Trombosit tinggi adalah kondisi ketika jumlah trombosit di dalam tubuh melebihi jumlah normal. Pada orang dewasa, batasan normal jumlah trombosit adalah 150.000–400.000 per miktroliter darah. Trombosit tinggi bisa disebabkan beragam hal, dan bila terlalu banyak, trombosit bisa menyebabkan penggumpalan darah.

Trombosit merupakan sel darah yang berperan dalam proses pembekuan darah. Peran trombosit amatlah penting, terutama untuk menghentikan perdarahan ketika terjadi luka atau pecahnya pembuluh darah di dalam tubuh.

Kenali Berbagai Penyebab Trombosit Tinggi - Alodokter

Akan tetapi, jika jumlah trombosit terlalu tinggi (trombositosis), dapat terjadi pembekuan atau penggumpalan darah secara berlebihan.

Gumpalan darah tersebut dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah pada organ-organ penting, seperti otak, jantung, dan paru-paru. Kondisi ini bisa memicu terjadinya penyakit yang berbahaya, seperti stroke, penyakit jantung, dan emboli paru.

Kondisi yang Dapat Menyebabkan Trombosit Tinggi

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan trombosit tinggi:

1. Kerusakan jaringan

Kerusakan jaringan tubuh dapat memicu peningkatan jumlah trombosit. Kerusakan jaringan tersebut bisa diakibatkan oleh luka, cedera, atau kondisi pascaoperasi.

Trombosit tinggi akibat kondisi ini adalah hal yang normal terjadi karena sebagai mekanisme alami tubuh untuk mencegah perdarahan fatal dan membantu tubuh untuk pulih dari kerusakan.

2. Kehilangan darah

Saat tubuh terluka dan berdarah, sumsum tulang akan memberikan respons dengan menghasilkan lebih banyak sel darah merah dan trombosit. Trombosit akan tinggi selama beberapa waktu guna menghentikan pendarahan tersebut, kemudian menurun dan jumlahnya kembali normal saat pendarahan sudah berhenti.

3. Infeksi

Infeksi merupakan salah satu hal yang sering menyebabkan peningkatan jumlah trombosit. Peningkatan jumlah trombosit ini diduga karena pengaruh hormon sitokin yang berperan sebagai bagian dari pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Umumnya, kondisi ini tidak menimbulkan gejala dan jumlah trombosit akan kembali normal setelah infeksi ditangani dengan baik.

4. Peradangan

Sama halnya dengan infeksi, peradangan juga dapat menyebabkan jumlah trombosit mengalami kenaikan. Hal ini bisa terjadi pada penderita penyakit akibat peradangan tertentu, misalnya rheumatoid arthritis dan penyakit radang usus.

5. Kanker

Kanker dapat menyebabkan jumlah trombosit tinggi dengan cara menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitar dan mempengaruhi respons sistem kekebalan tubuh dalam merangsang sumsum tulang untuk memproduksi trombosit.

6. Kelainan sumsum tulang

Jumlah trombosit tinggi dapat terjadi karena adanya kelainan atau penyakit sumsum tulang yang merangsang pembentukan trombosit secara berlebih di sumsum tulang, seperti penyakit mieloproliferatif, leukemia atau kanker darah, dan myelodysplastic syndrome (MDS).

7. Faktor genetik

Peningkatkan jumlah trombosit juga dapat disebabkan oleh kelainan genetik yang membuat sumsum tulang memproduksi terlalu banyak trombosit. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut primary thrombocythemia atau trombositemia primer.

8. Efek samping obat tertentu

Tingginya jumlah trombosit terkadang juga bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu, misalnya kortikosteroid dan rituximab. Umumnya, efek samping ini hanya bersifat sementara dan trombosit akan kembali normal ketika penggunaan obat dihentikan.

Obat-obatan tersebut biasanya juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi penurunan jumlah trombosit akibat Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP).

Trombosit tinggi sering kali tidak bergejala dan baru terdeteksi ketika Anda menjalani pemeriksaan kesehatan. Namun, pada kasus tertentu, trombosit tinggi bisa juga menimbulkan beberapa gejala, seperti sakit kepala, nyeri dada, pusing, lemah, sering memar, sesak napas, serta mati rasa atau kesemutan di bagian kaki atau tangan.

Untuk mengevaluasi jumlah trombosit, periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menyarankan pemeriksaan penunjang berupa tes darah lengkap. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Anda memiliki jumlah trombosit tinggi, dokter akan memberikan penanganan sesuai penyebabnya.