Mastitis merupakan salah satu keluhan yang cukup umum dialami ibu menyusui dan tentu bisa menghambat proses menyusui. Sebenarnya, cara mencegah mastitis pada ibu menyusui ada banyak dan relatif mudah dilakukan. Kalau Busui mau tahu apa saja caranya, simak di artikel ini, ya.

Mastitis merupakan istilah untuk radang payudara. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat kelenjar atau saluran ASI tersumbat. Radang payudara dapat ditandai dari munculnya gejala, seperti kemerahan, nyeri, dan benjolan di payudara.

Ini Cara Mencegah Mastitis pada Ibu Menyusui - Alodokter

Jika sumbatan yang terjadi disertai dengan infeksi, maka kondisi ini bisa berlanjut menjadi abses payudara. Meski biasanya hanya menyerang salah satu payudara, tetapi tidak menutup kemungkinan kondisi ini terjadi pada kedua payudara.

Berbagai Cara Mencegah Mastitis pada Ibu Menyusui

Untuk mencegah terjadinya mastitis, ada beberapa cara yang bisa Busui lakukan, yaitu:

1. Rutin memompa ASI

Memompa dan memerah ASI secara berkala merupakan cara sederhana namun penting untuk mencegah mastitis. Ini karena dengan rutin memompa ASI, risiko terjadinya sumbatan pada saluran air susu pun akan menurun.

Untuk memompa ASI, Busui bisa menggunakan pompa manual ataupun elektrik. Namun, sebelum proses memompa dimulai, pastikan Busui telah mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan yang bersih akan mengurangi risiko masuknya kuman ke payudara dan ASI yang akan dikonsumsi Si Kecil.

2. Lakukan pijatan payudara

Sebelum menyusui atau memompa ASI, Busui bisa melakukan pijatan payudara. Selain dapat mencegah mastitis, pijatan payudara juga bisa mengurangi rasa nyeri akibat penumpukan ASI yang belum dan meningkatkan produksi ASI.

3. Hindari penggunaan baju dan bra yang terlalu ketat

Penggunaan baju dan bra yang terlalu ketat merupakan salah satu pemicu mastitis. Pasalnya, baju dan bra yang ketat dapat menyebabkan ASI terbendung atau tertahan dan memberi tekanan pada payudara. Hal ini pada akhirnya bisa membuat payudara meradang.

Jadi, untuk mencegah terjadinya mastitis sekaligus memberikan rasa nyaman selama menyusui, sebaiknya gunakan baju dan bra yang agak longgar serta terbuat dari bahan yang nyaman, seperti katun.

4. Kosongkan payudara secara maksimal saat menyusui

Saat memompa ASI atau menyusui secara langsung, Busui perlu mengosongkan ASI pada masing-masing payudara secara maksimal. Pastikan agar payudara yang satu sudah terasa kosong terlebih dahulu sebelum menggantinya ke payudara yang lain.

Selain menurunkan risiko mastitis, cara ini juga bisa membuat aliran ASI lebih lancar dan meningkatkan produksi ASI.

5. Jalani pola hidup sehat

Stres dan lelah yang tidak diimbangi dengan pola hidup sehat bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan, termasuk mastitis.

Oleh karena itu, agar terhindar dari mastitis, Busui dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum air putih yang cukup, mencukupi waktu istirahat, dan rutin berolahraga.

Lakukanlah cara mencegah mastitis pada ibu menyusui di atas agar proses menyusui tetap lancar dan terasa nyaman. Jika Busui mengalami mastitis, sebagai penanganan awal, Busui bisa mengompres payudara dengan kain yang dibasahi air hangat dan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol.

Bila kondisi ini tidak segera membaik, segera konsultasikan ke dokter atau konselor laktasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.