Minuman diet alami dapat menjadi pertimbangan untuk dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan. Tentunya konsumsi minuman diet alami ini juga harus dibarengi dengan melakukan olahraga secara teratur dan menjalani pola makan yang sehat.

Memiliki berat badan ideal merupakan impian bagi sebagian orang. Berbagai cara kerap dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, mulai dari mengonsumsi obat pelangsing, menjaga asupan makanan, olahraga teratur, hingga menjalani prosedur operasi, seperti operasi bariatrik.

Inilah 6 Deretan Minuman Diet Alami yang Patut Anda Coba - Alodokter

Selain cara-cara di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan dan mencapai berat badan ideal, yakni dengan mengonsumsi minuman diet alami.

Ragam Minuman Diet Alami

Berikut ini beberapa pilihan minuman diet alami yang bisa Anda coba di rumah:

1. Air putih

Air putih merupakan salah satu minuman diet alami yang dapat Anda konsumsi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa minum 500ml (2 gelas) air putih sebelum makan bermanfaat dalam membantu membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh pun akan terjaga.

Selain berfungsi sebagai minuman diet alami, air putih juga memiliki banyak manfaat lain, yaitu:

  • Mencegah dehidrasi
  • Membersihkan tubuh dari berbagai bakteri
  • Mencegah konstipasi
  • Melindungi organ dan jaringan tubuh
  • Melumasi sendi-sendi
  • Membantu membawa nutrisi dan oksigen ke berbagai jaringan tubuh

2. Teh hijau dan teh hitam

Teh hijau maupun teh hitam bisa dinikmati sebagai minuman diet alami. Teh hijau dan produk olahannya, seperti matcha, diketahui mengandung antioksidan katekin yang bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Selain itu, teh hijau juga mengandung polifenol yang diketahui bermanfaat dalam memecah lemak dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. Sama seperti teh hijau, teh hitam juga mengandung senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan.

3. Kopi

Minuman diet alami ini mengandung kafein yang dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Beberapa peneliti mengatakan bahwa kafein bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

4. Teh Jahe

Teh jahe juga dipercaya dapat menjadi minuman diet alami. Teh jahe mengandung gingerol yang diduga dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan tersebut dipercaya memberikan efek antiobesitas, sehingga mampu membantu sistem pencernaan untuk mencerna makanan lebih cepat dan menstabilkan gula darah.

5. Minuman tinggi protein

Minuman tinggi protein dapat membuat Anda kenyang lebih cepat. Protein dalam minuman diet ini dapat meningkatkan rasa kenyang dengan cara menaikkan hormon GLP-1 dan menurunkan hormon ghrelin, yakni hormon pendorong nafsu makan.

6. Jus sayuran

Sayuran bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya dibuat menjadi jus sayuran. Minuman diet alami ini dipercaya dapat membantu program penurunan berat badan berhasil, terutama jika dikombinasikan dengan asupan rendah kalori lainnya.

Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan adalah bayam, brokoli, bit, timun, dan seledri.

Selain mengonsumsi minuman diet alami, Anda juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat jika ingin memiliki berat badan ideal, seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, dan menghindari kebiasaan merokok.

Sebelum Anda mengonsumsi minuman diet alami untuk menurunkan berat badan, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter, terutama jika Anda mengalami kondisi medis tertentu. Dokter dapat memberikan saran mengenai makanan atau minuman diet alami yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.