Tubuh wanita secara alami dirancang untuk bisa melahirkan normal. Meski prosesnya cukup sulit dilalui, ada keuntungan tersendiri yang bisa kamu rasakan dari melakukan persalinan normal.

Banyak wanita hamil yang ingin melakukan proses persalinan normal saat melahirkan. Sayangnya, rasa sakit yang muncul ketika kontraksi kerap membuat mereka akhirnya urung melakukan hal ini. Padahal kontraksi adalah cara alami tubuh untuk memfasilitasi turunnya bayi ke jalan lahir dan keluar dari perut ibu.

Ini Nikmatnya Melahirkan Normal Bagi Seorang Ibu - Alodokter

Berbagai Keuntungan Melahirkan Normal

Hampir semua wanita yang pernah melahirkan secara normal setuju bahwa proses ini menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Namun di balik itu, ada berbagai kenikmatan yang hanya dapat dirasakan oleh ibu yang melahirkan normal, yaitu:

  • Proses penyembuhan setelah persalinan normal biasanya lebih cepat, sehingga pasien bisa diperbolehkan pulang lebih cepat pula
  • Tingkat infeksi pada persalinan normal lebih rendah ketimbang operasi caesar
  • Inisiasi menyusui dini (IMD) bisa dilakukan sesegera mungkin tanpa ada halangan peralatan operasi seperti pada persalinan operasi caesar
  • Munculnya rasa bangga setelah berhasil melakukan proses persalinan normal karena mampu mendorong bayi keluar dengan kekuatan tubuh sendiri.

Jika kamu khawatir terhadap luka robek saat persalinan, jangan khawatir. Jaringan vagina bersifat lunak dan fleksibel, sehingga meski terjadi robekan, umumnya masih dalam kategori ringan dan proses pemulihannya juga cepat.

Selain ibu yang melahirkan, bayi yang lahir secara normal pun juga mendapatkan keuntungan, misalnya menjadi lebih tahan terhadap berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pernapasan.

Tips Mempersiapkan Diri untuk Melahirkan Normal

Bila kamu memilih cara ini sebagai proses persalinanmu nanti, pastikan kamu siap dengan segala konsekuensi yang dihadapi, termasuk rasa sakitnya. Namun tak perlu terlalu khawatir, dengan persiapan dan dukungan yang tepat kamu pasti bisa lebih mudah melewatinya.

Untuk melakukan proses persalinan normal, kamu bisa memulainya dengan serangkaian persiapan melahirkan, seperti:

  • Rutin memeriksakan kehamilan ke dokter
  • Memahami kondisi kehamilanmu, serta mencari informasi mengenai rencana persalinan yang akan dijalani
  • Melakukan olahraga teratur, seperti senam hamil atau jalan kaki
  • Melakukan relaksasi atau meditasi untuk mengelola pikiran agar tetap tenang
  • Menjaga kesehatan tubuh, termasuk mengatur pola makan dan mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan
  • Meminta suami/ibu mendampingimu saat melahirkan agar kamu lebih semangat dalam menjalani proses persalinan

Selain itu, yang tak kalah penting juga adalah mempersiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan untuk persalinan nanti, mulai dari memilih tempat bersalin, mempersiapkan keuangan, pakaian, hingga transportasi.

Setelah mengetahui informasi di atas, kamu tidak perlu takut berlebihan lagi, ya! Apalagi jika memang dokter sudah menilai kondisi fisikmu sehat dan aman untuk melahirkan secara normal.

Dengan persiapan yang matang, serta bantuan peralatan dan tenaga medis yang memadai, persalinanmu bisa berjalan lancar. Bahkan, rasa sakit dan tidak nyaman selama persalinan normal juga bisa diminimalkan.

Jika masih ragu untuk melahirkan normal, kamu bisa konsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu mengenai risiko dan keuntungan dari masing-masing pilihan cara melahirkan.