Ada beragam minuman sehat yang bisa kamu sajikan saat Lebaran, mulai dari infused water sampai es buah. Bukan hanya menyegarkan dan membuat suasana Lebaran semakin meriah, minuman-minuman ini juga mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, lho.

Lebaran identik dengan makanan bersantan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, kamu perlu menyeimbanginya dengan mengonsumsi minuman sehat, agar kondisimu tetap prima saat Lebaran nanti.

Intip Ide Minuman Sehat yang Cocok Disajikan Saat Lebaran - Alodokter

4 Ide Minuman Sehat Saat Lebaran

Berikut ini adalah beberapa pilihan minuman sehat yang bisa kamu sajikan saat Lebaran:

1. Infused water

Manfaat air putih untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain bisa menghidrasi tubuh, minum cukup air putih saat Lebaran juga bisa membantumu meningkatkan stamina. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah lelah dan bisa menikmati setiap momen Lebaran bersama sanak keluarga.

Namun, bila bosan dengan rasanya, kamu juga bisa membuat air putih menjadi Infused water dengan menambahkan irisan lemon, mentimun, jeruk, stroberi, atau beberapa helai daun mint agar rasanya lebih segar.

2. Jus buah dan smoothies

Apel dan jeruk merupakan buah yang cocok dijadikan jus atau smoothies saat Lebaran. Bukan hanya karena memiliki cita rasa yang menyegarkan, buah-buahan tersebut juga dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Apel mengandung pektin yang dapat meningkatkan produksi air liur. Dengan produksi air liur yang meningkat, ini bermanfaat untuk membersihkan mulut dan mengatasi bau mulut yang bisa saja muncul akibat mengonsumsi makanan bersantan atau berlemak tinggi.

Sementara, jeruk mengandung kalium yang cukup banyak. Kalium berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Makanan asin, berlemak, dan tinggi kolesterol yang umum dihidangkan saat Lebaran bisa saja menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Agar manfaat jus dan smoothies ini bisa didapatkan secara maksimal, kamu dianjurkan untuk membuatnya sendiri di rumah tanpa menambahkan gula atau susu kental manis. Hindari membeli jus atau smoothies kemasan, karena umumnya sudah diberikan pemanis tambahan.

3. Air kelapa

Air kelapa bisa dikonsumsi oleh siapa saja karena rendah kalori serta bebas lemak dan kolesterol. Ditambah lagi air kelapa juga mengandung sejumlah elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, magnesium, dan natrium.

Menyajikan air kelapa saat Lebaran bisa memberikan beragam manfaat kesehatan, di antaranya membantu menghidrasi tubuh, meningkatkan stamina, dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, seperti asap rokok.

4. Es buah

Es buah bisa jadi minuman sehat yang cocok disajikan saat Lebaran. Namun, untuk membuat es buah yang sehat, pastikan kamu hanya menggunakan buah-buahan segar yang sudah dicuci sampai bersih.

Sebisa mungkin hindari menambahkan gula dan susu kental manis ke es buah yang kamu buat. Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan madu secukupnya. Kamu juga bisa menambahkan air kelapa atau yoghurt agar es buah buatanmu memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dan rasa yang lebih segar.

Membuat minuman sehat untuk memeriahkan momen Lebaran tidak sulit, kok. Tetapi, bila kamu memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi minuman tersebut.