Mempertahankan hubungan yang tidak sehat bisa membuat kesehatan fisik dan mentalmu terganggu. Oleh karena itu, kenali apa saja tanda hubungan tidak sehat yang sebaiknya diakhiri agar hidupmu dapat lebih bahagia.

Hubungan tidak sehat atau toxic relationship biasanya dipertahankan karena beberapa alasan, misalnya takut menjadi kesepian, sayang dengan hubungan yang telah dijalin lama, hingga yakin pasangan akan berubah seiring berjalannya waktu.

Ini Tanda-tanda Hubungan Kamu dan Pasangan Sebaiknya Putus - Alodokter

Hubungan tidak sehat ditandai dengan beberapa hal dan patut untuk dikenali, agar kamu tidak terjebak lama dihubungan yang tidak menguntungkan ini.

Mengenali Tanda Hubungan Sebaiknya Putus

Keputusan untuk mengakhiri hubungan atau putus dengan pasangan memang bukan hal yang mudah, apalagi jika kalian sudah menjalin hubungan yang lama. Namun, cobalah pertimbangkan untuk mengakhirinya jika dalam hubunganmu dengan pasangan telah terjadi hal-hal berikut:

1. Tidak merasa bahagia saat bersama pasangan

Salah satu tanda hubungan sebaiknya putus adalah kamu tidak merasa bahagia saat menghabiskan waktu bersama pasangan. Perasaan ini bisa muncul karena banyak hal, salah satunya karena kamu tidak bisa menjadi diri sendiri ketika bersamanya.

2. Kurangnya kepercayaan pasangan

Hubunganmu mungkin tidak perlu dilanjutkan lagi, jika kamu dan pasangan tidak saling percaya satu sama lain atau saling berbohong mengenai suatu hal. Pasalnya, kurangnya kepercayaan terhadap pasangan merupakan tanda dari hubungan yang tidak sehat.

3. Komunikasi yang buruk

Tanda hubungan sebaiknya putus berikutnya adalah komunikasi yang terjalin antara kamu dan pasangan sudah buruk. Contohnya adalah kalian sering bertengkar, pasangan kerap menutup diri saat membahas sesuatu, atau pasangan selalu menghindar ketika diajak berbicara.

4. Cemburu yang berlebihan

Cemburu merupakan perasaan yang wajar untuk dialami karena bisa menjadi bukti dari rasa kasih sayang. Namun, jika kecemburuan pasangan sudah membuatmu kehilangan privasi, membuatmu tidak bisa berhubungan dengan orang lain selain dirinya, kamu perlu untuk memikirkan kembali kelanjutan hubungan kalian.

Pasalnya, cemburu secara berlebihan bisa menjadi cerminan dari hubungan yang tidak sehat.

5. Sering mendapatkan tindak kekerasan atau pelecehan

Menjalin hubungan dengan orang yang sering menghina, mencibir, atau bahkan tidak menghargai kerja kerasmu, sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Apalagi, jika hal ini sudah berujung pada tindak kekerasan atau pelecehan, baik secara fisik maupun verbal.

6. Kamu yang selalu berkorban

Setiap hubungan memerlukan pengorbanan. Namun, jika kamu terus-terusan berkorban tanpa adanya balasan dari pasangan, kamu patut untuk mempertimbangkan kembali kelanjutan hubungan yang sedang dibina.

7. Adanya sikap manipulasi

Kelanjutan hubunganmu dan pasangan patut untuk dipertanyakan jika pasanganmu sudah bersikap manipulatif. Pasalnya, pasangan yang memiliki sikap manipulatif akan selalu mengeksplorasi atau mencari keuntungan dari hubungan yang dijalinnya tanpa memberikan hal sebaliknya.

Selain ketujuh tanda di atas, kamu juga perlu untuk melihat sisi baik dan sisi buruk hubunganmu dengan pasangan. Jika lebih banyak sisi burukya, mungkin sudah saatnya untuk mengakhiri hubungan yang sudah terjalin.

Kalau hatimu sudah yakin untuk putus, segera nyatakan kepada pasangan. Usahakan untuk mengungkapkannya secara langsung, jangan melalui telepon atau aplikasi online chatting.

Kemudian, lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia dan curahkan kesedihanmu dalam bentuk karya, seperti lagu atau tulisan, untuk membantumu segera move on setelah putus cinta.

Kamu juga bisa bercerita dan meluapkan perasaanmu kepada orang-orang terdekat. Jika kesedihan yang kamu rasakan berlarut-larut, apalagi sampai mengganggu aktivitasmu sehari-hari, jangan segan berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mendapatkan pertolongan dalam mengatasinya.