Ini Ciri-Ciri Kecanduan Gadget dan Tips Menanggulanginya

Kecanduan gadget sudah menimpa hampir semua orang. Seseorang yang memegang gadget dalam tiap kesempatan sudah menjadi pemandangan biasa. Entah seseorang tersebut baru saja terbangun dari tidur, sedang mengemudi, sedang berjalan, atau bahkan pada saat-saat yang seharusnya hanya dihabiskan bersama pasangan.

Dengan gadget, kegiatan seseorang menjadi lebih mudah. Banyak urusan dapat diselesaikan hanya dengan satu benda bernama smartphone. Namun sayangnya di sisi yang lain, benda yang satu ini justru berisiko membahayakan. Sebab nyatanya, banyak orang yang menggunakannya pada saat-saat dia membutuhkan konsentrasi penuh, seperti ketika sedang mengoperasikan kendaraan. Sebagai akibatnya, terjadi kecelakaan. Ironis, bukan?

kecanduan gadget - alodokter

Nomophobia, Salah Satu Ciri-ciri Kecanduan Gadget

Ada istilah yang disebut nomophobia (no mobile phobia), yaitu kekhawatiran terhadap aktivitas sehari-hari tanpa melibatkan smartphone. Anda dapat mengukur tingkat kecanduan Anda terhadap gadget dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Jika jawabannya lebih banyak “ya”, maka Anda dapat dikatakan kecanduan gadget.

  • Apakah Anda sering merasa tidak nyaman jika gadget tidak bersama Anda?
  • Apakah Anda merasa keberatan atau enggan jika tidak memegang gadget, meskipun hanya sebentar?
  • Apakah Anda sering menggunakan gadget di waktu makan?
  • Apakah Anda terkadang-kadang memeriksa status gadget di tengah malam?
  • Apakah Anda lebih sering berinteraksi dengan gadget Anda daripada berinteraksi dengan orang lain?
  • Apakah Anda menghabiskan banyak waktu untuk membuat cuitan di Twitter, membalas status-status di Facebook, atau mengirim surel menggunakan gadget sebagai bentuk komunikasi kepada orang lain?
  • Apakah Anda lebih sering bermain gadget padahal Anda tahu seharusnya Anda melakukan sesuatu yang lebih produktif?
  • Apakah Anda berkencenderungan untuk menggunakan gadget, padahal di saat yang bersamaan sedang dihadapkan kepada sibuknya pekerjaan di kantor?

Dari jawaban-jawaban Anda dari pertanyaan di atas, cobalah untuk mencari tahu tingkatan diri sendiri terhadap rasa kecanduan gadget.

Efek Samping Kecanduan Gadget

Siapa pun yang mengalami kecanduan gadget dapat mengalami berbagai efek samping, tidak peduli usia dan profesi. Ada beberapa efek samping yang mungkin muncul, misalnya:

Efek penurunan fungsi organ

Kondisi ini ditandai dengan dampak secara langsung pada:

  • Mata, seperti mata lelah, kualitas penglihatan memudar, dan ketegangan pada mata. Selain itu, mata bisa terasa gatal dan panas.
  • Sakit leher karena terlalu lama menatap layar gadget.
  • Terjadi kecelakaan karena menurunnya daya konsentrasi akibat membagi perhatian dengan gadget.

Efek psikologis, meliputi:

Masalah utama dalam hal ini dikaitkan dengan menurunnya kualitas tidur. Salah satunya adalah mengalami insomnia akibat menggunakan ponsel sebelum tidur. Dampak psikologis selain itu dapat berupa:

  • Karena menunda-nunda waktu tidur akibat menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan ponsel, maka yang terjadi adalah meningkatnya gangguan tidur dan kelelahan.
  • Kualitas tidur menurun karena efek paparan cahaya terang dari ponsel.

Tips Mengurangi Ketergantungan terhadap Gadget

Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan terlalu banyak menggunakan gadget.

  • Tidak menggunakan gadget ketika sedang berjalan, apalagi mengoperasikan kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Utamakan keselamatan dan lupakan gadget Setidaknya yang bisa dilakukan adalah menghentikan kendaraan untuk melihat berita yang muncul pada gadget untuk mengantisipasi adanya kabar penting.
  • Atur waktu penggunaan gadget, khususnya dalam hal membatasi kesempatan penggunaannya. Misalnya, siang hari setelah pekerjaan selesai (menjelang makan siang). Batasi juga penggunaannya, misalnya hanya maksimal tiga jam.
  • Tidak menggunakan gadget ketika sedang makan malam bersama, pada acara keluarga, dan saat liburan bersama. Utamakan bentuk komunikasi secara langsung agar Anda dan keluarga dapat menikmati kebersamaan dan menjalin kedekatan.
  • Tentukan area bebas Hindari menggunakannya ketika berada di kamar mandi, dapur, dan kamar tidur.

Tips-tips di atas juga dapat diterapkan kepada anak Anda yang sudah beranjak remaja atau anggota keluarga yang lain.

Biasanya, seseorang yang sudah kecanduan gadget akan merasa bahwa makin sering menggunakannya, maka intensitas keinginan untuk memeriksa gadget menjadi makin tinggi juga. Karenanya, jika Anda mengalami hal semacam ini, ada baiknya untuk mendisiplinkan diri sendiri dan segera mengurangi kebiasaan terlalu banyak menggunakan alat elektronik ini. Tujuannya tidak lain, selain demi menjaga kesehatan dan keselamatan.