Manfaat hyaluronic acid yang paling populer adalah mengurangi munculnya kerutan dan membuat kulit terlihat lebih sehat. Manfaat ini membuatnya menjadi “primadona” di dunia kecantikan. Namun, selain itu, masih ada beragam manfaat hyaluronic acid yang bisa kita peroleh.

Manfaat hyaluronic acid untuk kecantikan semakin populer karena banyak artis Korea yang menjadi muse produk kecantikan berbahan dasar hyaluronic acid.  Dalam iklan-iklan yang terpampang di berbagai media, tergambarkan bahwa hyaluronic acid mampu mengatasi beragam permasalahan kulit. Inilah yang akhirnya membuat banyak wanita tertarik untuk menggunakan dan merasakan manfaatnya secara langsung.

Inilah Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kecantikan Kulit - Alodokter

Beragam Manfaat Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat sebenarnya sudah diproduksi secara alami oleh tubuh, tak terkecuali di kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, kadar hyaluronic acid dapat berkurang. Hal ini membuat suplai tambahan hyaluronic acid dibutuhkan, baik itu melalui suplemen makanan maupun produk kecantikan.

Dari asupan tambahan tersebut, ada banyak manfaat hyaluronic acid bagi kulit yang bisa didapatkan, di antaranya:

1. Membuat kulit lebih sehat

Selain karena penuaan, paparan radiasi sinar matahari dan polusi udara juga bisa membuat kadar hyaluronic acid pada kulit berkurang.

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan atau sering terpapar udara perkotaan yang penuh polusi, konsumsi suplemen atau penggunaan produk berbahan hyaluronic acid diperlukan agar kesehatan kulit dapat lebih terjaga.

2. Melembapkan kulit

Hyaluronic acid memiliki kemampuan mengikat molekul air yang sangat baik. Dengan khasiatnya ini, ia dapat menambah dan mempertahankan kelembapan kulit. Oleh karena itu, hyaluronic acid sangat cocok untuk dijadikan pelembap kulit.

3. Mengurangi munculnya kerutan

Meski tidak dapat secara utuh menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, kelembapan ekstra yang mampu diberikan hyaluronic acid dapat meningkatan elastisitas dan membuat kulit menjadi lebih kencang. Dengan begitu, garis-garis kerutan akan tersamakan dan terlihat lebih halus.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat hyaluronic acid berikutnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini dapat diperoleh karena hyaluronic acid mampu mengendalikan peradangan di area kulit yang terluka dan merangsang pembentukan pembuluh darah untuk mendukung proses penyembuhan luka.

5. Membantu meregenerasi kulit

Hyaluronic acid mampu membantu regenerasi kulit atau proses pembentukan kulit baru yang lebih sehat. Tak heran, pelembap berbahan dasar hyaluronic acid kerap direkomendasikan setelah perawatan peeling wajah dan laser dilakukan.

Meski ada banyak manfaat hyaluronic acid untuk kulit yang bisa diambil, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakanannya. Pasalnya, ada sebagian orang yang sensitif terhadap hyaluronic acid dan mengalami iritasi kulit setelah mengoleskan produk kecantikan dengan bahan ini ke kulitnya.

Jika Anda mengalami iritasi setelah memakai produk yang mengandung hyaluronic acid, misalnya kulit kemerahan atau sensasi terbakar pada kulit, segera hentikan penggunaan dan bilas kulit dengan air mengalir. Jika iritasi tak kunjung membaik setelah beberapa hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.