Pelembap wajah yang bagus bisa membuat kuli t menjadi sehat, lembap, cerah, dan awet muda. Agar berbagai manfaatnya tersebut bisa diperoleh, pelembap wajah yang bagus harus disesuaikan dengan jenis kulit dan digunakan dengan rutin.

Pelembap wajah atau moisturizer adalah salah satu rangkaian skin care yang tidak boleh dilewatkan. Produk skincare ini bermanfaat untuk menjaga kulit wajah tetap lembap. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih sehat, lembut, dan halus. Menjaga kulit tetap lembap juga bisa menghambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Pelembab Wajah yang Bagus, Ketahui 6 Cara Memilihnya - Alodokter

Agar pelembap wajah bekerja dengan baik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti cara memilih pelembap wajah yang bagus dan cocok untuk kulit Anda serta cara pakainya.

Cara Memilih Pelembap Wajah yang Bagus

Pelembap wajah yang bagus perlu rutin digunakan agar kulit Anda tetap sehat dan tidak kering. Untuk menemukan produk pelembap wajah yang tepat untuk Anda, perhatikanlah beberapa hal berikut ini:

1. Sesuaikan sediaan pelembap dengan jenis kulit

Pelembap wajah yang bagus tersedia dalam bentuk krim, losion, dan gel. Sediaan yang berbeda ini dipengaruhi oleh kandungan air dan bahan dasar pelembap.

Untuk menentukan pelembap yang cocok untuk Anda, perhatikanlah jenis kulit wajah Anda dan sediaan pelembap. Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah pelembap berbentuk salep atau krim kental agar bisa memberikan kelembapan lebih lama di kulit.

Apabila Anda memiliki kulit normal, gunakanlah pelembap dengan sediaan krim atau gel. Sementara untuk kulit berminyak, pilihlah pelembap dengan bentuk losion atau gel yang bebas minyak atau berlabel noncomedogenic.

2. Perhatikan kandungan utamanya

Untuk memilih pelembap wajah yang bagus, Anda juga perlu memperhatikan bahan kandungan utamanya. Pilihlah pelembap yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin. Ketiga kandungan tersebut dapat memberikan kelembapan pada kulit dengan maksimal dan tahan lama.

Hyaluronic acid dapat menjaga kulit tetap lembap serta mengurangi tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Sementara itu, ceramide dan glycerin mampu mengunci kelembapan di dalam lapisan kulit, sehingga kulit menjadi lebih halus dan kenyal.

Namun, pada kulit wajah kering atau sensitif, penggunaan bahan asam yang berlebihan, seperti alpha-hydroxy acid, glycolic acid, retinoic acid, dan asam salisilat, justru bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, pemilik jenis kulit tersebut disarankan untuk memilih pelembap wajah yang bagus dengan kandungan yang bisa menenangkan kulit, misalnya niacinamide dan ceramide.

3. Pilih yang memiliki kandungan SPF

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari yang berlebihan bisa membuat keriput, bintik atau flek hitam lebih mudah muncul. Selain itu, sinar UV juga dapat merusak skin barrier.

Untuk mengurangi efek sinar UV tersebut, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit, termasuk pelembap, yang mengandung sun protection factor (SPF). Pilihlah produk sunscreen atau pelembap yang mengandung SPF minimal 30.

4. Pilih yang dilengkapi antioksidan

Antioksidan memiliki banyak manfaat bagi kulit, salah satunya menunda munculnya tanda penuaan. Untuk mendapatkan pelembap wajah yang bagus, pastikan ada kandungan antioksidan di dalamnya.

Selain menghambat tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus, kandungan antioksidan di dalam pelembap juga bisa meremajakan kulit, mencegah dan meredakan iritasi kulit, serta melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

5. Pilih yang minim kandungan minyak

Beberapa produk pelembap mengandung minyak untuk membantu menjaga kelempaban kulit, terutama pada kulit kering. Akan tetapi, jenis pelembap ini kurang cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Ini karena kandungan minyak bisa membuat pori-pori mudah tersumbat, sehingga rentan muncul jerawat dan komedo.

Oleh karena itu, untuk memilih pelembap wajah yang bagus, hindari produk yang banyak mengandung minyak, terutama jika Anda memiliki kulit wajah berminyak. Pilihlah pelembap yang memiliki label noncomedogenic.

6. Hindari kandungan pewarna dan pewangi

Bahan tambahan yang terdapat di dalam pelembap, contohnya pewarna dan pewangi, bisa mengiritasi kulit. Selain itu, pada orang dengan tipe kulit kering atau sensitif, bahan-bahan tambahan tersebut juga bisa menimbulkan gatal-gatal dan peradangan kulit.

Oleh karena itu, pilihlah pelembap wajah yang bagus tanpa kandungan pewarna dan parfum.

Cara Menggunakan Pelembap dengan Benar

Selain memilih produk yang cocok dengan jenis kulit, Anda juga perlu menggunakan produk skincare ini dengan rutin agar manfaatnya maksimal. Selain itu, ikuti pula cara menggunakan pelembap dengan benar.

Pelembap perlu digunakan saat kulit masih lembap, misalnya setelah mandi atau mencuci wajah. Setelah itu, oleskan pelembap secukupnya dengan gerakan melingkar ke seluruh bagian wajah dan leher.

Dalam rangkaian penggunaan skin care, pelembap digunakan setelah cleanser dan toner, tetapi sebelum sunscreen dan make up.

Pelembap wajah yang bagus wajib digunakan, apalagi jika Anda memiliki kulit kering atau sering berada di ruangan berpendingin. Dengan begitu, kulit Anda tetap terhidrasi.

Bila Anda memiliki masalah kulit tertentu atau ragu dalam memilih pelembap wajah yang bagus bagi kulit, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat memberikan saran mengenai jenis pelembap yang sesuai untuk Anda.