seorang penata rambut profesional untuk mendapatkan gaya rambut yang dapat menyamarkan bentuk pipi yang tembem.

Mengecilkan Pipi Tembem melalui Prosedur Medis

Selain dengan cara alami, mengecilkan pipi tembem bisa juga dilakukan melalui prosedur medis tertentu, seperti:

Facelift dan liposuction

Dalam prosedur bedah plastik facelift, dokter akan memotong dan membuang kulit dan lemak yang menggelambir di pipi. Selanjutnya pipi akan ditarik untuk diposisikan ulang. Sedangkan dalam prosedur sedot lemak (liposuction), dokter akan membuat sayatan kecil di pipi untuk memasukkan tabung kecil dan tipis yang terhubung ke alat penyedot lemak.

Prosedur ini dapat memberikan hasil yang permanen, akan tetapi membutuhkan waktu pemulihan. Lagi pula tidak semua orang cocok menjalani operasi plastik ini.

Tanam benang

Prosedur ini banyak digunakan untuk mengencangkan otot-otot wajah dan pipi. Selain untuk menyamarkan kerutan pada wajah, tanam benang juga dapat membuat pipi tampak lebih tirus. Prosedur ini tidak membutuhkan operasi dan obat bius bisa diberikan secara lokal pada wajah.

Akan tetapi, efeknya tidak permanen. Suatu studi menyebutkan bahwa bentuk wajah dapat kembali seperti sebelumnya setelah satu tahun menjalani prosedur tanam benang.

Pipi tembem sebetulnya bukanlah masalah yang besar jika Anda tetap merasa percaya diri. Namun jika Anda merasa terganggu dengan kondisi ini, cobalah untuk memprioritaskan cara mengecilkan pipi tembem secara alami.

Tapi ingat, untuk mengecilkan pipi tembem, Anda harus konsisten dan bersabar dalam melakukannya karena cara mengecilkan pipi tembem secara alami tersebut baru membuahkan hasil ketika dilakukan secara rutin selama beberapa minggu.

Jika Anda ingin melakukan prosedur medis untuk mengecilkan pipi tembem, jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Prosedur medis untuk mengecilkan pipi tembem ini harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik, dokter kulit, atau dokter estetik.