Jangan Cemaskan Berat Badan Bayi Normal, Semua Ada Patokannya

Jangan langsung cemas dengan kondisi bayi Anda yang tampak lebih besar atau lebih kecil dibandingkan teman sebayanya karena mungkin saja bayi Anda masih berada dalam kisaran berat badan bayi normal jika dibandingkan dengan tinggi badannya.

Pada beberapa hari pertama setelah lahir, bayi dapat mengalami penurunan berat badan dan hal ini bisa dianggap sebagai kondisi normal. Dua minggu setelah kelahiran, berat badan bayi akan kembali seperti pada saat lahir, bahkan lebih dari itu. Yang paling penting adalah menjaga agar berat badan si bayi tetap naik. Hal ini menunjukkan kalau si bayi sehat dan mendapat asupan nutrisi yang cukup.

berat badan bayi normal - alodokter

Berat Badan Bayi Normal Sesuai Usia

Berat badan bayi normal akan berubah seiring pertambahan usia. Berikut ini berat badan bayi ideal disesuaikan dengan usianya.

  • Bayi baru lahir (1-4 minggu), sebagian besar bayi akan mengalami penurunan berat badan beberapa ons setelah lahir. Setelah itu, beratnya akan kembali naik menjelang usia dua minggu.
  • Bayi usia satu bulan. Mulai usia ini hingga enam bulan, tinggi bayi akan bertambah sekitar 2,5 cm per bulan dan berat badan meningkat 140-200 gram per minggu. Berat badan akan terus bertambah selama pola dan kebiasaan makan bayi berlangsung baik.
  • Usia dua bulan, berat badan bayi terus bertambah tiap minggu. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter anak mengenai cara pemberian makan, terutama jika berat badan bayi Anda tidak bertambah dengan semestinya.
  • Usia tiga bulan, pertambahan berat bayi sedikit berkurang, yaitu hanya sekitar 113 gram per minggu. Hal ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan hingga bayi berusia tujuh bulan.
  • Usia empat bulan, kenaikan berat badan bayi masih sama dengan bulan-bulan sebelumnya.
  • Usia lima bulan, berat badan bayi normal adalah dua kali berat badan ketika baru lahir. Periksakan bayi Anda kepada dokter untuk memastikan berat badannya berada di kisaran ideal sesuai usia. Jika ternyata di bawah standar, Anda dapat berkonsultasi mengenai penyebabnya serta solusi yang terbaik.
  • Usia enam bulan, tinggi badan bayi akan bertambah sekitar 1 cm dan berat badan meningkat sebanyak 85-140 gram. Disarankan untuk mulai mempertimbangkan pemberian MPASI setelah bayi berusia enam bulan.
  • Usia tujuh bulan, berat badan bayi akan bertambah sekitar 900 gram tiap bulan. Anda disarankan untuk lebih memantau berat badan bayi pada masa Jika kenaikannya kurang dari 900 gram atau lebih dari 2,7 kg per bulan, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter anak untuk mencari tahu penyebabnya.
  • Usia delapan bulan, berat badan bayi seharusnya bertambah sehingga akan menjadi tiga kali lipat berat badan lahir ketika dia berumur 1 tahun.
  • Usia sembilan bulan, berikan makanan selingan di antara waktu makan pagi dan makan siang, serta di antara makan siang dan makan malam untuk menjaga pertambahan berat badan bayi .
  • Usia 10 bulan, berat badan bayi akan sedikit melambat karena aktivitasnya sudah mulai banyak. Di umur ini bayi sudah mulai bisa merangkak dan berdiri dengan bantuan perabot di sekitarnya. Kedua hal ini akan membakar banyak kalori si bayi
  • Usia 11 dan 12 bulan, harapan terbaik berat badan bayi pada usia ini adalah tiga kali lipat dari berat ketika lahir.

Sebagai orang tua yang peka dan sigap dengan kondisi anak, sewajarnya Anda kadang kala mencemaskan berapa berat badan bayi normal.  Meski begitu, Anda tidak perlu panik karena semua ada patokan kisaran berat badan. Jika masih bingung, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter anak untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci mengenai dampak dari berat badan bayi tidak normal terhadap pertumbuhannya.