Persiapan persalinan tentunya harus dilakukan sejak jauh hari, termasuk dalam hal biaya. Bagi Anda dan pasangan yang ingin mengetahui biaya persalinan normal, simak daftar harga beberapa rumah sakit berikut ini.

Persalinan normal bisa dilakukan di klinik atau di rumah sakit. Namun, sebagian pasangan lebih memilih menjalani persalinan di rumah sakit. Alasannya, rumah sakit memiliki tenaga medis profesional dan peralatan lengkap, yang dapat membantu apabila terjadi komplikasi pada ibu atau bayi saat persalinan berlangsung.

Ini Informasi Biaya Persalinan Normal di Rumah Sakit - Alodokter

Jika Anda berencana untuk melahirkan normal di Indonesia, biasanya Anda akan menginap di rumah sakit sekitar 1-3 hari. Jika dibandingkan dengan operasi caesar, biaya persalinan normal umumnya lebih murah.

Lalu, berapa kisaran biaya persalinan normal di rumah sakit di Indonesia?

Biaya Persalinan Normal di Indonesia

Terdapat banyak pilihan rumah sakit di Indonesia yang dapat Anda pilih untuk bersalin, akan tetapi harga yang ditawarkan pun berbeda-beda. Biasanya, biaya persalinan normal meliputi biaya kamar yang Anda pilih, biaya dokter, serta biaya obat-obatan. Beda pilihan kamar, beda pula fasilitas yang diberikan rumah sakit kepada Anda yang akan melahirkan.

Meski Anda sangat menginginkan persalinan secara normal, namun Anda juga harus bersiap untuk mengeluarkan biaya tambahan, karena bisa saja dokter menyarankan untuk melahirkan secara operasi Caesar atau terdapat tindakan medis lain jika mengalami beberapa hal berikut ini:

Berikut biaya persalinan normal di beberapa rumah sakit di Indonesia, di antaranya:

  • Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi

Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi merupakan bagian dari grup Rumah Sakit Mitra Keluarga, yang terbentuk sejak tahun 1989 dan telah berhasil mengoperasikan 12 rumah sakit yang tersebar di beberapa kota. RS Mitra Keluarga Bekasi telah tersertifikasi oleh akreditasi KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) dengan peringkat paripurna. Biaya persalinan normal di rumah sakit ini berkisar dari 4 juta hingga 18 juta rupiah.

Alamat:

Jl. Jenderal Ahmad Yani, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144, Indonesia.

  • MRCC Siloam Hospitals Semanggi

Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospitals Semanggi merupakan pusat dari Grup Siloam Hospital. Selain terkenal sebagai rumah sakit swasta pertama di Indonesia yang khusus menangani pengobatan kanker, rumah sakit ini juga memiliki segala pelayanan untuk persalinan. Biaya persalinan normal di rumah sakit yang berada di Jakarta Pusat ini mulai dari 13 juta hingga 37 juta rupiah.

Alamat:

Jl. Garnisun Dalam, No. 2-3, Semanggi, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930, Indonesia.

  • Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk

Biaya persalinan normal di Grup Rumah Sakit Siloam berbeda-beda di tiap kotanya. Jika Anda berada di ibu kota, Anda bisa memilih melahirkan secara normal di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, yang terletak di Jakarta Barat. Di rumah sakit ini, biaya persalinan normal dimulai dengan harga 8 juta hingga 22 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk rawat inap selama 3 hari 2 malam, kunjungan dokter, ruang persalinan, laboratorium, Test OAE & ETG. Biaya berlaku untuk anak pertama dan kedua. Rumah Sakit Siloam yang tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia ini, juga telah mendapatkan sertifikasi ISO, akreditasi KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) dari Menteri Kesehatan RI, serta secara internasional oleh Joint Commission International (JCI).

Alamat:

Jl. Raya Perjuangan Kav. 8, Kebon Jeruk, RT.14/RW.10, Kebon Jeruk, RT.14/RW.10, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530, Indonesia.

  • Rumah Sakit Premier Jatinegara

Biaya persalinan normal di RS Premier Jatinegara dimulai dari 12 juta hingga 27 juta rupiah.

Alamat:

Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87, RT.10/RW.2, Bali Mester, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310, Indonesia.

  • Rumah Sakit SamMarie Basra

Rumah sakit yang telah beroperasi sejak tahun 2010 ini, merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan wanita dan anak terbaik di Indonesia, dengan mutu internasional. RS SamMarie Basra berfokus pada bidang fertilitas dan ginekologi.

Biaya persalinan normal di rumah sakit ini yakni sekitar 9 juta hingga 18 juta rupiah. Biaya tersebut belum termasuk kunjungan dokter, alkes dan perlengkapan lain-lain, laboratorium, tindakan penunjang medis, labu darah, dan administrasi.

Alamat:

Jl. Jenderal Basuki Rachmat No.31, RT.3/RW.2, Pondok Bambu, Duren Sawit, RT.3/RW.2, Pd. Bambu, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430, Indonesia.

  • Rumah Sakit Bedah Surabaya

Biaya persalinan normal di rumah sakit yang didirikan oleh sebagaian besar Dokter Spesialis Bedah yang tergabung dalam IKABI (Ikatan Ahli Bedah Indonesia) bersama partner swasta ini, berkisar mulai dari 7 hingga 35 juta rupiah. Harga tersebut tergantung dengan jenis kamar apa yang Anda pilih. Adapun pilihan kamar yang ditawarkan, yakni kelas 3, kelas 2, kelas 1, VIP, dan VVIP. Biaya tersebut sudah termasuk rawat inap selama 3 hari 2 malam.

Alamat:

Jl. Raya Manyar No.9, Menur Pumpungan, Sukolilo, Menur Pumpungan, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60284, Indonesia.

  • Rumah Sakit Premier Bintaro

Rumah sakit yang telah beroperasi sejak 12 Oktober 1998 ini menyediakan layanan untuk melahirkan secara normal. Biayanya berkisar 17 hingga 27 juta rupiah. Perbedaan biaya persalinan normal tersebut tergantung pada kelas kamar yang dipilih, yakni kelas 2, kelas 1, VIP, dan SVIP. Biaya tersebut sudah termasuk rawat inap selama 3 hari 2 malam. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya jasa asisten dokter jika diperlukan, melahirkan bayi kembar, dan tindakan kebidanan lainnya (seperti vacuum dan ILA). Perkiraan biaya persalinan ini bisa berbeda, tergantung dengan kebutuhan ibu dan bayi selama perawatan.

Alamat:

Jl. M.H. Thamrin Blok B3 No. 1, Sektor 7, Bintaro Jaya, Pondok Jaya, Pondok Aren, Tangerang, Banten 15224, Indonesia

Biaya Persalinan Normal di Luar Negeri

Jika Anda berencana untuk melahirkan di luar negeri, berikut ini adalah beberapa rumah sakit yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda:

  • Loh Guan Lye Hospital

Rumah sakit yang berlokasi di Pulau Penang, Malaysia ini memiliki biaya persalinan normal berkisar dari 6 juta hingga 12 juta rupiah.

  • Raffles Hospital

Rumah sakit ini berlokasi di Singapura. Biaya persalinan normal di Raffles Hospital berkisar antara 48 juta hingga 58 juta rupiah.

  • Bumrungrad International Hospital

Bumrungrad International Hospital berlokasi di Bangkok, Thailand, dan memiliki biaya persalinan normal mulai dari 35 juta rupiah.

Berbagai rumah sakit di atas dilengkapi dengan ruangan NICU (neonatal intensive care unit), yang diperlukan apabila bayi terlahir dengan kondisi tertentu, seperti lahir prematur, memiliki berat badan rendah, atau menunjukkan tanda-tanda gangguan kesehatan.

Umumnya, pemulihan pasca melahirkan normal membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3 hari, namun bisa lebih lama tergantung kondisi kesehatan Anda dan bayi.