Pentingnya quality time sering kali terlupakan, terutama ketika kesibukan sedang meningkat. Oleh karena itu, mari kita bahas bersama apa pentingnya quality time dan bagaimana cara memaksimalkannya, agar kegiatan ini benar-benar terasa manfaatnya bagi Anda dan orang terdekat.

Quality time adalah waktu yang Anda habiskan untuk memberikan perhatian penuh kepada orang-orang yang Anda sayangi, seperti pasangan, keluarga, atau sahabat, tanpa adanya gangguan dari hal lain pada saat yang bersamaan.

Ini Pentingnya Quality Time Bersama Orang Terdekat - Alodokter

Quality time bersama orang terdekat bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan traveling, berolahraga, memasak, atau sekadar menonton TV bersama di rumah. Intinya, yang terpenting dari quality time bukan jumlah waktu yang dihabiskan atau jenis kegiatan yang dilakukan, melainkan kualitas dari interaksi tersebut.

Pentingnya Quality Time Bersama Orang Terdekat

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa melakukan quality time bersama orang terdekat adalah hal yang sangat penting:

1. Menunjukkan kepedulian kepada orang terdekat

Kegiatan sehari-hari, seperti bekerja, bisa menyita banyak waktu Anda. Hal ini bisa menyebabkan berkurangnya interaksi dengan orang-orang terdekat, sehingga hubungan juga bisa merenggang.

Meluangkan waktu untuk quality time bersama orang-orang yang Anda cintai bisa menjadi cara yang baik untuk menunjukkan kepedulian, rasa sayang, dan dukungan Anda kepada mereka. Dengan begitu pun, hubungan Anda dengan orang-orang yang Anda sayangi akan tetap terjaga.

2. Mengurangi stres

Menghabiskan waktu yang berkualitas bersama orang terdekat atau support system Anda juga bisa menjadi cara untuk menangani stres. Gelak tawa dan perhatian yang Anda dapatkan selama quality time setidaknya bisa mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan atau masalah yang membuat stres.

Saat quality time, Anda juga bisa curhat atau bertukar pikiran mengenai hal-hal yang mungkin mengganggu pikiran Anda dan membuat Anda stres. Hal ini bisa membantu Anda meredakan beban pikiran dan mungkin menemukan solusi yang efektif terhadap masalah yang Anda hadapi.

3. Menjaga kesehatan mental

Melakukan quality time bersama orang-orang tersayang dapat menciptakan dukungan emosional yang kuat untuk membantu Anda melewati berbagai masalah dan tantangan dalam hidup.

Ini pada akhirnya bisa bermanfaat bagi kesehatan mental Anda dan menurunkan risiko Anda mengalami berbagai gangguan psikologis, seperti gangguan kecemasan dan depresi.

4. Meningkatkan kesehatan fisik

Ini juga merupakan salah satu pentingnya quality time yang sayangnya tidak banyak disadari. Quality time dengan aktivitas fisik, seperti berolahraga, mendaki gunung, atau berkebun bersama, bisa membantu meningkatkan kebugaran dengan cara yang tidak terasa terlalu melelahkan dibandingkan jika dilakukan sendiri.

Selain itu, rutin melakukan quality time juga dapat menimbulkan rasa kepemilikan akan orang-orang yang mencintai Anda. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hal ini secara tidak langsung akan membuat keputusan Anda akan pola hidup menjadi lebih sehat.

5. Memperpanjang usia harapan hidup

Memelihara hubungan yang sehat dengan quality time juga dikaitkan dengan usia harapan hidup yang lebih lama. Pasalnya, quality time bisa membuat hidup Anda lebih sehat dan bahagia.

Cara Memaksimalkan Quality Time Bersama Orang Terdekat

Setelah mengetahui pentingnya quality time bersama orang terdekat, sekarang mari kita bahas bagaimana cara memaksimalkan quality time agar manfaatnya bisa terasa secara optimal. Simak tipsnya di bawah ini:

  • Tetapkan jadwal rutin untuk quality time bersama orang yang Anda cintai, misalnya jadwal memasak makan malam bersama setiap hari Sabtu.
  • Rencanakan aktivitas yang akan dilakukan saat quality time, seperti menonton film, pergi ke pantai bersama, atau sekadar bermain monopoli bersama.
  • Gunakan waktu untuk quality time sebaik mungkin.
  • Jauhkan hal-hal yang mungkin bisa mengganggu quality time Anda bersama orang terdekat, seperti telepon genggam, tablet, atau laptop.

Quality time bisa memberikan manfaat yang lebih dari sekadar istirahat sejenak. Kegiatan yang sederhana ini bisa mengantarkan Anda dan keluarga ke hidup yang lebih berkualitas, baik itu dilihat dari sisi kesehatan mental maupun kesehatan fisik.

Cobalah terapkan tips di atas, sehingga pentingnya quality time bisa Anda rasakan dan dapatkan dengan maksimal. Namun, bila Anda memang mengalami kesulitan dalam mengelola hubungan yang sehat bersama orang-orang terdekat, jangan ragu untuk mengonsultasikan hal ini dengan psikolog.