Sakit tenggorokan pada bayi bisa membuatnya mudah menangis dan tidak mau menyusu ataupun makan. Untuk meringankan sakitnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa Bunda lakukan di rumah.

Sakit tenggorokan pada bayi dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman di tenggorokan ketika ia menelan, sehingga bayi jadi malas makan dan minum susu.

Jangan Khawatir Bunda, Sakit Tenggorokan pada Bayi Bisa Diatasi dengan Cara Ini - Alodokter

Umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, misalnya pada flu, dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 10 hari. Namun, kadang sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bakteri dan perlu diobati dengan antibiotik dari dokter.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Bayi

Untuk meredakan nyeri yang dirasakan Si Kecil akibat sakit tenggorokan, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan di rumah, yaitu:

1. Cukupi asupan cairan Si Kecil

Saat mengalami sakit tenggorokan, bayi biasanya jadi enggan untuk minum karena tenggorokannya tidak nyaman. Oleh karena itu, Bunda harus memastikan Si Kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

Bila usia Si Kecil masih di bawah 6 bulan, berikan ia ASI atau susu formula sesering mungkin. Bila usianya sudah di atas 6 bulan, Bunda boleh memberikan Si Kecil air putih. Untuk membuat tenggorokan nyaman, Bunda bisa memberikan minuman yang hangat, namun jangan terlalu panas.

Pemberian madu memang dipercaya dapat meringankan sakit tenggorokan. Namun, madu tidak dianjurkan untuk bayi berusia di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.

2. Gunakan humidifier di kamar

Udara yang kering bisa membuat kulit, hidung, dan tenggorokan ikut kering. Ini akan membuat tenggorokan yang sedang sakit jadi makin tidak nyaman. Agar udara di kamar Si Kecil tetap lembap, Bunda bisa menggunakan humidifier atau alat pelembab udara, terutama bila kamar Si Kecil menggunakan AC.

Penggunaan alat pelembap udara ini dipercaya mampu meringankan sakit tenggorokan dan mempercepat penyembuhannya. Namun, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan alat ini ya, Bunda.

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi Si Kecil

Bayi yang sakit tenggorokan biasanya akan menolak untuk minum susu atau makan. Padahal, saat sedang sakit, bayi justru membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk cepat sembuh.

Jadi, usahakan agar Si Kecil tetap mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan. Bila Si Kecil sudah makan MPASI, berikan makanan hangat yang bertekstur lembut, seperti bubur, agar lebih mudah ditelan dan nyaman di tenggorokan. Hindari memberikan makanan yang asam dan berbumbu menyengat atau pedas.

4. Berikan perhatian ekstra

Usahakan Bunda selalu ada untuk Si Kecil ketika ia sedang sakit. Bila perlu, sering-seringlah menggendongnya agar ia merasa nyaman dan bisa beristirahat. Berada di dekat Bunda dan mendengar suara Bunda dapat membuat Si Kecil lebih tenang.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meringankan sakit tenggorokan pada bayi. Meski begitu, Bunda tetap perlu memeriksakan Si Kecil ke dokter, karena bisa saja penyebabnya adalah bakteri yang dapat menimbulkan komplikasi berat, seperti kesulitan bernapas.

Segera bawa Si Kecil ke dokter bila ia demam atau tidak mau minum sama sekali. Bila tidak cepat ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan Si Kecil mengalami dehidrasi yang juga dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya.