Merasa kesepian dan terisolasi ternyata tidak hanya bisa berdampak buruk pada kesehatan mentalmu lho, tapi juga kesehatan fisik. Oleh sebab itu, jika kamu sering mengalaminya, lebih baik segera lakukan penanganan agar kondisi ini tidak memburuk dan menimbulkan masalah kesehatan serius.

Penelitian menemukan bahwa perasaan kesepian dan terisolasi memiliki dampak buruk pada kesehatan yang setara dengan obesitas. Semakin lama seseorang merasa terganggu karena kesepian, maka semakin buruk pula dampaknya bagi kesehatan.

Jangan Anggap Sepele! Ini Efek Kesepian pada Kesehatan - Alodokter

Beragam Efek Kesepian bagi Kesehatan

Kesepian sebaiknya tidak dianggap remeh, karena bisa menimbulkan beragam dampak buruk pada kesehatan, seperti:

1. Menurunkan kualitas tidur

Perasaan tidak nyaman karena kesepian bisa membuatmu sulit tidur. Jika terus-menerus terjadi, ini bisa membuatmu mengalami insomnia yang tentu dapat mengganggu waktu dan kualitas tidurmu. Lama-kelamaan, hal ini akan mengganggu produktivitasmu bahkan merusak kesehatanmu.

2. Melemahnya daya tahan tubuh

Ketika merasa kesepian, kamu mungkin jadi abai dengan kesehatan, seperti tidak menjaga pola makan. Ditambah lagi, kamu jadi sering begadang dan kualitas tidur menurun. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan daya tahan tubuhmu melemah, sehingga kamu jadi rentan terkena penyakit.

3. Menurunnya fungsi otak

Penelitian menemukan, rasa kesepian yang dibiarkan berlarut-larut dapat meningkatkan risiko terjadinya demensia dan gangguan kognitif lainnya, seperti menurunnya kemampuan berkonsentrasi dan membuat keputusan.

4. Menimbulkan kecemasan

Perasaan sepi dan sendiri bisa membuatmu jadi sungkan atau ragu untuk berinteraksi dengan orang lain. Alhasil, kamu pun bisa jadi jarang bercanda atau bahkan sekadar mengobrol dengan orang lain.

Merasa sendiri dan kesepian dalam waktu yang cukup lama tentu bisa menyebabkan kesehatan mental terganggu, termasuk membuatmu berisiko mengalami gangguan kecemasan.

5. Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Seseorang yang mengalami stres karena pekerjaan cenderung berisiko mengalami penyakit kardiovaskular. Nah, kesepian pun dikatakan memiliki dampak serupa. Menurut penelitian, kesepian yang berlarut-larut diyakini mampu meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

6. Meningkatkan risiko kanker

Risiko terjadinya kanker sering dikaitkan dengan sejumlah faktor, termasuk faktor psikososial, seperti stres, dukungan sosial yang rendah, dan depresi. Depresi itu sendiri bisa dipicu oleh berbagai hal, termasuk salah satunya adalah rasa kesepian.

Tips agar Tidak Merasa Kesepian

Agar kamu terindar dari berbagai dampak buruk di atas, yuk coba cara berikut ini untuk mengusir rasa kesepian yang mungkin kamu alami:

  • Biasakan menyapa orang yang ada di lingkunganmu, seperti tetangga atau orang lain yang kamu kenal.
  • Eksplorasi hobi dan aktivitas yang kamu sukai, bisa berupa membersihkan rumah, berkebun, olahraga, atau mengembangkan keterampilan baru.
  • Gabunglah ke suatu komunitas atau cobalah jadi sukarelawan di acara tertentu, agar kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dan membangun pertemanan.
  • Temukan support system, seperti sahabat, keluarga, atau pasangan untuk berbagi perasaan dan pikiran.

Kesepian bisa dialami oleh siapa saja. Agar terhindar dari efek kesepian yang bisa mengganggu kondisi kesehatanmu, kamu bisa menerapkan tips-tips yang telah dijelaskan di atas.

Namun, jika cara-cara tersebut tidak berhasil dan rasa kesepian yang kamu alami tidak juga membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikiater supaya bisa diberikan solusi terbaik.