Definisi dan perbedaan panseksual dengan biseksual sering kali kurang diperhatikan. Meski umumnya dianggap sama, kedua jenis orientasi seksual ini sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Untuk mengenal lebih jelas mengenai perbedaan panseksual dan biseksual, simak ulasan berikut ini.

Definisi panseksual dan biseksual memang mirip. Kedua istilah ini sama-sama diartikan sebagai jenis orientasi seksual yang menggambarkan ketertarikan seseorang terhadap lebih dari satu gender. Lalu, apa sebenarnya yang membedakan panseksual dengan biseksual?

Kenali Definisi dan Perbedaan Panseksual dengan Biseksual - Alodokter

Macam-Macam Gender

Sebelum membahas soal definisi biseksual dan panseksual beserta perbedaan di antara keduanya, mari kita kenali dulu macam-macam gender.

Faktanya, saat ini gender sudah tidak tepat digunakan untuk menggambarkan jenis kelamin biologis, yaitu pria dan wanita. Ada gender nonbiner yang tidak teridentifikasi sebagai pria maupun wanita, di antaranya adalah:

  • Bigender, yaitu seseorang yang memiliki 2 identitas gender (pria atau wanita), baik secara bersamaan maupun tidak
  • Agender, yaitu seseorang yang tidak mendeklarasikan gendernya sebagai pria atau wanita
  • Transgender, yaitu seseorang yang identitas gendernya berbeda dari jenis kelamin biologisnya
  • Genderfluid, yaitu seseorang yang mengubah-ubah gendernya seiring berjalannya waktu

Definisi Biseksual

Kata “bi” dalam biseksual berarti “dua”. Artinya, orang dengan orientasi seksual ini memiliki ketertarikan terhadap dua jenis kelamin, baik yang berbeda dengannya maupun yang sama. Sebagai contoh, istilah biseksual bisa berlaku pada:

  • Seorang wanita yang tertarik secara seksual atau emosional kepada pria sekaligus wanita
  • Seorang pria yang tertarik secara seksual atau emosional kepada wanita sekaligus pria

Dalam contoh di atas, biseksual memandang gender hanya terbagi menjadi dua jenis (biner), yaitu laki-laki dan perempuan. Meski begitu, ada yang juga yang menganggap bahwa biseksual adalah orang yang menyukai dua gender, termasuk gender nonbiner.

Definisi Panseksual

Secara harfiah, kata awal “pan“ pada panseksual berarti “semua”. Jadi, panseksual adalah istilah untuk menggambarkan seseorang yang bisa tertarik secara seksual maupun emosional kepada semua gender.

Biasanya, seorang panseksual bisa tertarik atau jatuh cinta kepada orang lain tanpa memandang jenis kelamin biologis atau orientasi seksual mereka, melainkan berdasarkan kepribadian, kemampuan, atau penampilan fisiknya. Jadi, seseorang bisa dikatakan panseksual apabila:

  • Seorang wanita tertarik pada pria yang memiliki kepiawaian dalam berbicara di depan umum, tapi kemudian juga bisa tertarik dengan wanita, transgender, dan bigender yang memiliki kemampuan yang sama.
  • Seorang pria tertarik pada wanita yang berwajah cantik dan berambut panjang, tapi kemudian juga bisa tertarik dengan seorang transgender yang juga cantik dan berambut panjang, atau pria yang wajahnya tampak feminin.

Berdasarkan definisi di atas, dapat dilihat bahwa ada perbedaan antara panseksual dan biseksual yang mendasar. Panseksual tidak menggantungkan preferensi seksualnya terhadap gender seseorang, sementara biseksual masih memiliki preferensi berdasarkan gender.

Dalam kenyataannya, seseorang bisa saja merasa dirinya biseksual, kemudian berganti jadi panseksual atau mungkin orientasi seksual lainnya. Hal ini terkadang bisa menimbulkan rasa tertekan atau stres.

Jika Anda mengenal seseorang yang mengalami kebingungan terhadap identitas atau orientasi seksualnya, atau mungkin Anda sendiri mengalaminya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog guna mendapatkan saran atau terapi jika memang diperlukan.