Handphone (HP) kini menjadi alat komunikasi yang penting bagi semua orang, tak terkecuali bagi anak-anak. Meski begitu, orang tua tentu harus bijak mengenai kapan sebaiknya memberi HP untuk anak. Hal ini karena selain memberi manfaat, penggunaan HP juga bisa menimbulkan efek negatif.

Di masa tingginya mobilitas seperti sekarang, memberi HP untuk anak bagaikan pedang bermata dua, bisa menguntungkan, bisa juga merugikan. Di satu sisi, HP dibutuhkan agar anak selalu dapat berkomunikasi dengan orang tuanya ketika sedang tidak bersama.

Ini Waktu yang Tepat Memberi HP untuk Anak - Alodokter

Namun, di sisi lain, anak juga dapat mengakses banyak media, mulai dari musik, film, game, hingga saluran televisi melalui handphone. Tanpa pengawasan yang benar, hal ini bisa memberi dampak negatif terhadap perkembangan anak.

Memperhatikan Kematangan dan Kebutuhan Anak

Sebenarnya tidak ada aturan mengenai patokan usia memberikan HP untuk anak. Hal ini karena usia tidak selalu dapat menunjukkan kematangan anak untuk bertanggung jawab dalam menggunakan HP.

Dari banyaknya perbedaan karakter dan kebiasaan masing-masing anak, ada beberapa tanda yang bisa Bunda jadikan pertimbangan dalam memberikan HP untuk anak, antara lain:

  • Anak sudah dapat bertanggung jawab dan bisa dipercaya mengurus barang-barang miliknya.
  • Anak sudah bisa memahami dan mengikuti peraturan.
  • Anak sudah mampu menilai sisi positif dan negatif dari berbagai aspek, serta memiliki pendapat akan berbagai hal dan bisa diajak berdiskusi.
  • Anak memiliki pemahaman bahwa HP memiliki fungsi yang perlu digunakan secara tepat dan bertanggung jawab.

Di samping menilai kesiapan anak, Bunda juga perlu mempertimbangkan seberapa pentingkah HP diberikan? Ada kalanya HP untuk anak memang diperlukan, misalnya jika anak pulang pergi sekolah menggunakan transportasi umum.

Anak yang memiliki masalah kesehatan tertentu juga mungkin lebih membutuhkan HP, agar ia dapat menghubungi dan dapat dihubungi sewaktu-waktu. Demikian pula anak yang tinggal jauh dari orang tua.

Hal-hal yang Perlu Disepakati Sebelum Memberi HP untuk Anak

Sebelum memberikan HP untuk anak, ada beberapa hal yang mesti Bunda dan Ayah bicarakan dan sepakati dengan Si Kecil untuk menghindari efek negatif yang bisa timbul, di antaranya:

  • Jelaskan pada anak bahwa ia belum boleh menggunakan media sosial sebelum berusia 13 tahun. Jika usianya sudah cukup, berikan aturan terkait hal-hal yang tidak diperbolehkan saat menggunakan media sosial, seperti mengumbar kebencian terhadap orang lain.
  • Berikan kejelasan atau batasan mengenai kegunaan utama HP untuk anak, misalnya untuk memanggil sarana transportasi daring saat pulang sekolah.
  • Tentukan batasan waktu penggunaan HP harian, agar anak tidak sampai kecanduan gadget atau menghabiskan waktunya untuk bermain HP.
  • Batasi pulsa bulanan. Sesuaikan jumlah pulsa dengan kegunaan utama HP untuk anak.
  • Jelaskan mengenai tidak baiknya akses internet berbau pornografi dan pertemanan tidak sehat di dunia maya, karena 2 unsur ini sangat membahayakan kesehatan fisik dan mental anak.
  • Jelaskan mengenai bahaya radiasi HP dan aturan-aturan yang harus dipatuhi untuk mengurangi efek radiasi.
  • Bila perlu, batasi kemampuan HP, misalnya dengan tidak memberikan paket internet, sehingga HP hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat dan menelepon.

Setelah itu, diskusikan juga dengan anak mengenai konsekuensi yang harus diterima jika ia tidak mematuhi kesepakatan ini. Seiring bertambahnya usia Si Kecil, Bunda dan Ayah bisa membuat kesepakatan baru yang lebih longgar untuknya. Ini juga penting agar anak memiliki rasa tanggung jawab dan merasa dipercaya.

Nah, lantas apakah Si Kecil sudah siap memiliki HP? Silakan dipertimbangkan dengan baik ya, Bunda dan Ayah. Ingat juga, setelah memberikan HP untuk anak, Bunda dan Ayah juga perlu memberikan contoh yang baik dalam menggunakan HP secara bijak, ya.