Pada dasarnya, cara mengobati cacingan pada orang dewasa bukanlah perkara sulit. Ada berbagai pilihan pengobatan yang bisa Anda coba, baik itu dengan bahan alami maupun obat-obatan.

Cacingan merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya cacing parasit yang menginfeksi tubuh. Orang dengan penyakit cacingan sudah seharusnya mendapatkan pengobatan. Hal ini penting karena jika infeksi cacingan dibiarkan terlalu lama bisa timbul komplikasi yang akan memperburuk kondisi kesehatan.

Ketahui Cara Mengobati Cacingan pada Orang Dewasa - Alodokter

Cara Mengobati Cacingan dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dipercaya bisa membantu mengobati cacingan pada orang dewasa:

Bawang putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa zat antiparasit yang terkandung dalam bawang putih mampu membasmi telur cacing, sekaligus mencegah cacing parasit bertelur lebih banyak dalam tubuh.

Cara mengobati cacingan menggunakan bawang putih bisa dengan mengonsumsi irisan bawang putih mentah secara langsung atau mencampurnya ke makanan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencampur parutan bawang putih dengan petroleum jelly untuk dioleskan pada anus yang gatal karena telur cacing.

Minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi beragam penyakit, dan salah satunya adalah infeksi cacing. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, antivirus, serta antiparasit sehingga dipercaya dapat membantu membasmi cacing dalam tubuh.

Cara mengobati cacingan dengan minyak kelapa cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi 1 sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi atau mengoleskannya di area anus yang gatal.

Wortel

Wortel sudah lama dikenal sebagai makanan yang kaya akan serat. elain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, mengonsumsi wortel 2 kali sehari dipercaya mampu mendorong cacing parasit keluar dari usus.

Beberapa bahan alami di atas memang dianggap mampu mengobati penyakit cacingan. Namun, keefektifannya belum didukung oleh bukti yang kuat, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Cara Mengobati Cacingan pada Orang Dewasa dengan Obat

Selain menggunakan bahan alami, cara mengobati cacingan pada orang dewasa bisa dilakukan dengan obat, di antaranya adalah:

1. Pyrantel pamoate

Pyrantel pamoat seringkali digunakan untuk mengobati infeksi cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Obat ini dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan dan dosis pemakaian yang tertera pada kemasan produk.

2. Mebendazole

Mebendazole biasa digunakan untuk mengobati infeksi cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Meski mebendazole sangat efektif dalam membunuh cacing dewasa, obat ini tidak mampu membasmi telur cacing.

3. Albendazole

Albendazole mampu menghambat cacing dalam menyerap glukosa, sehingga cacing kehilangan energi dan akhirnya mati. Obat ini sering kali diresepkan untuk mengobati infeksi cacing pita, misalnya sistiserkosis.

4. Praziquantel

Praziquantel juga termasuk obat cacing pita. Obat ini mampu membunuh cacing pita di dalam usus. Cacing yang mati nantinya akan keluar dari tubuh bersama dengan feses.

5. Ivermectin

Ivermectin umumnya sering digunakan untuk mengobati penyakit strongyloidiasis akibat infeksi cacing gelang. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Ivermectin biasanya diminum sebagai dosis tunggal (sekali minum).

Cara mengobati cacingan pada orang dewasa memang cukup banyak. Meski begitu, pencegahan cacingan tetap lebih penting. Mencegah cacingan dapat dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan, termasuk kebersihan lingkungan, kebersihan diri, dan kebersihan makanan yang dimakan.

Jika mengalami gejala cacingan, misalnya perut nyeri, kembung, diare, atau gatal di anus, Anda bisa mencoba cara mengobat cacingan di atas. Namun, bila hasilnya kurang baik, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.