Menemukan posisi yang nyaman saat menyusui kadang memang tidak mudah, terutama bagi ibu baru. Namun, jangan sampai ini membuat Busui malas menyusui, ya. Soalnya, ASI yang Busui berikan ke Si kecil melalui proses menyusui mengandung nutrisi yang penting untuk tumbuh kembangnya.

Posisi yang tepat dan nyaman saat menyusui tidak hanya membuat proses menyusui jadi lebih menyenangkan, tapi juga akan membantu air susu ibu (ASI) lebih mudah keluar. Dengan begitu, kebutuhan ASI bayi dapat terpenuhi dengan baik dan risiko bayi kekurangan ASI dapat dihindari.

Ini Dia Posisi Nyaman Saat Menyusui yang Patut Dicoba - Alodokter

Pilihan Posisi yang Nyaman Saat Menyusui

Berikut ini adalah beberapa pilihan posisi nyaman saat menyusui yang patut Busui coba:

1. Posisi memangku 1

Posisi ini akan membuat Si Kecil dapat berbaring dengan nyaman di antara lekukan lengan saat menyusui. Guna menambah kenyamanan, Busui dianjurkan untuk mencari tempat duduk yang nyaman pula.

Kemudian, letakkan bantal atau alas yang empuk di pangkuan Busui. Setelah itu, letakkan Si Kecil di atas bantal tersebut dan topang kepalanya dengan lekukan lengan di sisi payudara yang akan disusui bayi.

2. Posisi memangku 2

Posisi ini sebenarnya hampir sama seperti di atas. Namun, ada sedikit perbedaannya, yaitu setelah meletakkan bayi di atas bantal yang ada di pangkuan Busui, di posisi ini Busui harus menggunakan kedua tangan dan lengan yang berlawanan dengan posisi kepala bayi untuk menopang kepalanya saat menyusui.

3. Posisi berbaring

Posisi ini juga termasuk posisi paling nyaman karena tidak mudah membuat Busui pegal. Caranya pun mudah, yaitu Busui cukup berbaring dengan posisi telentang dan punggung ditopang oleh bantal. Kemudian, letakkan Si Kecil di atas tubuh Busui.

4. Posisi berbaring miring

Jika posisi-posisi di atas dirasa agak melelahkan, Busui bisa juga kok mencoba posisi berbaring miring. Posisi ini dinilai dapat membantu Busui jadi lebih relaks dan tidak mengganggu Si Kecil yang tertidur saat disusui.

Untuk mencoba posisi ini, Busui cukup berbaring miring dan posisikan diri sejajar dengan Si Kecil. Kemudian, arahkan kepalanya ke arah payudara dengan sedikit meringkuk.

5. Posisi menyusui bayi kembar

Beberapa posisi menyusui di atas mungkin lebih nyaman dilakukan pada satu bayi saja. Namun, bila Busui memiliki bayi kembar, posisi menyusuinya pun butuh disesuaikan.

Salah satu posisi yang dapat dilakukan dengan mudah yaitu duduk dengan posisi yang nyaman, lalu letakkan bantal di pangkuan Busui. Kemudian, minta bantuan orang terdekat untuk meletakkan kedua bayi di atas bantal tersebut. Tempatkan Si Kecil pada masing-masing lengan Busui, lalu arahkan kepalanya ke payudara.

6. Posisi koala

Posisi ini mungkin dapat Busui coba ketika Si Kecil sudah cukup kuat untuk duduk. Caranya adalah dengan menempatkannya di pangkuan salah satu paha Busui dengan posisi duduk. Kemudian, hadapkan ia ke salah satu payudara. Topang bagian lehernya dengan lembut, agar ia merasa nyaman saat disusui.

Menerapkan posisi yang nyaman saat menyusui sangatlah penting. Namun, selain posisi menyusui, ada hal lain yang perlu juga diperhatikan, yaitu posisi bayi saat menyusu. Busui dianjurkan untuk menghindari posisi tubuh bayi membungkuk karena dapat menyebabkan masalah pada leher dan punggungnya.

ASI memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Bukan hanya itu, menyusui juga bermanfaat bagi sang ibu, lho. Sebuah studi menunjukkan bahwa memberikan ASI kepada bayi, baik dengan menyusui langsung maupun dengan memerah ASI, dapat menurunkan risiko terjadinya kanker payudara.

Oleh karena itu, jangan menyerah untuk menyusui meski mungkin terkadang cukup merepotkan, terutama bagi ibu baru. Cobalah beberapa posisi nyaman saat menyusui di atas, agar Busui dan Si Kecil bisa menikmati momen ini.

Namun, bila Busui masih merasa kesulitan tiap kali menyusui Si Kecil, jangan ragu untuk konsultasikan dengan konselor laktasi atau dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.