Flek cokelat sebelum haid merupakan hal yang umum dialami oleh hampir setiap wanita. Meski demikian, kondisi ini sebaiknya tidak dianggap sepele, karena keluarnya flek cokelat juga bisa disebabkan oleh kondisi atau penyakit tertentu.

Flek cokelat atau bercak darah biasanya muncul pada awal atau akhir siklus menstruasi. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi dan tidak berbahaya.

Kenali 5 Penyebab Munculnya Flek Cokelat Sebelum Haid - Alodokter

Namun, jika flek cokelat keluar secara terus-menerus dan disertai dengan gejala lain, hal ini bisa menjadi tanda dari kondisi medis tertentu.

Penyebab Flek Cokelat Sebelum Haid

Ada beberapa penyebab munculnya flek cokelat sebelum haid, di antaranya:

1. Stres

Stres bisa membuat kadar hormon di dalam tubuh terganggu, termasuk hormon yang memengaruhi siklus haid. Hal ini dapat menyebabkan munculnya flek cokelat sebelum memasuki periode haid.

2. Kehamilan

Flek cokelat sebelum haid juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Umumnya, flek cokelat keluar pada trimester pertama kehamilan dan paling sering terjadi saat usia kehamilan 6–7 minggu.

Namun, jika munculnya flek cokelat disertai dengan kram perut atau darah yang keluar lebih banyak dari menstruasi pada umumnya, hal tersebut bisa menjadi tanda terjadinya keguguran.

3. Perimenopause

Flek cokelat sebelum haid juga dapat muncul pada masa transisi menuju menopause, yaitu sekitar usia 40 tahun ke atas. Hal ini dapat terjadi karena penurunan jumlah hormon estrogen yang turut memengaruhi siklus menstruasi.

4. Efek samping alat kontrasepsi

Konsumsi pil KB juga diketahui dapat memicu munculnya flek cokelat yang tidak teratur. Selain pil KB, alat kontrasepsi lain yang juga dapat memicu munculnya flek cokelat adalah IUD atau KB spiral.

5. Infeksi

Infeksi pada organ kewanitaan, seperti penyakit menular seksual, infeksi jamur, atau infeksi HPV, bisa menyebabkan munculnya flek cokelat sebelum haid.

Tak hanya itu, biasanya kondisi-kondisi tersebut juga disertai dengan gejala lain,  seperti gatal atau nyeri pada vagina, nyeri setelah berhubungan seksual, dan muncul bau tidak sedap dari vagina.

Hal yang Perlu Diwaspadai dari Munculnya Flek Cokelat Sebelum Haid

Meski bukan merupakan kondisi yang membahayakan tubuh, tetapi ada baiknya bila Anda memeriksakan diri ke dokter bila mengalami flek cokelat sebelum haid. Terlebih, jika kondisi tersebut disertai dengan gejala lain, seperti perih atau gatal serta terjadi perdarahan setelah berhubungan intim.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko munculnya flek cokelat sebelum haid, di antaranya:

  • Menjaga berat badan
  • Menghindari stres
  • Mengganti alat kontrasepsi atau konsumsi pil KB sesuai anjuran
  • Melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin

Selain itu, Anda juga bisa mencatat setiap kali flek cokelat sebelum haid tersebut muncul. Perhatikan juga jika ada gejala lain yang menyertai kehadiran flek tersebut atau adanya perubahan warna dari flek.

Jika terdapat keluhan lain yang menyertai munculnya flek cokelat sebelum haid, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar dapat ditentukan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.