Akhir-akhir ini, ceramide menjadi salah satu kandungan di dalam produk skincare yang tengah diunggulkan. Pasalnya, bahan ini dinilai dapat memberikan segudang manfaat bagi kulit, khususnya dalam menjaga kelembapan kulit dan mencegah serta mengatasi kulit kering.

Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak yang secara alami terdapat di sel-sel kulit dan membentuk sekitar 50% lapisan kulit luar (epidermis). Meskipun diproduksi oleh tubuh, kualitas dan jumlah ceramide pada kulit bisa berkurang seiring bertambahnya usia.

Mengenal Ceramide Dalam Produk Skincare - Alodokter

Selain karena penuaan, paparan sinar matahari yang berlebihan dan polusi udara juga dapat mempercepat hilangnya ceramide. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan kadar ceramide di dalam kulit, Anda bisa menggunakan skincare yang mengandung ceramide.

Manfaat Kandungan Ceramide untuk Kulit

Skincare dengan kandungan ceramide tak hanya dapat menjaga kesehatan kulit, tapi juga meringankan gejala gangguan kulit, seperti kulit kering dan iritasi kulit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat ceramide yang terkandung pada beragam produk skincare:

1. Melembapkan kulit

Ceramide memiliki peran utama untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit serta mengatasi kulit kering. Kulit yang menua atau sering terpapar debu, sinar matahari, dan polusi, bisa menjadi lebih kering, gatal, memerah, dan bersisik. Hal tersebut tentu bisa mengganggu penampilan dan kenyamanan Anda.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan ceramide, baik dalam bentuk losion, pelembap, maupun serum.

2. Mencegah skin barrier dari kerusakan

Skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan sekaligus menjaga keseimbangan air pada kulit. Sebagai garda terdepan dalam melindungi kulit, skin barrier perlu dijaga kesehatannya dengan baik. Salah satu caranya adalah rutin memakai krim atau losion yang mengandung ceramide.

Kulit yang memiliki cukup kandungan ceramide umumnya akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, jerawat, perubahan warna, dan iritasi.

3. Mencegah penuaan dini

Banyak orang tentu ingin memiliki kulit yang awet muda dan sehat. Untuk mewujudkannya, Anda bisa coba rutin menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide.

Bahan ini mencegah dan mengurangi kerutan, serta mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit. Dengan demikian, kulit Anda pun bisa tampak lebih muda dan sehat.

4. Mengatasi gangguan kulit

Manfaat lain dari ceramide adalah meringankan gejala gangguan kulit, seperti kulit kering dan iritasi, akibat eksim atau psoriasis. Riset menyebutkan bahwa orang yang menderita penyakit kulit, seperti eksim atau psoriasis, memiliki lebih sedikit kandungan ceramide di dalam sel-sel kulitnya.

Jadi, untuk mengatasi masalah kulit kering akibat penyakit kulit tersebut, Anda bisa menggunakan pelembap atau serum yang mengandung ceramide.

Hingga saat ini, belum ada laporan terkait efek samping dari penggunaan skincare dengan kandungan ceramide. Bahan ini bahkan dinilai cocok digunakan pada semua jenis kulit, baik itu tipe kulit normal, berminyak, sensitif, atau tipe kulit kombinasi.

Meski demikian, agar lebih aman, Anda dianjurkan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu. Sebelum memakai krim atau serum yang mengandung ceramide, coba oleskan sedikit produk tersebut di lengan, kemudian tunggu hingga 24 jam.

Jika muncul reaksi alergi atau iritasi, seperti kemerahan, gatal, atau bentol, ini artinya Anda tidak cocok menggunakan produk tersebut. Sebaliknya, bila tidak mengalami efek samping apa pun, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung ceramide tersebut.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa memilih produk skincare yang mengandung campuran ceramide dengan bahan lain, seperti peptida, retinol, atau antioksidan. Namun, jika masih ragu dalam menentukan perawatan kulit yang tepat, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.