Acai berry merupakan salah satu jenis buah berry yang berwarna hitam keunguan. Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Meski ukurannya kecil, acai berry disebut-sebut sebagai superfood yang kaya akan kandungan nutrisi.

Salah satu studi menunjukkan bahwa buah acai berry memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan jenis buah berry lainnya, seperti strawberry, raspberry, dan blueberry.

Kenali Ragam Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan - Alodokter

Berbagai Manfaat Acai Berry 

Manfaat acai berry sudah dikenal lama. Orang-orang asli Brazil sering menggunakan acai berry untuk menyembuhkan masalah kulit, meredakan demam, hingga meredakan nyeri haid. Tapi tidak hanya itu, ada beragam manfaat acai berry lain yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Menangkal radikal bebas

Buah acai berry memiliki kandungan antosianin yang tinggi, yaitu pewarna alami pada buah yang juga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan berperan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Menurunkan kolesterol jahat

Beberapa studi menyebutkan bahwa mengonsumsi acai berry dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini karena acai berry mengandung sterol, yaitu senyawa mampu mencegah penyerapan kolesterol.

Meningkatkan fungsi otak

Senyawa alami dalam tumbuhan acai berry dinilai mampu menangkal kerusakan otak seiring bertambahnya usia. Tidak hanya itu, antioksidan dalam buah acai berry diyakini mampu menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak dan menyebabkan penurunan daya ingat.

Selain untuk menjaga kesehatan, acai berry juga sering digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan produk kecantikan, seperti sabun, sampo, krim wajah, dan krim kulit.

Pro dan Kontra di Balik Manfaat Acai Berry

Meskipun ada banyak penelitian yang mengklaim bahwa acai berry memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, namun hasilnya belum dapat dipastikan.

Salah satu contohnya adalah klaim bahwa acai berry dapat digunakan untuk menurunkan berat badan, baik dengan dikonsumsi langsung atau dijadikan suplemen. Hal ini sebenarnya masih belum jelas dan perlu diteliti lebih lanjut, untuk memastikan efektivitas, cara kerja, serta batas keamanannya.

Untuk menurunkan berat badan, diperlukan diet atau pola makan yang sehat dan tidak disarankan hanya mengandalkan satu jenis makanan saja.

Ada berbagai manfaat acai berry bagi kesehatan dan Anda dapat mengonsumsinya untuk melengkapi asupan nutrisi sehari-hari. Meski begitu, tidak disarankan untuk menggunakan buah ini sebagai pengganti obat-obatan, tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter. Apalagi jika Anda memiliki kondisi medis khusus.