Mengonsumsi buah-buahan saat hamil, seperti stroberi, sangatlah dianjurkan. Selain memiliki rasa yang lezat, buah stroberi juga mengandung manfaat luar biasa bagi ibu hamil dan janinnya, lho. Mau tahu apa saja manfaat buah stroberi untuk ibu hamil? Simak penjelasannya berikut ini.

Buah stroberi mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil dan janin, meliputi karbohidrat, vitamin C, antioksidan, serat, gula, kalium, kalsium, magnesium, dan asam folat. Oleh karena itu, buah ini sangat cocok dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil.

Jangan Dilewatkan, Ini 8 Manfaat Buah Stroberi untuk Ibu Hamil - Alodokter

Daftar Manfaat Buah Stroberi untuk Ibu Hamil

Buah yang memiliki nama latin Fragaria ananassa ini bisa dikonsumsi langsung oleh Bumil atau diolah menjadi beragam makanan dan minuman, seperti jus atau smoothies, salad buah, es krim, pancake, kue, hingga jelly.

Manfaat yang bisa Bumil dapatkan dari mengonsumsi buah stroberi antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Saat hamil, imunitas tubuh akan cenderung menurun, sehingga Bumil rentan mengalami beragam infeksi penyakit. Nah, vitamin C dan antioksidan yang terkandung pada buah stroberi mampu meningkatkan kekuatan sel imun dan menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit pada ibu hamil.

2. Mencegah janin cacat

Asam folat (vitamin B9) sangat dibutuhkan tubuh selama kehamilan, sebab vitamin ini berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan normal. Dengan rutin mengonsumsi buah stroberi segar setiap hari, Bumil bisa terhindar dari risiko janin cacat dan terjadinya keguguran.

3. Mencegah anemia

Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia atau kurang darah, lantaran banyaknya sel darah merah yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele karena dapat menimbulkan bahaya pada ibu hamil dan janin jika dibiarkan.

Bahaya yang bisa terjadi antara lain meningkatnya risiko kelahiran prematur, berat badan bayi lahir rendah, dan depresi pascamelahirkan.

Untuk mengatasinya, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti stroberi, sayuran berdaun hijau, daging, dan telur. Selain itu, Bumil juga harus rutin mengonsumsi vitamin prenatal sesuai anjuran dokter.

4. Sumber energi

Seiring bertambahnya usia janin, berat badannya pun akan bertambah. Membawa kehamilan yang beratnya terus bertambah tentu bisa menguras tenaga Bumil dan menyebabkan Bumil mudah kelelahan.

Pada kondisi seperti ini, stroberi dapat berperan sebagai sumber energi karena mengandung banyak karbohidrat dan gula. Bumil bisa mencampur stroberi dengan sumber energi dan nutrisi lainnya, misalnya pisang, kacang-kacangan, oatmeal,  dan ubi.

5. Menurunkan tekanan darah

Sebagian ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi saat hamil. Tekanan darah yang terus meningkat selama kehamilan ini harus segera diatasi, karena bila tidak, Bumil berisiko tinggi mengalami preeklamsia.

Kandungan kalium pada buah stroberi dipercaya mampu membantu menurunkan tekanan darah ibu hamil. Selain itu, kalium juga berperan penting untuk mengatasi kram kaki yang sering dialami oleh ibu hamil.

6. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat stroberi lainnya adalah mampu mengendalikan kadar gula darah. Stroberi cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang menderita diabetes gestasional, sebab buah berwarna merah ini dapat memperlambat penyerapan gula di usus dan mengurangi terjadinya lonjakan insulin setelah Bumil makan makanan berkarbohidrat tinggi.

7. Menghidrasi saat hamil

Ibu hamil rentan mengalami dehidrasi karena di masa ini kebutuhan cairan meningkat. Selain dengan rutin minum air putih, mengonsumsi buah stroberi setiap hari pun bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan saat hamil. Nyatanya, 90% buah ini adalah air sehingga sangat menyegarkan ketika dikonsumsi.

8. Mengatasi sembelit

Sembelit saat hamil adalah keluhan umum yang sering terjadi. Untuk mengatasinya, Bumil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah stroberi, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta gandum utuh.

Itulah sederet manfaat buah stroberi untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan. Namun, selain buah stroberi, Bumil pun harus mengonsumsi beragam makanan sehat lainnya, seperti sayur-sayuran, beragam jenis buah, kacang-kacangan, serta sumber lemak dan protein.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa alergi stroberi bisa terjadi. Keluhan yang timbul antara lain gatal-gatal, muncul ruam kemerahan di kulit, hingga sesak napas. Jika Bumil mengalami gejala tersebut setelah makan buah stroberi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.